Lambung merupakan bagian tubuh manusia dimana makanan akan diolah dan diserap disana. Beragam makanan yang masuk membuat lambung rawan terserang penyakit asam lambung.

Asam lambung atau maag adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung didalam perut. Penyakit yang juga dikenal Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini adalah penyakit yang umum terjadi pada setiap orang.

Selain mengkonsumsi obat kamu juga harus memperhatikan berbagai pantangan penderita asam lambung. Simak ulasannya berikut ya.

1Minuman Bersoda

www.peterschafrick.com

Minum minuman bersoda memang terasa nikmat dan segar, apalagi ditengah cuaca yang terik dan menyengat. Namun mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan atau diluar dosis akan membahayakan bagi lambung.

Efek yang ditimbulkan oleh minuman berkarbonasi ini akan membuat perut kembung dan terasa tidak nyaman. Bahkan kandungan gula yang tinggi pada minuman ini dapat memicu obesitas.

2Makanan Pedas

sekilas-info.tk

Lidah orang Indonesia memang jarang sekali yang tidak menyukai makanan-makanan pedas. Hampir setiap daerah memiliki makanan khas dengan rasa pedas yang beraneka ragam.

Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa makanan pedas adalah pantangan bagi penderita asam lambung. Hal ini disebabkan makanan pedas yang kamu konsumsi akan secara langsung merusak dinding lambung.

3Makanan Berminyak dan Berlemak

www.penabiru.com

Lemak dan minyak pada makanan akan mudah membuat iritasi pada lambung. Misalnya gorengan atau sayur yang ditumis. Ini akan membuat asam lambung semakin parah dan terasa tidak nyaman pada tubuh.

4Makanan Keras yang Sulit Dicerna

www.jurnalasia.com

Ini biasanya berlaku bagi kamu yang sudah menderita asam lambung kronis. Berbagai makanan yang memiliki tekstur keras bisa melukai lambung dan membuat asam lambung naik.

Makanan tekstur keras yang tidak boleh dikonsumsi antara lain adalah nasi, talas, dodol, beras ketan, daging merah, jagung, roti putih, pasta, dan mie. Beralihlah kepada makanan yang teksturnya lembut dan mudah dicerna.

Jika nasi tergolong dalam makanan yang keras dan sulit dicerna, kamu bisa mengkonsumsi nasi dengan syarat mengunyahnya sebanyak 33 kali. Ini akan membuat nasi lebih mudah dicerna oleh lambung.

5Makanan Dengan Kadar Alkohol Tinggi

resepdanmasakan.com

Makanan yang memiliki kadar alkohol tinggi tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Selain karena makanan beralkohol memiliki gas yang banyak ia juga bisa mempercepat asam lambung menjadi naik.

Makanan yang mengandung alkohol adalah makanan yang melalui proses fermentasi. Diantaranya ada tape singkong, tape ketan, manisan buah, manisan sayur dan lain-lain.

6Makanan yang Asam

kuherbal.com

Makanan asam mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag.

Cuka, asinan, acar, dan beberapa buah asam adalah beberapa contoh makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Beberapa buah yang juga tidak boleh dikonsumsi adalah nanas, mangga, dan belimbing.

Ini karena buah-buahan tersebut mengandung kadar asam yang tinggi.

7Kopi dan Teh

www.rosediana.net

Penggemar kopi memang memiliki selera yang tinggi untuk menemani kopi. Namun jenis minuman ini bukanlah minuman yang cocok bagi penderita asam lambung. Bahkan bukan hanya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang dapat memicu gangguan pada lambung.

Kurangi minum kopi dan teh, akan lebih baik jika memperbanyak minum air putih karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.

8Rokok

cara.media

Yang satu ini bukan hanya pantangan bagi penderita asam lambung, tetapi bagi semua orang sehat. Karena rokok adalah sumber penyakit bahkan mampu menghilangkan nyawa manusia.

Merokok mampu menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Berhentilah merokok untuk kesehatan tubuhmu mulai sekarang.

Nah itulah beberapa pantangan bagi penderita asam lambung. Selamat mencoba untuk memulai gaya hidup sehat.