Pantai Kuta bisa dikatakan sebagai tujuan utama wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri saat mengunjungi Pulau Dewata. Bahkan ada istilah yang mengatakan jangan mengaku ke Bali, jika belum ke Pantai Kuta.

Pantai matahari terbenam sebagai lawan dari Pantai Sanur sebagai ‘pantai matahari terbit’ ini memang menawarkan berbagai pesona wisata. Bahkan pemerintah daerah setempat menaruh perhatian khusus.

Dahulu kala Pantai Kuta adalah sebuah perkampungan nelayan yang sepi dan damai. Kemudian Pantai Kuta dijadikan pelabuhan dagang. Dari mulut ke mulut para pedagang inilah akhirnya Pantai Kuta menjadi terkenal bahkan seluruh dunia.

www.pedomanwisata.com
www.pedomanwisata.com

Pantai berpasir putih yang memiliki panjang 2 Km ini berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Berikut terdapat 5 faktor yang semakin mengeluarkan pesona Pantai Kuta.

1Akomodasi yang Mudah

www.airport.co.id

Pantai Kuta terletak di bagian selatan pesisir Bali. Secara administratif pantai ini berada di Kabupaten Badung. Jarak dari Bandara Internasional Ngurah Rai sekitar 12 Km. Jika kamu menggunakan taksi, hanya memakan waktu 15 menit.

Tiket masuk Pantai Kuta adalah gratis. Namun jika kamu menggunakan mobil pribadi, kamu perlu membayar biaya parkir Rp 5.000. Biaya yang murah bukan untuk membayar keindahan pantai yang terkenal di dunia.

Namun jika kamu berwisata bersama rombongan bis, maka bis harus diparkir di central parkir yang letaknya cukup jauh dari pantai. Jangan khawatir, karena pemerintah telah menyediakan angkutan khusus ke pantai.

Hal ini disebabkan lahan parkir di Pantai Kuta merupakan pinggir jalan. Jika bis masuk ke Pantai akan rawan macet dan kecelakaan. Terlebih jika musim liburan dan tahun baru, pemerintah adat bahkan menutup akses kendaraan roda dua.

2Sangat Tepat untuk Melihat Matahari Terbenam

www.ineke-febe.blogspot.com

Seperti julukannya, maka keindahan matahari terbenam di Pantai Kuta telah diakui banyak kalangan. Apabila cuaca cerah, matahari akan terbenam sekitar pukul 18.00.

Bersantai bersama keluarga sambil menikmati jagung bakar dan es kelapa muda seraya menunggu matahari terbenam ungguh menjadi momentum yang tak terlupakan. Jangan lupa mengabadikan momentum ini dengan berfoto ya.

Jika beruntung kamu bisa turut serta melepas tukik atau bayi penyu ke laut lepas pada pukul 16.45. Namun momentum ini tidak bisa dipastikan mengingat bergantung pada saat telur penyu menetas.

3Representatif untuk Berselancar

www.etabloidgalangkangin2.blogspot.com

Ombak di Pantai Kuta panjang dan besar. Tipe ombak ini sangat disukai oleh pecinta olahraga air selancar. Kejuaraan-kejuaraan selancar baik kelas nasional maupun internasional sering dilakukan di sini.

Bagi kamu yang masih amatiran dengan olahraga selancar, tak perlu khawatir. Di pantai ini disewakan papan selancar dengan berbagai harga menyesuaikan jenis bahan dan besar papan. Kamu juga dapat didampingi pelatih selancar profesional.

Selain selancar, terdapat juga olahraga air yang cukup ekstrim yaitu bungy jumping. Wah sangat seru ya.

4Fasilitas Pendukung Kenyamanan Wisatawan Terjamin

www.balitourmurah.com

Tak perlu khawatir akan penginapan dan tempat makan. Di Pantai Kuta terdapat banyak tempat makan dengan harga terjangkau sampai kelas restoran mahal. Hostel kelas backpacker sampai hotel berbintang juga banyak tersedia.

Jika kamu menghendaki oleh-oleh barang-barang seni, kamu dapat dengan mudah menjumpai toko dan pedagang barang-barang seni yang diekspor hingga ke Eropa.

5Terdapat Monumen Ground Zero

www.anythingbali.com

Monumen Panca Benua dibangun untuk mengenang korban ledakan bom Bali I pada 12 Oktober 2002. Monumen ini diresmikan 2 tahun setelah kejadian bom Bali I. namun orang-orang lebih mengenalnya sebagai Monumen Ground Zero.

Kamu dapat menemukan monumen ini di pusat hiburan Kuta yang berada di Jalan Legian, tepatnya di lahan Paddy’s Café.

SHARE