Bagi kamu yang sedang hamil atau sudah lama mendambakan kehamilan namun baru dikaruniai sekarang, tentu kamu akan sangat menjaga kesehatan kehamilanmu. Salah satu upayamu dalam menjaga kesehatan juga harus disertai dengan mentaati beberapa pantangan.

Aktifitas seorang ibu hamil sedikit banyak akan memberikan pengaruh bagi kandungannya. Kegiatan ini juga akan sangat berpengaruh pada mental janin lho. Makanya kamu harus berhati-hati jika kamu sedang mengandung.

Jika kamu kurang berhati-hati, akan menyebabkan keguguran pada janin. Tentu ini adalah hal yang sangat tidak diharapkan bagi ibu hamil.

Maka dari itu, kamu perlu tahu apa saja sih pantangan bagi ibu hamil. Agar nanti ketika kamu mengandung atau bahkan saat ini kamu sedang mengandung, kamu bisa menjaga kandunganmu dengan baik dan maksimal.

Nah simak ulasan beberapa pantangan bagi ibu hamil yuk, baik makanan pantangan ataupun kegiatan yang harus dihindari ibu yang sedang mengandung.

1Suara yang Terlalu Keras

pixabay.com

Ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari sumber-sumber suara keras atau bising. Atau bahkan sumber yang bisa mengejutkan kapan saja. Hal ini karena akan menyebabkan stres pada ibu dan ternyata ini juga memberikan pengaruh pada pendengaran bayi.

Wah, kamu harus menghindari hal-hal ini ya. Jangan sampai memberikan akibat yang tidak diharapkan bagi kamu dan janin. Terutama di 3 bulan pertama kehamilan.

2Bersepeda

kumpulan.info

Kalau kamu memiliki hobi bersepeda, sebaiknya saat hamil tinggalkan dulu hobi ini. Bersepeda memang bisa membuat tubuh tetap segar dan sehat, terutama jika dilakukan setiap pagi sebagai aktifitas rutin olahraga kamu.

Tetapi ternyata bersepeda harus dihindari bagi ibu hamil. Ia memiliki resiko yang cukup besar terutama bagi ibu yang baru memasuki 3 bulan kedua masa kehamilan.

Semakin besar perut ibu yang mengandung, maka resiko keguguran juga semakin besar. Tidak perlu khawatir tidak bisa melakukan olahraga ya guys, karena kamu masih bisa beralih kepada olahraga lainnya yang lebih aman bagi ibu hamil.

3Dehidrasi

gigisusu.net

Wah, jika kamu sedang mengandung sebaiknya kamu selalu sedia air disebelahmu. Karena jika kamu mengalami yang namanya dehidrasi, ini akan membahayakan bagi janin.

Dehidrasi yang kamu alami akan mengganggu pertumbuhan si janin. So, sedia air sebelum kamu berpergian ya.

4Alkohol dan Rokok

reps-id.com

Ehem! Yang satu ini sih ngga hanya dilarang bagi ibu hamil ya guys. Tetapi memang jika dikonsumsi oleh ibu hamil, bahaya yang ditimbulkan akan lebih besar dan fatal.

Segala minuman beralkohol akan menjadi racun bagi janin kamu. Begitu juga dengan rokok, bagi yang tidak hamil saja ia sudah menjadi racun apalagi bagi ibu yang sedang hamil. Duh! Ngga deh ya.

5Kafein

www.ibnusyamil.com

Nah! Kalau kamu dulunya adalah penikmat kopi, sebaiknya hindari dulu ketika kamu sedang mengandung. Meskipun beberapa penelitian menyatakan tidak semua jenis kafein berbahaya bagi ibu hamil, tetap saja kamu harus berjaga-jaga.

Mengkonsumsi kafein saat sedang hamil bisa menyebabkan keguguran lho. Berhati-hatilah guys.

6Makanan Setengah Matang

spiritriau.com

Hindari juga masakan yang dimasak setengah matang ya guys, seperti telur setengah matang dan daging asap setengah matang. Makanan tersebut mengandung bakteri salmonella, oleh sebab itu ibu hamil dilarang mengkonsumsinya.

Ibu hamil jika memaksakan memakan makanan tersebut akan terkena infeksi bakteri sehingga membahayakan kondisi janin.

Itulah tadi beberapa aktifitas dan makanan yang harus dihindari jika kamu sedang hamil. Ingat ya guys, ketika kamu mengandung tanggung jawabmu bukan hanya atas dirimu saja tetapi juga atas diri yang ada dalam kandunganmu.

 

SHARE