Siapa yang tidak pernah kenal dengan penyakit asam urat? Biasanya orangtua lebih sering mengeluhkan sakit ini. Asam urat memang kebanyakan menyerang pada orang yang sudah berusia dewasa.

Asam urat terjadi karena adanya peradangan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Penyakit ini dapat menyerang pada bagian kaki, lutut dan tangan.

Serangan asam urat dapat terjadi berhari-hari bahkan berbulan-bulan lho. Maka dari itu penyakit ini tidak dapat di anggap sepele bahkan remeh.

Kamu harus ekstra perhatian dengan penyakit yang ini, apalagi jika salah satu anggota keluarga mengidap asam urat. Pastikan mereka tidak memakan beberapa pantangan berikut ya guys.

1Kerang

fish-storage.com

Bagi penderita asam urat sudah wajib untuk menghindari makanan laut dikarenakan makanan ini kaya akan purin yang akan terurai menjadi asam urat dalam tubuh. Sebaiknya batasi mengkonsumsi makanan laut.

Boleh saja memakan makanan laut, tetapi jangan berlebihan ya.

2Bir

www.mediamasha.com

Wah! Yang ini sih, bagi orang sehat saja tidak dianjurkan apalagi bagi mereka yang sakit.

Bir sangat ampuh dalam meningkatkan kadar asam urat pada tubuh, jadi berhati-hatilah dan jangan pernah mengkonsumsi bir atau minuman lain yang mengandung alkohol.

3Sayuran

bisnisukm.com

Tenang guys. ngga semua sayuran jadi pantangan kok buat penderita asam urat. Hanya beberapa saja, seperti asaparagus, kembang kol, bayam, dan jamur. Karena sayuran-sayuran jenis ini mengandung banyak purin.

Tetapi tidak ada alasan untuk terlalu menghindari mereka, karena sepertinya tubuh lebih mampu membuang purin dari sumber nabati.

4Jeroan

food.detik.com

Hmm, jeroan kalau disambal kemudian dicampur buah nanas pasti lezat! Ups, tapi bagi penderita asam urat sebaiknya makan nanasnya saja ya. Hihi.

Karena jeroan adalah salah satu makanan yang harus dihindari penderita asam urat kalau ingin kadar asam uratnya stabil dan tidak kambuh.

5Gula

kesehatan-kulit.info

Gula memiliki kadar purin yang rendah, tetapi diet tinggi gula justru akan menyebabkan kondisi lain yang dapat memperburuk gejala gout seperti obesitas dan diabetes.

Nah, ini juga dapat memicu asam urat guys. Jadi berhati-hatilah ya.

6Gandum

www.tokopedia.com

Roti atau beberapa jenis makanan lainnya yang berbahan dasar gandum lebih baik dihindari oleh penderita asam urat. Karena gandum memiliki kadar purin yang tinggi, dan ini tidak baik untuk kondisi kesehatan bagi penderita asam urat.

7Melinjo

www.jurnalasia.com

Buah melinjo atau olahan yang berbahan dasar melinjo juga tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Karena melinjo mengandung kadar purin yang tinggi.

Olahan dari buah melinjo memang bervariasi, salah satunya emping yang juga menjadi makanan favorit mayoritas masyarakat Indonesia.

Kamu suka emping kan? Hehe.

8Dehidrasi

media-kalimantan.blogspot.com

Wah, kalau sebelumnya kita membahas makanan maka kali ini yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah sebuah kondisi. Yap! Kondisi dimana tubuh kekurangan cairan, alias dehidrasi.

Maka jika kamu menderita asam urat atau kerabat terdekatmu yang memiliki penyakit asam urat, ada baiknya untuk selalu memperbanyak konsumsi air putih. Gunanya adalah untuk menetralisir racun didalam tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Sehingga tidak ada penumpukan asam urat pada sendi-sendi tertentu.

Itulah tadi beberapa pantangan bagi penderita asam urat. Hmm, sesekali boleh saja mengkonsumsi pantangan diatas, tetapi tetap harus sesuai dengan porsinya ya. Jangan sampai kekurangan gizi dan tidak pula berlebihan hingga memicu kambuhnya asam urat.

Yuk mulai jaga kesehatan dari sekarang, ubah gaya hidup menjadi lebih sehat ya guys.