Buat kamu yang belum pernah mendengar tentang Sukabumi. Kata Ujung Genteng barangkali aneh dan tidak mengingatkanmu apapun. Namun, sekali kamu ke sini, ke Pantai Ujung Genteng, kamu tidak akan pernah lupa.

Kawasan Ujung Genteng mempunyai banyak daerah wisata, mulai dari pantai hingga air terjun, mulai dari wisata budaya hingga geopark. Tetapi satu hal yang tidak boleh keluarga kamu lewatkan dari Ujung Genteng adalah penyu.

Inilah kawasan pantai di Ujung Genteng yang menjadi tempat kelahiran para penyu, rumah para penyu dan kampung halaman para penyu. Kamu harus ajak keluarga kamu ke sini. Menuju 6 pantai Ujung Genteng.

1Pantai Cibuaya

youtube.com

Lokasi Pantai Cibuaya sangat mudah ditempuh dibandingkan pantai-pantai lainnya di Ujung Genteng. Di sini kamu bisa bermain air laut santai dan tidak berbahaya sama sekali.

Tempat yang aman untuk kamu dan si kecil yang baru saja mengenal alam laut dan pantai. Lebih dari itu, kamu bisa mendapatkan banyak penginapan di dekat Pantai Cibuaya ini.

2Pantai Minajaya

denimulyanasasmita.blogspot.com

Jika kamu menghabiskan pagi saat air laut surut di pantai ini, kamu akan saksikan betapa manusia masih hidup berdamai dengan alam di sini. Banyak ibu-ibu desa yang mencari jukut hejo (rumput hijau).

Sedangkan para bapak-bapak mencari udang lobster. Nah, disinilah kamu bisa membeli ikan dan lobster segar untuk kamu masak di rumah atau jika sudah tidak sabar, kamu bisa menikmatinya di saung-saung makan di sepanjang pantai.

3Pantai Cipanarikan

wisatamu.com

Ke laut lah sungai bermuara. Maka sungguh itulah yang akan kita temu di pantai yang juga dijuluki Pantai Pasir Putih ini. Kamu akan menemukan muara sungai di daerah Pantai Cipanarikan ini.

Lebih dari itu kamu bisa menjelajah hutan lindung kecil dengan pemandangan alam pantai liar dan hamparan pasir putih menawan. Seolah kamu berada di gurun pasir putih yang tidak berujung.

4Pantai Amanda Ratu

permatasinarkurnia.blogspot.com

Saksikan keindahan pantai ini dengan pasir putih dan ‘pulau tebing batu’ yang menyendiri di dekat pantai. Kamu mungkin tidak bisa menuju tebing batu tersebut.

Namun, jika beruntung kamu akan mendapatkan sensasi ombak pecah saat menabrak batu tersebut. Pantai ini memang seolah dikelilingi banyak bebatuan mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Pemandangan yang tidak akan kamu dapatkan di pantai Ujung Genteng lainya.

5Pantai Ombak Tujuh

blog.hulaa.com

Nah, buat kamu yang ingin melihat para wisatawan ahli selancar beraksi, pantai ombak tujuh adalah jawabannya. Barangkali kamu juga bisa sedikit-sedikit belajar berselancar di atas ombak.

Jika belum mahir, jangan lupa menggunakan pelampung. Berselancar adalah olahgara yang berbahaya meski bagi mereka yang telah mahir berenang. Jika tidak waspada kamu bisa digulung ombak seketika. Hilang di lautan luas.

Ah, bercanda, pokoknya ayo ke pantai ombak tujuh! Ke Pantai Ujung Genteng.

6Pantai Pangumbahan

wwf.or.id

Kamu akan terkesima haru jika menutup perjalanan wisata kamu di Pantai Pangumbahan. Inilah lokasi pantai yang sangat dijaga oleh Indonesia dan dunia. Indonesia dengan dinas kelautan, sedangkan dunia dengan World Wide Fund for Nature (WWF).

initempatwisata.com
initempatwisata.com

Kamu akan melihat banyak turis asing di tempat ini, mereka datang jauh ke Indonesia bukan untuk ke Bali. Namun ke Sukabumi, ke Pantai Ujung Genteng. Menyaksikan pelapasan 150 tukik bayi penyu memulai hidup baru di lautan lepas.

Kamu dan akan keluarga akan terharu.

Terakhir, beberapa pantai di atas mungkin akan sangat sulit dijangkau karena akses transportasi yang masih kurang. Namun, apa yang akan kamu dapatkan di Pantai Ujung Genteng akan sepadan. Percayalah!