solusisehatku.com

Orang Tua, Pentingkah Imunisasi Bagi Anak Kita?

Posted on

Imunisasi atau kekebalan, merupakan sebuah pertahanan seorang manusia untuk menghadapi serangan dari penyakit, baik imunisasi dari luar ataupun dari dalam.

Perkembangan jaman yang semakin moderen bukan berarti memberikan imunisasi yang kuat, justru perkembangan ini menghadirkan banyak penyakit baru.

Faktanya sudah jelas sekali seperti flu burung, flu yang seperti dibuat atau dikarenakan oleh ulah manusia sendiri, belum lagi penyakit aneh-aneh yang timbul di kalangan masyarakat.

Imunisasi yang biasanya hanya untuk penyakit seperti cacar, polio dan sebagainya tapi sekarang harus berkembang juga dalam mengatasinya.

Pemerintah sendiri sudah menganjurkan setiap orang tua yang mempunyai anak kecil dianjurkan untuk imunisasi dan orang tua yang tidak tahu pokoknya ikut saja apa kata pemerintah.

Akhirnya banyak yang ikut di imunisasi, tak sedikit dari mereka anaknya malah jadi korban imunisasi.

Untuk itu para orang tua harus tahu apa sebenarnya imunisasi, apa pentingnya imunisasi dan imunisasi apa yang jauh lebih penting dari imunisasi pemerintah. Karena ini sangat penting bagi perkembangan anak ke depannya. Yuuk mari kita bahas bersama.

Perkembangan Jaman Membutuhkan Imun yang Kuat

panduanhidupsehat.com
panduanhidupsehat.com

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi dengan fakta yang sudah jelas, perkembangan jaman sekarang ini membutuhkan kekebalan atau imunisasi yang kuat dan lengkap.

Karena jaman sekarang tidak hanya penyakit semakin banyak tapi juga pergeseran cuaca yang mengakibatkan cuaca ekstrim, seperti panas yang tinggi, angin besar dll.

Pemerintah sendiri terus mewanti-wanti agar anak yang balita untuk diikutkan imunisasi, selain menjaga kesehatan juga memberikan ketahanan anak terhadap penyakit. Dan ini sudah berjalan sejak 1956 sampai sekarang.

Tapi bukan berarti imunisasi ini jaminan bisa bertahan dari segala penyakit, terbukti juga anak yang rajin imunisasi masih terkena polio dan tidak bisa disembuhkan dan ada juga yang justru menjadi korban imunisasi.

Hal tentu membuat sebuah analogi yang besar, bahwa imunisasi bukan jaminan untuk sehat, tapi ini hanya usaha untuk menuju sehat.

Mereka yang Bertahan Tanpa Imunisasi Pemerintah

vemale.com
vemale.com

Secara mengejutkan ternyata ada juga mereka yang bertahan, tidak sakit dan tetep sehat walau tanpa imunisasi.

Mereka yang membuat keputusan ini rata-rata orang yang sangat percaya diri bahwa apa yang terjadi dan yang akan terjadi sudah menjadi keputusan ALLAH.

Atau mereka juga tidak terlalu percaya dengan imunisasi pemerintah, karena bagi mereka imunisasi atau kekebalan bisa dilakukan melalui makanan yang sehat yang seperti dicontohkan oleh orang-orang jaman dahulu atas bimbingan Rasulullah.

Rasulullah mengajarkan untuk berpuasa agar senantiasa sehat, logikanya jika ibu hamil itu sehat tentu anak yang dilahirkan juga sehat dan mempunya kekebalan yang jauh lebih hebat.

Imunisasi Tidak Hanya Sekedar Pencegahan Sakit

solusisehatku.com
solusisehatku.com

Yang menjadi permasalahan utama di masyarakat yang mereka ramai dan antusias dengan imunisasi pemerintah justru melupakan imunisasi yang sesungguhnya.

Imunisasi yang sesungguhnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu imunisasi secara jasmani dan imunisasi rohani atau akhlak. Imunisasi kedua ini sangat penting bagi seorang anak, apalagi anak pada usia belia.

Imunisasi jasmani bertujuan memberi kekebalan dalam tubuh anak agar tidak mudah sakit dan ini sudah banyak dilakukan melalui program pemerintah, walau sebenarnya imunisasi ini tidak melulu dari pemerintah saja, orang tua bisa melakukan sendiri.

Bisa dari makanan yang banyak mengandung gizi tinggi dan perilaku orang tua yang menjaga kebersihan, melakukan perawatan dan senantiasa mengawasi anak dalam perkembangannya.

Mereka yang tidak ikut imunisasi pemerintah biasanya menerapkan hal yang semacam ini, mereka tahu mana makanan terbaik yang bisa memberikan kekebalan bagi tubuh.

Sedangkan imunisasi rohani adalah kekebalan anak terhadap gangguan dari luar, baik dari manusia sendiri ataupun dari berbagai media. Dan dengan perkembangan jaman yang seperti ini, kekebalan akhlak justru menjadi hal yang sangat penting sekali.

Imunisasi Akhlak Adalah yang Terpenting

storibriti.com
storibriti.com

Memang betul sekali, imunisasi atau kekebalan akhlak dijaman sekarang adalah yang terpenting. Sudah tidak bisa dihitung dengan jari dampak anak yang tidak mempunyai kekebalan akhlak.

Banyak anak jaman sekarang sudah bisa merokok, pesta miras juga praktek pornografi. Itu semua tentu tidak lepas bagaimana kekebalan akhlak yang dalam dirinya yang sejak kecil tidak diperhatikan sama sekali oleh orang tuanya.

Salah satu solusi yang diajarkan Islam dalam membentuk kekebalan dari pengaruh-pengaruh buruk adalah dengan menanamkan Adab Islami sejak dini.

Adab atau perilaku yang Islami harus kita tanamkan sejak dini kepada anak kita, sampai sampai seorang ulama besar Al Imam Abu Abdillah Sufyan AtsTsauri rahimahullahu ta’ala, seorang tabi’ tabi’in, beliau berkata:

“Mereka-mereka dulu (para salaf)tidak mengeluarkan anak-anak mereka untuk pergi menuntut ilmu hingga anak-anaknya telah diajar adab terlebih dahulu dan memperbanyak ibadah 20 tahun”

Jadi, para orang tua boleh berupaya untuk memberikan imunisasi-imunisasi yang diprogramkan pemerintah tetapi yang penting juga memberikan imunisasi dari buruknya akhlak anak.

Seperti senantiasa sejak dini ditanamkan makanan halal dan haram, pembiasaan bersopan santun, penanaman berpendirian kuat, penanaman sikap kejujuran, sikap berlomba dalam kebaikan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat ya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *