Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah. Begitulah kata sebuah pepatah. Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban setiap muslim. Kondisi berumah tangga tak boleh menjadi halangan untuk menjalankan kewajiban tersebut.

Orang tua atau mertua yang sudah mulai renta biasanya terjadi perubahan sifat kembali seperti anak-anak. Beberapa orang yang tidak memahaminya justru menjadi sumber masalah dalam keluarga.

Termasuk keterlibatan dalam rumah tanggamu yang justru semakin memperkeruh suasana.

www.katainspirasi.com
www.katainspirasi.com

Bagaimanapun juga kesabaran adalah modal utama untuk berbakti kepada orang tua. Namun sebenarnya, ada beberapa kiat agar orang tua bahagia dan tetap produktif di usia senja.

Apabila beliau memiliki kesibukan, maka beliau berpikiran lebih terbuka dan tidak terlalu kolot. Beberapa kiat tersebut sebagai berikut.

1Kenalkan dengan Kegiatan Agama

www.yayasanaburaihan2009.blogspot.com

Tujuan utama hidup manusia adalah mengumpulkan amal kebaikan sebagai bekal perjalanan panjang di akhirat kelak. Di usianya yang semakin senja sudah semestinya orang tua memprioritaskan akhirat dibandingkan duniawi.

Kenalkan dengan kegiatan-kegiatan agama semacam pengajian. Biasanya beliau dengan sendirinya tertarik untuk turut aktif di dalamnya.

Siraman rohani yang didapatkan dari ustadz atau ustadzah biasanya lebih didengar orang tua dibandingkan jika anaknya sendiri yang menyampaikannya.

2Ajaklah Bergabung dengan Organisasi Manula

www.tulung.magetan-desa.info

Banyak sekali kegiatan sosial yang ada di masyarakat seperti posyandu balita, posyandu lansia, dharma wanita, PKK, dan lain-lain. Libatkan orang tua pada kegiatan tersebut.

Beliau akan mendapatkan banyak pengalaman dan jaringan sesama teman-teman aktivis organisasi. Hal ini sangat penting agar orang tua tidak jenuh dengan rutinitasnya yang monoton.

3Sesekali Ajaklah Berlibur Bersama Si Kecil

www.santrigaul.net

Bermain bersama cucu adalah kebahagiaan bagi orang tua maupun mertua. Di saat si kecil liburan sekolah, tak ada salahnya mengajaknya berlibur bersama kakek dan nenek.

Si kecil juga biasanya sangat senang dan enjoy menikmati momen bersama kakek dan nenek yang jarang mereka temui.

Namun, pertimbangkan juga liburan yang aman untuk manula sehingga beliau tidak terlalu terbebani aktivitas fisik.

4Berikan Hewan Peliharaan

www.rakosa-fm.co.id

Ada pendapat yang mengatakan bahwa memelihara hewan peliharaan dapat mengurangi stres. Jika orang tuamu pecinta hewan, tak ada salahnya membelikan mereka hewan peliharaan seperti kucing, ikan, ayam, dan kambing.

Tak masalah memberikan mereka hewan peliharaan yang dapat mendatangkan pemasukan kepada orang tua. Namun jangan menekan manajemen ternak dan keuangan yang baik dari beliau.

Ingat tujuan utama pemberian hewan ternak adalah agar beliau memiliki pelampiasan mengisi waktu luang.

5Berikan Ladang Bisnis

www.fulldayschoolmimazaha.blogspot.com

Beberapa orang tua tidak suka membebani anak-anaknya terutama masalah materi. Di sisi lain pensiunan orang tua terkadang sangat mengkhawatirkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki pensiunan. Salah satu solusinya adalah memberikan kepada beliau lahan bisnis. Sesuaikan bisnis yang akan kamu berikan dengan hobi dan keahlian orang tua.

Sebagai contoh jika ibu memiliki hobi memasak, kamu bisa membuatkan warung makan kecil-kecilan. Jika ibu hobi menjahit kamu dapat membelikan mesin jahit dan berbagi desain pakaian terbaru namun tetap sederhana dalam pembuatannya.

Jika masih bingung usaha apa yang akan diberikan, bisnis yang paling mudah adalah toko kelontong kecil-kecilan di depan rumah.

Pada akhirnya jika orang tuamu memiliki tabungan, beliau akan senang membelikan cucu-cucunya barang-barang. Seburuk apapun pemberian tersebut, tetap terimalah dengan senang hati.

Jangan pernah lelah bersabar untuk berbakti kepada bapak dan ibu. Di saat kamu masih bayi dan tidak bisa melakukan apa-apa, merekalah yang merawat dan mendidikmu.

SHARE