Kalau disebutkan kata ‘Dodol’ maka nama kota yang terbayang di benak kita adalah Garut. Dan kalau kita sebutkan nama Kota Garut, maka yang ada dipikiran kita adalah dodol.

panoramio.com
panoramio.com

Wajar sih kalau cuma dodol yang mengingatkan kita pada Garut. Tapi ternyata ada surga yang tersembunyi di Kota Garut ini dan tentunya tidak seterkenal dodol Garut. Lalu, apakah surga yang dimaksud? Surga yang dimaksud adalah Pantai Santolo.

Kamu pernah dengar Pantai Santolo nggak? Kalau kamu belum pernah tahu pantai ini, sebaiknya kita kenalan dulu deh. Siapa tau aja tempat ini bisa menjadi destinasi wisata kamu berikutnya kalau kamu berkunjung ke Garut.

hoteldigarut.net
hoteldigarut.net

Daripada kamu kelamaan penasaran dengan Pantai Santolo yang disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi ini, oleh karena itu langsung kita bahas yuk!

1Sekilas Tentang Pantai Santolo

aries.id

Pantai Santolo terletak di Garut, tepatnya di sebelah selatan Kota Garut, yaitu di daerah Pamengpeuk, Kecamatan Cikelet. Untuk dapat ke sini kita butuh waktu sekita tiga setengah jam dari Kota Garut.

Kok bisa lama begitu? Iya, soalnya jarak antara kota ke pantai itu sekitar 80 km. Tapi walaupun jauh dan membutuhkan waktu yang lama, namun pemandangan menuju ke tempat ini bisa membuat kamu fresh karena keindahannya lho!

panoramio.com
panoramio.com

Pemandangan seperti apa yang bisa kita nikmati di Pantai Santolo ini? Keindahan Pantai Santolo akan mulai terasa ketika kita mulai menginjakkan kaki kita di pantainya yang berpasir putih.

Selain itu, di sana pun kita bisa melihat para nelayan tradisional yang berlabuh dan berkumpul di sekitar pantai, baik itu untuk menambatkan kapalnya ataupun untuk menjual ikan-ikan yang ditangkapnya.

renjanatuju.wordpress.com
renjanatuju.wordpress.com

Wah, menarik sekali ya, selain kita bisa menikmati panorama alamnya, selain itu kita juga bisa melihat kultur nelayan di sini. Tapi ada satu informasi lagi yang perlu kamu tahu, di sini ada sebuah stasiun tempat peluncuran roket milik LAPAN lho!

2Apa yang bisa kita lakukan di Pantai Santolo?

prides-online.com

Walaupun Pantai Santolo memiliki pasir putih yang begitu indah, namun sangat disayangkan, karena pantai ini memiliki banyak batuan karang di pantainya. Jadinya banyak olahraga air seperti snorkeling, diving, ataupun surfing yang tidak bisa kita lakukan di sini.

Wah, kalau kita tidak bisa melakukan semua hal itu, lalu apa yang bisa kita lakukan di pantai ini? Tenang saja, walaupun hal tersebut di atas tidak bisa kita lakukan, tapi tetap banyak kok kegiatan asyik yang bisa dilakukan di sini.

Hal asyik pertama yang bisa kita lakukan di Pantai Santolo adalah camping, selain itu kita pun bisa mengunjungi pulau di sekitar Pantai Santolo. Orang-orang biasa menyebut pulau ini Pulau Santolo. Kita bisa ke sana dengan menaiki kapal nelayan.

garut.co
garut.co

Kamu pun bisa menikmati suasana pantai yang tenang, menanti matahari terbit dan mengantarkan matahari tenggelam. Selain itu, di sini pun ada sebuah muara yang bisa kamu kunjungi, namanya Muara Cilauteureun

Muara ini dinamakan Cilauteureun karena air laut di muara ini bukan bergerak menuju laut, tapi bergerak menuju kembali ke muara. Menarik sekali kan? Dan satu hal yang perlu kamu tahu, kejadian seperti ini konon katanya hanya terjadi di Garut dan Prancis.

Demikianlah sekilas perkenalan kita dengan Pantai Santolo. Jika kamu makin penasaran setelah membaca tulisan ini, maka kamu bisa menjadikan Pantai Santolo ini sebagai salah satu destinasi wisata kamu berikutnya.