Hey kamu! Iya kamu, kamu yang memiliki tubuh dengan banyak sekali keajaiban. Wah, betapa besarnya ciptaan Tuhan karena telah menciptakan tubuh manusia dengan tiada tandingan.

Kalau kamu teliti, tubuh manusia dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki.

Kepala memainkan peran utama dalam melindungi organ penting. Banyak jaringan, sel, dan jaringan ikat yang membantu dalam mengatur berbagai sistem biologis dapat ditemukan di kepala dan badan.

Kaki dan tangan juga demikian, memiliki fungsi yang sangat banyak. Tetapi kita tidak akan membahas tuntas keseluruhan dari fungsi organ tubuh manusia kok, hanya beberapa saja ya.

Yuk simak ulasan berikut.

1Otak

waktuku.com

Otak adalah organ paling penting dalam tubuh manusia dan otak jugalah yang bertanggung jawab atas tindakan utama yang dilakukan manusia.

Otak dilindungi oleh tengkorak dan tertutup pada tempurung kepala yang menjaganya sehingga tetap aman. Otak membantu tubuh mengaktifkan otot dan mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk menanggapi rangsangan eksternal.

Otak manusia melakukan fungsi eksekutif juga lho, seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran, dan berpikir abstrak, yang membuat manusia adalah spesies paling cerdas di bumi.

2Kelenjar Ludah

slideplayer.info

Kelenjar ludah juga biasa dikenal kelenjar eksokrin dan bisa ditemukan didaerah sekitar mulut dan tenggorokan. Fungsi utama dari kelenjar ini adalah untuk mengeluarkan air liur ke dalam mulut untuk membasahi makanan.

Kelenjar ludah juga memulai pencernaan dan membantu dalam melindungi gigi dari pembusukan.

Kelenjar ludah dapat dibagi lagi menjadi kelenjar parotis (terletak di sekitar ramus mandibula), kelenjar submandibula (terletak di bawah rahang bawah) dan kelenjar sublingual (terletak di bawah lidah).

3Kerongkongan

ppsdikbio2013.blogspot.com

Kerongkongan adalah bagian dari sistem pencernaan dan umumnya dikenal sebagai tenggorokan. Fungsi utama dari esofagus adalah untuk membantu dalam mengangkut makanan ke perut.

Organ ini terdiri dari sebuah tabung otot yang dilalui makanan melewati dari faring dan mencapai perut melalui proses peristaltik. Rata-rata panjang esofagus adalah sekitar 25-30 cm.

4Jantung

obatsakitjantungtradisional1.wordpress.com

Jantung berfungsi sebagai alat yang membuat kebanyakan orang merasakan deg-degan. Hahaha.

Fungsi utama jantung adalah untuk memberikan darah beroksigen ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah. Jantung terletak di sisi kiri dada dan dilindungi oleh tulang rusuk.

Perikardium adalah kantung berdinding ganda yang membungkus jantung, tidak hanya melindungi jantung tapi jangkar struktur sekitarnya dan mencegah jantung dari pengisian berlebihan dengan darah.

5Perut

www.almalesnet.net

Yang gendut ngga usah langsung cemberut ya. Hihih.

Perut adalah pemain kunci dalam sistem pencernaan. Perut juga termasuk organ yang berbentuk buah pir dan terletak di rongga perut antara kerongkongan dan usus. Tergantung pada posisi tubuh dan jumlah makanan di dalam, perut dapat mengubah ukuran dan bentuk.

Makanya diet guys. Wkwkwk.

Perut ternyata adalah organ yang besar dan multi-bilik lho, yang menjadi rumah bakteri khusus yang menghasilkan enzim yang diperlukan untuk pencernaan.

Perut mampu mengeluarkan asam lambung, asam klorida, dan menjaga tingkat pH, yang membantu dalam pencernaan kelancaran makanan yang dimakan.

6Limpa

indonesian.alibaba.com

Tahukah kamu apa itu limpa?

Limpa adalah organ tubuh yang terletak di sebelah kiri perut. Salah satu fungsi utama dari limpa adalah untuk menyaring darah.

Trombosit, bersama dengan sel darah putih, disimpan dalam limpa. Daur ulang sel darah merah tua juga terjadi di limpa. Limpa juga membantu dalam memerangi bakteri tertentu yang dapat menyebabkan pneumonia dan meningitis.

Nah, bagaimana guys? Sudah tahukan beberapa organ tubuh manusia beserta fungsinya? Kalau mau tahu organ tubuh lainnya beserta fungsinya, nantikan artikel berikutnya ya guys.