Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang dianugerahi pantai-pantai berpanorama menakjubkan. Saking banyaknya pantai di Indonesia, sampai-sampai ada pantai yang belum terjamah tangan manusia.

Bagi kamu para traveler dan backpacker, barangkali sudah tidak saing lagi dengan Pantai Tanjung Lesung. Namun, masyarakat awam di nusantara belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini.

Pantai Tanjung Lesung terletak di Provinsi Banten, tepatnya di Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten. Warga Jawa Barat, Banten dan sekitarnya sudah sangat familiar dengan Pantai Tanjung Lesung.

Desa beruntung yang memiliki pantai tersebut adalah Desa Tanjung Jaya.

Untuk mencapai Pantai Tanjung Lesung, kamu harus melewati beberapa rute. Jika dari arah Jakarta, sebaiknya lewat tol Tangerang-Merak lalu keluar lewat tol Serang Timur.

Perjalanan dilanjutkan dengan melintasi jalanan Kota Serang ke arah Kota Pandeglang. Kamu juga bisa lewat Anyer yang nantinya akan sama-sama berujung ke Labuan kemudian Pantai Tanjung Lesung.

Lantas, darimana asal muasal nama Tanjung Lesung? Konon, nama Tanjung Lesung diambil berdasarkan bentuk daratan pantai yang menjorok ke laut dan menyerupai lesung padi.

Saat kamu berjalan-jalan ke Pantai Tanjung Lesung akan sangat sayang sekali kalau kamu melewatkan 5 pesona yang dimiliki pantai ini.

1Eksotisnya Pasir Putih

tanjunglesungvilla.com

Pantai Tanjung Lesung memiliki pasir putih yang suasananya mirip dengan pantai-pantai di Bali. Itulah sebabnya, Pantai Tanjung Lesung ini dijadikan alternatif bagi pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan pasir putih.

Pasir putih di Pantai Tanjung Lesung menghampar sepanjang 15 kilometer. Berbagai kegiatan dapat kamu lakukan di sana, seperti bermain voli, berjemur, bersepeda atau sekedar bersantai di pinggir pantai.

Kamu tidak perlu khawatir dengan deburan ombak yang besar karena pantai terletak tidak langsung berdekatan dengan laut lepas sehingga ketenangannya sangat terasa.

2Serunya Olahraga Air

rainforestjourneyadventure.com

Penggemar olahraga air pasti betah tinggal lama-lama di sini. Banyak fasilitas olahraga air yang dapat kamu nikmati, diantaranya dayung kayak, jet ski, banana boat dan lain-lain.

desfreidna.blogspot.com
desfreidna.blogspot.com

Ada permainan paintball juga lho. Strategi dan fisik kamu akan diadu ketika melakukan permainan ini. Tentunya dengan diawasi seorang pengawas.

3Menjelajah Keindahan Tanjung Lesung

bennyrhamdani.com

Alam Pantai Tanjung Lesung terlalu indah jika kamu lewatkan. Sempatkan sejenak untuk menjelajahi area pantai.

Misalnya, kamu bisa melakukan snorkeling di bawah laut Tanjung Lesung yang cantik. Jika enggan menyelam, berpetualang di kawasan wisata Pantai Tanjung Lesung dapat menjadi alternatif kedua.

Area yang bisa kamu jelajahi seperti, Krakatau, Ujung Kulon dan Pulau Liwungan. Cukup dengan menggunakan perahu selama 20 menit, kamu sudah bisa menjelajahi ketiga kawasan tersebut.

4Wisata Budaya Tanjung Lesung

lipsuskontan.co.id

Selain menawarkan wisata pantai, kamu juga dapat mengunjungi wisata budaya di Kampung Cikadu dan Cikanon.

Sambutan alunan lesung akan terdengar ketika kamu memasuki kawasan ini. Kamu juga bisa belajar tentang kegiatan nelayan, seperti memancing dengan cara tradisional dan pengolahan ikan.

tanjunglesungnews.blogspot.com
tanjunglesungnews.blogspot.com

Selain itu, mereka juga akan mengajarkan cara menanam salak dan sayur mayur. Biasanya, mereka akan memberikan cinderamata berupa sayuran sebagai oleh-oleh pendatang.

5Menikmati Malam di Penginapan

bambangcerita.wordpress.com

Jika ada kesempatan, cobalah bermalam di sekitar Pantai Tanjung Lesung. Ada beberapa pilihan penginapan yang dapat kamu pilih untuk menikmati indahnya malam di Pantai Tanjung Lesung.

Kalicca Villa Tanjung Lesung merupakan salah satu fasilitas penginapan sekelas hotel berbintang.

Harga yang ditawarkan sesuai dengan banyaknya kamar di dalam villa. Paling murah Rp550.000 untuk satu kamar tidur.

Bagi backpacker yang membutuhkan penginapan murah namun terjaga kualitasnya, dapat memilih Adam Homestay. Hanya saja ini bukan villa, melainkan sebuah kamar dengan fasilitas lumayan lengkap.

Kelebihannya kalau kamu menginap di sini yakni dapat melihat langsung pemandangan pantai karena berada di depan pantai.

alwaysrestlessfeet.wordpress.com
alwaysrestlessfeet.wordpress.com

Tarif per-kamarnya dibandrol mulai harga Rp150.000 per-malam. Tinggal pilih saja, mau yang mana. Yang jelas keduanya sama-sama memberikan kenyamanan.