Pangandaran menjadi salah satu tempat wisata yang paling menarik di Indonesia. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Pasalnya, Pangandaran tidak hanya menyajikan wisata pantai.

Beberapa tempat wisata lainnya juga disajikan di Pangandaran. Namun, siapa sangka, ternyata tempat-tempat itu menyimpan cerita misteri.

Simak yuk, tempat wisata apa saja yang menarik untuk kamu kunjungi di Pangandaran.

1Pantai Pangandaran

anekatempatwisata.com

Kamu pasti tidak asing lagi dengan Pantai Pangandaran. Pantai ini merupakan pantai di Jawa Barat yang sangat terkenal keindahannya.

Uniknya, di Pantai Pangandaran kamu bisa melihat pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam dari satu tempat yang sama.

Pantai Pangandaran menyimpan misteri tentang legenda Ratu Pantai Selatan. Konon, jika berkunjung ke tempat ini dilarang memakai pakaian serba hijau.

Beberapa kisah menyebutkan orang-orang yang berani mengenakan pakaian hijau akan hilang di Pangandaran.

sayangi.com
sayangi.com

Misteri lain yang berkembang yakni mengenai pintu alam gaib yang ada di Pantai Pangandaran. Pintu ini dipercaya merupakan pintu menuju kerajaan Ratu Pantai Selatan.

Sampai sekarang, kisah tersebut masih menjadi misteri di Pantai Pangandaran. Benar atau tidaknya, hanya Tuhan Yang Maha Mengetahui.

2Sendang Goa Rengganis

tiberlone.wordpress.com

Wisata alam yang satu ini bukan sekedar gua biasa. Tatkala kamu masuk ke kawasan Sendang Goa Rengganis, kamu akan merasakan nuansa sakral dan mistis.

Di dalamnya terdapat sebuah sendang tempat pemandian Dewi Rengganis. Menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut, Sendang Goa Rengganis merupakan tempat petilasan Dewi Rengganis.

Tempat pemandian Dewi Rengganis dipercaya mendatangkan berkah bagi siapapun yang mandi di sana.

Selain itu, orang-orang di sekitar Sendang Goa Rengganis percaya bahwa mandi di sendang tersebut bisa membuat awet muda.

Tidak hanya para wisatawan yang memanfaatkan tempat ini, tetapi juga para calon pejabat. Menjelang Pilkada, Sendang Goa Rengganis banyak dikunjungi calon legislatif.

3Gua Lanang

segalasudut.blog.com

Ada yang antik dan aneh dari ornamen di dalam gua ini. Bebatuan di Gua Lanang menyerupai bentuk (maaf) alat kelamin pria. Tapi, sebenarnya bentuk tersebut karena bentukan alamiah tipe Gua Karst.

Gua Lanang memiliki dua pintu, yakni pintu keluar dan pintu masuk. Kamu tidak perlu kembali lagi ke jalur masuk jika ingin keluar dari Gua Lanang.

Kisah yang beredar mengenai Gua Lanang erat kaitannya dengan Dewi Rengganis. Pasalnya, gua ini adalah petilasan Kerajaan Pananjung. Rajanya bernama Prabu Anggalarang.

Prabu Anggalarang merupakan putra mahkota Kerajaan Galuh Pangabuan. Sang Prabu keluar dari istana dan mendirikan Kerajaan Pananjung di sebuah gua. Ia tinggal di sana bersama permaisurinya, Dewi Rengganis.

Itulah sebabnya gua ini disebut Gua Lanang karena melambangkan keberanian dan kegagahan Sang Prabu.

4Gua Panggung

sonofmountmalang.wordpress.com

Perjalanan wisata Pangandaran kali ini bercerita tentang Gua Panggung. Gua Panggung terletak tak jauh dari bibir Pantai Pangandaran.

Dinamakan Gua Panggung karena mirip dengan bentuk panggung. Gua Panggung merupakan gua terbuka yang memiliki stalagtit tajam. Cahaya matahari sangat mudah masuk ke dalam gua karena bentuknya terbuka.

Kamu bisa melihat pemandangan laut selatan langsung dari Gua Panggung. Untuk menuju tempat tertinggi di dalam gua, kamu akan menaiki sebuah tangga.

Tangga itu terbuat dari batu karang yang terdapat pegangan untuk tangan tatkala naik turun tangga.

Tak jauh dari situ, ada makam yang dijadikan simbol makam Mbah Jaga Laut. Konon, Mbah Jaga Laut adalah anak angkat Ratu Pantai Selatan. Ia ditugaskan menjaga seluruh pantai di Indonesia.

tiberlone.wordpress.com

Dari Gua Panggung, kamu akan mendengar merdunya deburan ombak. Tidak ketinggalan juga pemandangan batuan karang yang bisa kamu saksikan di Gua Panggung.