Olahraga panahan kini mulai banyak digandrungi sebagian masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita.

Panahan menjadi begitu booming, salah satu sebabnya karena mulai marak kepedulian orang-orang untuk mencoba menjalankan salah satu olahraga sunnah ini.

Jaman dahulu, panahan digunakan untuk pertempuran maupun perburuan. Panahan menjadi olahraga populer sejak dahulu hingga sekarang.

Bahkan di hampir semua peradaban yang pernah ada di muka bumi ini, sering ditemukan artefak dari olahraga ini,khususnya dari busurnya.

Busur digunakan untuk melontarkan anak panah. Jenis busur begitu banyak sesuai desain, bahan dan cara penggunaannya masing-masing. Hingga saat ini, ada beberapa jenis busur yang banyak digunakan oleh para penggiat olahraga ini.

Berikut ini beberapa jenis busur yang sudah umum digunakan.

1Longbow

dark-heresy-rp.wikia.com

Sebagaimana namanya, longbow memiliki panjang yang bahkan sampai melebihi tinggi pemakainya. Busur ini memiliki ketebalan limb yang relative sempit dan penampangnya berbentuk seperti huruf D. dibandingkan busur jenis lainnya, lengkungannya relative kecil.

Kekuatannya lebih banyak berasal dari panjang limb-nya. Semakin panjang, dipercaya lesatan anak panahnya semakin jauh. Hanya saja, busur jenis ini tidak fleksibel dibanding jenis busur lainnya.

2Flatbow

commons.wikimedia.org

Busur jenis ini hampir-hampir tidak melengkung. Limb-nya rata dan penampangnya relative lebih lebar. Bentuknya lebih terlihat seperti persegi. Namun demikian, flatbow modern sekarang ini justru lebih mirip dengan longbow klasik.

3Shortbow

www.unitedcutlery.com

Busur ini merupakan versi lebih pendek dari longbow maupun flatbow. Hanya saja, busur ini memiliki kelemahan tarikan yang tidak bisa panjang karena busurnya pendek. Efeknya, daya jangkau dari anak panah yang dilesatkan juga lebih pendek.

Shortbow pertama kali berkembang di Amerika dan Afrika yang digunakan oleh suku-suku di pedalaman untuk tujuan berburu.

4Recurve Bow

www.amazon.com

 

Busur inilah yang saat ini digunakan di Olimpiade. Beratnya yang sangat ringan membuat busur ini disukai oleh para atlet panahan profesional untuk digunakan sehari-hari. Prinsip kerja busur ini sama persis dengan longbow tradisional.

Keunggulannya, material yang digunakan berkualitas dan ringan, namun tetap dapat memberikan lengkungan yang optimal sehingga membantu tarikan dan kecepatan yang jauh lebih cepat dibanding jenis busur tradisional.