Wisatawan atau traveler, pasti sudah ramah dengan berbagai wisata alam khas Kabupaten Garut. Selain menawarkan suasana alami yang masih segar dipandang mata, Kabupaten Garut juga memiliki pesona alam yang tak kalah indah dibanding luar negeri.

Salah satunya adalah Pantai Santolo. Pantai yang namanya diambil dari salah satu pulau kecil di dekat pantai yang bernama Pulau Santolo ini memang sudah menjadi pusat perhatian para wisatawan dan traveler baik dari lokal maupun mancanegara.

Selain karena airnya yang jernih, juga karena keunikannya yang khas dan tak mungkin bisa dilupakan orang yang pernah berkunjung ke sana. Dan keunikan tersebut lah yang membuat pantai ini kemudian berjuluk Pantai Cilauteureun.

Apa arti dari julukan Pantai Cilauteureun ini?

Ternyata hal ini dikarenakan keunikan arah alir air yang ada di pantai ini. Bukannya menuju kembali ke arah laut seperti kebanyakan air laut yang lain, namun justru air di pantai ini justru menuju ke muara yang disebut Muara Cilauteureun.

Dan akhirnya karena peristiwa tersebut, pantai ini juga dijuluki Pantai Cilauteureun, karena air laut kembali menuju darat (muara) tersebut.

Konon, di dunia ini tempat yang mengalami peristiwa unik tersebut hanya di dua tempat, yaitu di Perancis dan di Pantai Santolo yang ada di Garut ini. Luar biasa ya!

Nah, selain keunikan tersebut, yang membuat wisatawan dan para traveler berbondong-bondong mengunjungi pantai ini adalah suasana alamnya yang luar biasa indah.

Ada pemandangan Pulau Santolo yang berada di seberang Pantai Santolo ini yang bisa dinikmati dengan sepuasnya. Selain ada Pulau Santolo, di sini kamu juga akan menemukan dermaga (pelabuhan) tempat berkumpulnya kapal ikan atau perahu nelayan tradisional.

Nama lain dari pantai yang terletak di Cikelet Garut ini adalah Pantai Santolo Pameungpeuk. Dan untuk kamu yang penasara, alternatif jalan menuju ke sana sangat mudah dan tidak akan membuatmu kebingungan.

So, tunggu apa lagi? Nikmati liburanmu bersama keluarga di Pantai Santolo Pameungpeuk Garut ini!

SHARE