Nikmati Keindahan Pantai Papuma, Pantai Eksotik Jawa Timur

www.penabiru.com

Salah satu pantai indah nan eksotik yang ada di Jawa Timur adalah Pantai Papuma. Pantai Papuma atau biasa disebut Tanjung Papuma ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Dinamakan Tanjung Papuma karena letaknya yang menjorok ke laut seperti tanjung. Nuansa pantai yang disuguhkan masih alami, ekosistem pantainya juga masih terjaga.

Pantai ini dikelilingi oleh barisan bukit, pasir pantai berwarna putih, dan hal yang unik dari pantai Papuma salah satunya adalah letak hutan lindung dengan pantai yang sangat dekat.

Maka dari itu, udara di sana terasa sangat sejuk. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk menikmati keindahan pantai ini.

Misalnya berkemah, outbound, bersantai bersama pasir putih, bermain air dengan riak-riak air laut, penelitian, dan lain sebagainya.

Nah akses menuju Papuma sendiri sudah baik karena jalanannya beraspal. Untuk menuju kesana dapat menggunakan motor atau mobil.

Sebelum masuk ke pantai, kamu akan melewati wisata hutan yang ditanami pohon jati. Setelah masuk gerbang area wisata, pemandangan hutan yang alami akan terlihat dengan jelas, ia bernama hutan Malikan.

Berbagai flora dan fauna tropis terdapat di sana, seperti lutung yang banyak bergelantungan dan berbagai macam burung.

Pantai dengan warna hijau kebiru-biruan tersebut membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Ada lagi yang menarik dari pantai Papuma ini, yakni banyaknya batu karang di sana dan masyarakat setempat menyebutnya dengan nama ‘atol-atol’.

Batu-batu karang tersebut berdiri di dekat pantai seperti pulau-pulau karang. Ada 7 karang besar di pantai tersebut, mereka memiliki nama masing-masing.

Ada batu karang dengan nama pulau Narada, pulau Nusa Barong, pulau Batara Guu, Pulau Kresna, pulau Kajang, dan pulau Kodok.

Tak perlu khawatir, pantai Papuma ini tergolong lengkap. Tersedia fasilitas umum di sana, seperti tempat penginapan, warung berderet yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan, wahana permainan keluarga, sarana toilet, dan lain-lain.

Jangan lupa nikmati kuliner khasnya, salah satunya kakap bakar dengan sambal ala pedesaan.

Ingin mengisi liburan yang asik? Kamu bisa memasukkan pantai Papuma ke dalam daftar kunjungan wisatamu. Have a nice holiday!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here