Anak adalah amanah yang luar biasa besar bagi orang tua. Karena anak adalah amanah, maka setiap orang tua wajib mendidiknya dengan baik. Namun, di setiap pendidikan pasti ada ilmu yang perlu kita kuasai terlebih dahulu. Sekalipun tidak ada sekolah bagi para orang tua, walaupun begitu, kita tetap harus mencari tau cara mendidik anak yang terbaik.

Nah, salah satu cara belajar mendidik anak, adalah dengan membaca nasehat bagaimana cara mendidik anak dari para ulama. Salah satu ulama yang bisa kita terapkan nasehatnya adalah Imam Ghazali.

Imam Ghazali adalah ulama besar yang hingga kini termahsyur namanya di seluruh penjuru negeri. Imam Ghazali menguasai banyak disiplin ilmu dan memiliki banyak karya tulis di berbagai bidang. Dan ia pun pernah memberi pesan tentang bagaimana caranya mendidik anak.

Back

1. Berilah Anak Contoh yang Baik

Tiap anak akan tumbuh sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh kedua orang tuanya sejak kecil. Oleh karena itu, orang tua patut memberikan contoh yang baik. Jadikan semua rutinitas harian sebagai pembiasaan yang akan mereka terapkan hingga dewasa nanti.

Jika orang tua ingin anaknya gemar membaca, maka orang tuanya pun harus gemar membaca. Jika orang tua ingin anaknya menghafal Alquran, maka orang tua pun harus menunjukkan perilaku yang mengarahkan anak ke arah tersebut.

buddhistscript.blogspot.com
Back