Siapa sih yang nggak mau punya rumah yang tampilannya oke? Kamu juga pasti mau kan? Rumah bagi sebagian orang memiliki fungsi lebih dari sekedar tempat tinggal.

Ada sebagian dari kita yang menjadikan rumah sebagai tempat mencari inspirasi atau sebagai tempat kumpul keluarga besar.

Banyak hal yang bisa membuat rumah kamu tampak asyik di pandang mata. Tapi sih sebenarnya tujuan utamanya bukan untuk gaya-gayaan juga, tapi lebih kepada sisi keamanan dan kenyamanan.

Namun, selain faktor keamanan, tentunya akan lebih baik jika penampilannya juga enak dipandang mata.

Nah, salah satu bagian rumah yang berfungsi menjaga keamanan sekaligus mempercantik rumah kita adalah pagar rumah. Pemilihan bentuk, bahan maupun jenis pagar rumah tergantung tujuan dari masing-masing pemilik rumah.

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan kondisi lingkungan yang tidak aman, tentu saja mereka lebih memilih model pagar rumah yang tinggi dan tertutup. Tapi untuk mereka yang tinggal di pedesaan yang sejuk, mereka lebih memilih menggunakan pagar hidup.

Jadi ketika hendak memiliki pagar yang sesuai dengan rumah kita, maka kita perlu melihat juga kondisi dan kebutuhan kita akan pagar rumah tersebut, karena ada juga perumahan tipe cluster yang tidak mengizinkan pemilik rumah untuk membuat pagar.

Untuk memberi gambaran dan inspirasi buat kamu, langsung kita lihat saja yuk model-model pagar untuk rumah minimalis kamu. Siapa tau suatu saat nanti bisa kamu aplikasikan.

1Pagar Berbahan Kayu

ideonline.co.id

Untuk menciptakan rumah yang terkesan klasik dan elegan, maka kamu bisa menggunakan pagar rumah berbahan kayu. Pagar rumah berbahan kayu akan memberi kesan kesederhanaan dan keramahan pemiliknya.

model-rumahku.blogspot.com
model-rumahku.blogspot.com

Model pagar rumah yang terbuat dari kayu, bisa saja kita aplikasikan bersamaan dengan pagar berbahan bata dan semen. Tapi jika kita ingin pagar rumahnya berbahan full kayu juga bisa.

Jika kita memilih pagar berbahan kayu untuk rumah kita, maka kita perlu pastikan lapisan pelindung kayunya, karena material kayu rentan dengan panas, hujan serta serangan rayap. Sayang kan kalau pagar rumahnya tidak awet?

2Pagar Tanaman

rynari.wordpress.com

Jika kamu menginginkan rumahmu terlihat asri, selain kamu bisa menanam pohon untuk penghijauan, kamu pun bisa menggunakan pagar tanaman. Asyik kan punya rumah yang buat selalu terlihat segar?

tukangtamankaryaalam.blogspot.com
tukangtamankaryaalam.blogspot.com

Pagar tanaman terbentuk dari tanaman yang ditanam dengan jarak berdekatan mengelilingi rumah kita. Sehingga tanaman-tanaman ini menyerupai pagar. Jenis tanaman yang biasa dijadikan pagar misalnya tanaman teh, beluntas, bunga sepatu, dan lain sebagainya.

rynari.wordpress.com
rynari.wordpress.com

Pagar tanaman pun bisa dikombinasikan dengan pagar permanen seperti pagar yang terbuat dari kayu dan yang terbuat dari material lain sepertiĀ  besi atau bata. Tanaman yang biasa dipakai biasanya tipe tanaman menjuntai atau tanaman yang merambat.

3Pagar Baja Ringan

nazwakaryamultindo.blogspot.com

Satu pilihan jenis pagar yang banyak digunakan untuk rumah minimalis dan merupakan pilihan praktis adalah pagar yang terbuat dari baja ringan. Selain itu, pagar dengan model seperti ini lebih cepat dalam proses pengerjaannya.

usahabengkellas.blogspot.com
usahabengkellas.blogspot.com

Penggunakan baja ringan untuk pagar rumah menjadi lebih menarik karena banyak desain pagar yang bisa kita pilih. Jadi ketika kita memilih bisa kita sesuaikan dengan selera serta budget yang kita punya.

Demikianlah beberapa jenis pagar yang mungkin bisa kamu aplikasikan untuk pagar di rumah kamu. Tapi apapun pilihan kamu, semoga rumah kamu jadi terlihat makin oke. Selamat memilih!