7-themes.com

10 Karya Seni Origami Modern yang Rumit dan Menakjubkan

Posted on

Origami atau seni melipat kertas awalnya hanyalah seni sederhana untuk hiburan kecil sehari-hari. Seni origami ini telah dilakukan bahkan sejak zaman kekaisaran Edo tahun 1603 di Jepang. Sebuah seni yang cukup punya sejarah panjang.

Nah, tahukah kamu? Setiap tanggal 11 November di Jepang diperingati Origami Day atau Hari Origami Nasional. Namun, ternyata sumber lain juga menyebutkan bahwa origami tidak sepenuhnya berasal dari Jepang.

Pada salah satu manuskrip puisi yang di temukan di Jepang tahun 1680, origami pernah disebutkan. Seratus tahun kemudian, seorang guru asal Jerman mengajarkan matematika dengan lipatan kertas sederhana.

Pengajaran matematika dengan lipatan kertas ini kemudian di terapkan di Jepang pada tahun 1860. Inilah awal dari seni yang saat ini kita kenal sebagai origami modern. Nah, berikut beberapa kompilasi indah seni origami modern.

Pegasus

flickr.com
flickr.com

Ini adalah origami cantik menyerupai pegasus. Sebuah binatang mitos dari peradaban dewa-dewa Yunani. Detil yang kompleks pada bagian sekitar leher dipadu dengan kesederhanaan lipatan kertas pada bagian kaki, cantik.

Gambar origami pegasus unicorn tersebut di unggah oleh Roman Diaz pada akun flickr miliknya.

Rubah

boredpanda.com
boredpanda.com

Origami pada umumnya berbentuk geometris, namun tahukah kamu bahwa teknik lain dalam pembuatan origami? Kebanyakan origami modern menggunakan teknik ini, teknik peng dinamakan wet folding.

Ini teknik yang sangat sulit dan butuh keterampilan, ketelitian, serta keativitas tingkat tinggi. seperti origami rubah buatan Hoàng Tiến Quyết, pembuat origami profesional asal Vietnam.

Biola

flickr.com
flickr.com

Kamu penggemar musik indah dari biola atau violin? Kamu pasti akan menyukai ini. Miniatur biola dengan kertas. Origami yang indah dan sangat detil ini di unggah oleh Gen Hagiwara pada akun flickr miliknya.

Mammoth

flickr.com
flickr.com

Kalau kamu penggemar film animasi Ice Age, kamu pasti akan membeli origami berbentuk mammoth ini sebagai pelengkap koleksi aksesori Ice Age kamu. Origami ini dibuat oleh Artur Biernacki.

Bunga dalam Pot

demilked.com
demilked.com

Nah, bagi kamu pecinta tanaman hias dan berbagai bebungaan di teras rumahmu. Bunga yang satu  ini bisa jadi pilihan yang menarik. Origami yang berbentuk bunga hias dalam pot ini dibuat oleh Adam Tran, satu lagi pembuat origami asal Vietnam.

Dinosaurus dan Naga

demilked.com
demilked.com

Selain mebuat origami yang lembut bertema bunga hias, ternyata Adam Tran juga punya sisi ganas. Ia juga membuat origami dengan detil yang sangat tinggi berupa tulang belulang dinosaurus seperti yang sering dipamerkan dalam meseum.

demilked.com
demilked.com

Ia juga seorang penjinak naga. Ia membuat origami berbentuk naga. Dan yang lebih gila lagi, Adam ternyata seorang guru kimia.

Shaun the Sheep

flickr.com
flickr.com

Kalau kamu punya anak yang menggemari film animasi Shaun the Sheep, kamu bisa hadiahkan origami berbentuk domba seperti ini. Beth Johnson mengunggah konsep origami yang sangat lucu di akun flickr miliknya.

The Desolation of Smaug

flickr.com
flickr.com

The Hobbit adalah film yang cukup populer, terutama karena ia merupakan kisah sebelum menjadi cerita Lord of The Ring. Kalau kamu menonton film The Hobbit, kamu pasti kenal dengan Smaug.

Nah, origami buatan Hideyuki Kamon ini hampir-hampir saja persis dengan Smaug. Jadi jangan kira kalau tidak ada pembuat origami yang handal asal Jepang, Kamon ini pembuat origami asli Jepang.

Cinta dan Mawar

youtube.com
youtube.com

Kalau kamu bingung untuk menyatakan cinta pada ulang tahun pernikahanmu yang ke sekian kalinya, kamu bisa coba cara romantis ini. Jo Nakashima akan mengajarimu bagaimana membuat mawar merah yang sangat romantis.

Kamu bisa menonton video tutorial pembuatannya di youtube. Tentu saja Jo Nakashima ini orang Jepang kalau kamu ingin tahu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *