enjoyindonesia.com

Pantai Kuta dan Berbagai Cerita di Balik Kepopulerannya

Posted on

Kuta hanyalah sebuah daerah kecil seukuran kelurahan atau maksimal sebesar kecamatan. Hanya sebuah kawasan kecil di Kota Denpasar yang sibuk. Tetapi Kuta menjadi padat sejak Bali menjadi terkenal.

Banyak juga yang mengatakan bahwa Kuta menjadi semacam magnet untuk para turis yang berkunjung ke Indonesia. Bukan hanya para turis internasional, turis dalam negeri pun tidak kalah antusias untuk ke Kuta.

kutabeachbali.blogspot.com
kutabeachbali.blogspot.com

Apa sebenenarnya yang menarik dari Kuta? Pantainya? Tentu saja. Namun, kamu perlu lebih banyak tahu daripada sekedar pantai. Karena Kuta bukan hanya pantai, walaupun seluruh muara dari liburan kamu ke Kuta pastinya akan berakhir di Pantai Kuta.

Tidak ada salahnya menikmati Kuta lebih dalam, lebih jauh. Lebih dari sekedar Pantai Kuta.

Asal dan Usul

iwisataindonesia.com
iwisataindonesia.com

Kamu mungkin belum tahu bahwa Kuta awalnya hanyalah perkampungan nelayan. Perkampungan yang sangat tenang, perkampungan kecil yang sepi. Sama sekali bukan tempat yang pas untuk liburan.

Namun, perkampungan ini akan membuatmu merasa mengantuk hanya dengan duduk memandangi laut dan pantai beserta udaranya yang menentramkan. Sungguh tempat yang sempurna bagi para pendamba ketenangan.

Semuanya berubah ketika Mads Lange berdagang dan membangun basis perdagangan di Kuta. Lebih lagi ketika Hugh Mahbett meluncurkan buku berjudul Praise to Kuta. Awal semangat masyarakat Kuta mengelola fasilitas wisatanya.

Maka pada tahun 1960-an mulailah banyak berdatangan turis dari luar Indonesia menelisik Kuta, kampung yang tenang milik para nelayan.

Peristiwa dan Masalah

www.theaustralian.com.au
www.theaustralian.com.au

Bulan Oktober akan selalu menjadi bulan yang seram dan muram untuk Kuta yang mulai ramah pada turis dan berbagai warga dunia. Tanggal 12 Oktober 2002 kurang lebih 202 orang terbunuh dalam ledakan bom.

Bom Bali I yang mengerikan terulang kembali menjadi Bom Bali II, tanggal 1 Oktober tiga tahun kemudian, tahun 2005. Tercatat 26 orang meninggal. Maka, sejak 2002 turis mancanegara bukan hanya ke Kuta untuk berlibur.

Namun, juga untuk mengingat kawan, saudara, dan orang terkasih mereka yang hilang menuju dunia yang berbeda, pergi untuk selama-lamanya, di Kuta yang muram.

Penjaga Pantai

jogerjelek.com
jogerjelek.com

Bukanlah hal sederhana mengurus sampah dari seluruh dunia di sepanjang pantai Kuta. Telah menjadi rahasia umum bahwa pantai Kuta selain terkenal dengan arena surfing dan sunset yang mengagumkan, sampah juga menjadi masalah yang tak habis hingga sekarang.

Bukan hanya disebabkan oleh 5000 – 6000 pengunjung setiap hari yang membuang sampah tanpa tanggung jawab. Namun, juga sampah kiriman dari laut. Pantai Kuta menjadi ladang sampah seketika.

Jadilah banyak aksi sosial dan relawan datang ke pantai Kuta bukan untuk berlibur. Namun, mereka datang untuk melakukan kerja sosial membersihkan pantai Kuta dari gunungan sampah.

Seringkali banyak juga turis luar negeri yang turut berpartisipasi. Jadi, apa sekarang kamu tertarik ke Pantai Kuta bukan untuk liburan saja? Datanglah ke Pantai Kuta dan turut beraksi sosial membersihkan sampah di sepanjang pantai.

Menuju Pantai Kuta

curtisamongfriends.yolasite.com
curtisamongfriends.yolasite.com

Kamu bisa menghabiskan kopi atau snack ringan kamu sambil memakai jasa taksi menuju Kuta, hanya 15 menit dari Bandara tempat kamu datang. Bandar Udara Ngurah Rai International Airport.

Kamu bisa mengunjungi Bali Bomb Memorial, sebuah monumen yang dibagun untuk mengenang para korban bom Bali I dan II. Monumen ini ada di jalan Legian. Bekas lokasi Paddy Bar.

edratna.wordpress.com
edratna.wordpress.com

Saat hari raya Nyepi, kamu bisa menyaksikan berbagai ritual masyarakat Bali di sepanjang pantai. Dan hal yang paling kamu tunggu-tunggu tentu saja sunset di Pantai Kuta.

Suasana sore yang sempurna untuk mengawali petualangan air tanpa akhir di esok hari. Surfing, berenang, berbagai kapal bermain, dan wahana pantai tersedia untuk menjaga agar kamu tetap dalam mood yang penuh keceriaan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *