Pernah membaca novel Spring in London karya Ilana Tan? Itu lho yang menceritakan kisah cinta model Naomi Ishida dan sutradara Danny Jo di kota London.

Si model wanita itu setiap kali sarapan di London nggak bisa terpisahkan dari yang namanya pancake. Ya, London memang terkenal dengan pancakenya dan telah lama menjadi menu sarapan utama di sana.

Bicara mengenai pancake, ternyata makanan yang identik dengan Eropa ini sudah ada semenjak berabad-abad yang lalu.

Dalam kamus Oxford Companion to Food karya Alan Davidson, menyebut makanan ini pada tahun 1430 sudah populer di negara-negara Eropa. Kalau begitu pertama kali dibuatnya pancake pasti lebih lama lagi.

Sampai sekarang belum jelas dari mana asal muasal pancake dibuat pertama kali. Ada yang menyebut dari Romawi dengan nama alita dolcia, yang punya arti makanan manis.

Ada yang menduga dari Yunani kuno, bahkan ada juga yang menganggap pancake berasal dari suku Indian. Ditemukan pertama kali tahun 1607, suku Indian memakan makanan sejenis pancake yang diberi nama nokehick.

Yang pasti makanan ini sudah mengakar di masyarakat Eropa dan tersebar luas di dunia dengan berbagai macam varian.

Di Indonesia banyak yang menganggap makanan serabi sebagai pancake ala Indonesia. Ada juga yang mengira martabak manis yang paling mirip dengan pancake Eropa.

Ada benarnya sih kalau dilihat dari rasa dan bentuknya, tapi aslinya memang nggak ada hubungan langsung dengan pancake. Serabi sendiri adalah makanan tradisional dari Sunda, sedangkan martabak manis berasal dari etnis Tionghoa yang tinggal di Bangka Belitung.

Pancake yang asli tetap ada di Eropa. Salah satu kota yang terkenal akan kelezatan pancakenya adalah kota London di Inggris.

Nah, saat kamu jalan-jalan ke London jangan lupa untuk mampir ke resto-resto yang terkenal akan menu pancakenya. Berikut ini rekomendasi pancake terenak yang ada di London.

1Sunday, Barnsbury

facebook.companca

Walaupun Cafe ini bernama Sunday, bukan berarti pancake hanya ada di hari minggu. Kamu dapat menikmati pancake ini setiap hari apapun tentunya.

Di atas pancake ditambahkan daging dan mentega. Madu dan buah-buahan di sekelilingnya, sudah pasti akan menghasilkan perpaduan rasa manis dan gurih yang sempurna.

Sarapan pancake di Cafe Sunday, Barsbury, Kota London Utara, akan menjaga tubuhmu tetap bugar sepanjang hari.

2Brew, Clapham

facebook.com

Tumpukan pancake tebal yang memanjakan lidah ini ada di restaurant Brew, Clapham. Ini salah satu pancake terfavorit  yang ada di kota London.

Kamu bisa mengunjungi tempat tersebut maksimal sampai jam 5 sore saja, karena resto ini tidak buka di malam hari.

Lihatlah hidangan di gambar, menumpuk pancake dengan blueberry dan pisang karamel. Disiram dengan creme fraiche dan sirup maple, mereka menyajikan sarapan yang sempurna untuk setiap gigitan yang manis.

3The Breakfast Club, Soho

facebook.com

Namanya saja The Breakfast Club, tentu semua menu yang disediakan adalah menu sarapan spesial. Nah, salah satu menu sarapan spesial ini adalah pancake.

Walau resto di Soho ini bernamakan breakfast, tapi resto tersebut dibuka juga sampai jam 5 sore. Kamu akan menemukan kesan mendalam pada sepiring pancake disepanjang hari.

Jangan terkejut kalau pada hari-hari khusus akan ada tambahan bahan spesial. Seperti pada hari paskah mereka menambahkan krim telur paskah dalam tumpukan pancake. Begitu juga dengan hari-hari khusus lainnya.

4The Riding House Café, Fitzrovia

facyang book.com

Pancake klasik di The Riding House Café dijamin akan menghantam lidah orang-orang yang sarapan dengan menu tersebut. Dengan buttermilk lembut bertabur di atasnya, krim lezat, buah, dan gula.

Mereka akan membuat kamu memesan lebih bahkan saat kamu sudah kenyang sekalipun.

5Ivy’s Mess Hall, Dalston

facebook.com

Ini adalah resep rahasia London Timur yang terjaga baik. Menyajikan tumpukan lezat pancake dengan taburan buttermilk dan blueberry. Menu ini tersedia setiap tahun.

6The Diner, Camden

facebook.com

Kali ini Pancake yang dikhususkan untuk hidangan makan malam yang nikmat ada di The Diner, Camden. Salah satu lokasi makan malam terbaik yang ada tengah kota di London.

Kamu akan mendapati pilihan pancake reguler antara buttermilk klasik, blueberry, pisang, red velvet, dan varietas ubi jalar. Plus sedikit perubahan di hari-hari spesial.