Nafsu , akal dan hati merupakan satu kesatuan lengkap yang dimiliki seorang manusia, manusia juga tidak bisa lepas dari salah satunya, mereka tidak bisa mematikan akal, nafsu maupun hati. Itu sudah menjadi ketetapan menjadi seorang manusia seutuhnya.

Memang kadang sulit membedakan antara nafsu  dengan akal dan hati, semua itu serasa berputar dalam suatu pikiran. Apa yang dilakukan kadang hanya melalui nafsu, kadang juga akal dan tak sering hati juga berperan.

Yang pasti ketika memandang atau melakukan sesuatu akan berbeda manfaat dan akibat ketika hanya salah satu yang digunakan, karena memang ketiganya berbeda cara pandangnya.

Nafsu memang selalu memburu, akal akan selalu mengajak berpikir dan hati terkesan lebih bijak dan tenang.

Jika manusia hidup lebih banyak menggunakan akal dan hati tentu akan lebih tertata, lebih terawat dan selamat di akhirnya, berbeda dengan hidup manusia yang penuh dengan nafsu, hidupnya akan selalu tertekan untuk memenuhi nafsu tersebut.

Inilah beberapa beberapa perbedaan pandangan antara nafsu, akal dan hati yang perlu kita tahu

1Memandang Orang Cantik atau Tampan

jabar.tribunnews.com

Nafsu akan mengatakan orang cantik terletak di wajahnya, akal akan mengatakan orang cantik  terletak di otaknya, sedangkan hati akan mengatakan cantik terletak di akhlaknya.

2Memandang Orang Hebat

digopaul.com

Nafsu akan mengatakan orang hebat adalah orang yang mampu menaklukkan wanita, akal mengatakan orang hebat adalah orang yang mampu memecah rekor, sedangkan hati mengatakan orang hebat adalah orang yang mampu memegang amanah.

3Memandang Orang Kuat

hariansehat.com

Nafsu mengatakan orang kuat adalah orang yang mampu berhubungan badan beberapa kali dalam semalam, akal mengatakan kuat terletak pada ototnya, sedangkan hati memandang kuat terletak saat ia mampu menahan amarah.

4Memandang Orang Kaya

bintang.com

Nafsu mengatakan orang kaya terletak di banyaknya harta yang dipunya, akal mengatakan kaya terletak di banyaknya ilmu yang di punya, sedangkan hati mengatakan kaya terletak di kerendahan dan kelapangan hati seseorang.

5Memandang Orang Lemah

motivasi.klikpositif.com

Nafsu mengatakan orang lemah adalah orang yang tidak mampu berhubungan badan, akal mengatakan orang lemah karena tubuhnya tidak bertenaga, sedangkan hati mengatakan orang lemah adalah orang yang lemah pendiriannya.

6Memandang Orang Miskin

bisnis.liputan6.com

Nafsu memandang orang miskin karena tidak punya harta, akal memandang orang miskin karena tidak punya ilmu, sedangkan hati mengatakan orang miskin adalah orang yang tidak punya kebaikan hati

7Memandang Jabatan dan Harta

koranmuria.com

Nafsu memandang jabatan dan harta adalah segalanya dalam hidup ini, akal mengatakan jabatan dan harta adalah buah kecerdasan seseorang, sedangkan hati mengatakan jabatan dan harta adalah ujian dalam kehidupan.

8Memandang Cinta

mediacinta.com

Nafsu mengatakan cinta adalah hubungan intim, body menarik dan rayuan maut, akal mengatakan cinta adalah sesuatu kebutuhan hidup, sedangkan hati mengatakan cinta adalah anugerah yang terbesar dalam kehidupan.

9Memandang Kehidupan

dewikata.blogspot.com

Nafsu memandang kehidupan hanya untuk memenuhi dan memuaskan, akal memandang kehidupan adalah hidup selayaknya manusia umumnya, sedangkan hati mengatakan kehidupan harus bermanfaat dan berakhir selamat.

Semoga bermanfaat