ibu-hamil.web.id

Apakah Pantangan Ibu Hamil Ini Hanya Sekadar Mitos?

Posted on

Memiliki buah hati merupakan dambaan setiap orang, apalagi bagi kamu yang sudah lama menanti. Anak adalah karunia luar biasa yang diberikan oleh Allah untuk kita. Oleh karena itu, usaha terbaik selalu kita lakukan untuk calon buah hati.

Seorang ibu ketika sedang hamil selalu merasa was-was dan penuh harap. Perasaan takut selalu menyergap. Takut kalau-kalau anaknya tidak normal ataupun memiliki karakter yang buruk nantinya.

Kekhawatiran ibu hamil inilah yang menyebabkan mereka melakukan apa saja yang disarankan oleh orang di sekitarnya. Walaupun saran itu kadang tidak logis dan tidak masuk akal.

Namun, kita tidak bisa kan selalu mempercayai apa yang orang kebanyakan katakan? Kita sebaiknya cari tahu dulu landasan kenapa sesuatu itu boleh atau tidak untuk dilakukan. Bukan sekedar percaya mitos.

Untuk itu kita lihat yuk, pantangan ibu hamil di bawah ini adalah mitos ataukah fakta. Langsung saja ya!

Dilarang Mengonsumsi Durian dan Nanas

manfaatbuahan.com
manfaatbuahan.com

Kalau ibu hamil dilarang memakan durian dan nanas, ini fakta atau mitos ya? Mungkin tidak sepenuhnya benar, tergantung diusia kandungan berapa bulan buah-buahan ini dimakan.

Kenapa demikian? Karena kedua buah-buahan ini bisa merangsang terjadinya kontraksi jika dimakan berlebihan. Hal ini berbahaya jika usia kandungan masih muda, karena bisa jadi terjadi keguguran.

Daging Kambing Membahayakan Janin

ensiklopediaindonesia.com
ensiklopediaindonesia.com

Mengonsumsi daging kambing pada dasarnya boleh-boleh saja, asalkan tidak dalam porsi yang banyak. Jika kebanyakan tentunya tidak baik buat ibu hamil, apalagi untuk mereka-mereka yang punya kecenderungan hipertensi.

Hal ini disebabkan daging kambing memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Tapi sih intinya makan apapun nggak boleh banyak-banyak kan? Bukan hanya untuk ibu hamil tapi juga untuk kita semua.

Dilarang Memotong dan Menjahit Baju

azrafesyen.blogspot.com
azrafesyen.blogspot.com

Kira-kira apa ya hubungan antara kegiatan menjahit dan ibu hamil. Kok ibu hamil dilarang untuk menjahit? Mitosnya orang yang memotong baju dan menjahit saat hamil akan menyebabkan anak yang dilahirkannya mengalami bibir sumbing.

Tapi, tentunya ini hanya sekedar mitos karena bibir sumbing ini biasanya disebabkan faktor genetik, konsumsi obat-obatan secara bebas ataupun pengaruh radiasi.

Minum Air Kelapa Hijau Membuat Bayi Bersih

ragamanfaat.blogspot.com
ragamanfaat.blogspot.com

Apa hubungannya ya air kelapa dengan kebersihan bayi? Memang sih air kelapa merupakan larutan elektrolit dan memiliki kalori yang tinggi. Jadi bisa memberi tenaga lebih bagi ibu yang mau melahirkan. Tapi, bukan berarti membuat kulit bayi jadi bersih.

Hindari Minuman Berkafein Selama Hamil

abiummi.com
abiummi.com

Minuman yang mengandung kafein membuat orang yang meminumnya jadi sering buang air kecil. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya tidak meminum kopi saat hamil, soalnya takut si ibu mengalami dehidrasi.

Di samping itu, tanpa meminum minuman berkafein pun, ibu hamil sudah sering buang air kecil karena tekanan janin pada kantung kemihnya. Apalagi jika ditambah dengan kafein?

Lalu, kafein ini terkandung dalam minuman apa saja? Kafein biasanya terkandung dalam kopi, teh, ataupun coklat dengan kadar yang berbeda-beda. Selain itu, ada obat-obatan tertentu juga yang mengandung kafein.

Tidak Boleh Mengangkat Beban Berat

fantasyfootballdrafting.com
fantasyfootballdrafting.com

Kenapa ibu hamil tidak boleh mengangkat beban yang berat? Ini dikarenakan ibu hamil tidak boleh kelelahan. Jika ibu hamil lelah, maka janin dalam kandungan akan gelisah, perut ibu lebih kencang, dan asupan oksigen buat janin pun berkurang.

Jadi, ibu hamil jangan melakukan aktivitas yang membuatnya kelelahan. Apalagi mengangkat beban yang berat, membawa-bawa perut besar ke mana-mana saja sudah sangat melelahkan, bukan?

Minum Air Es Membuat Janin Jadi Besar

mazmuiz.blogspot.com
mazmuiz.blogspot.com

Bayi ukurannya besar biasanya karena asupan makanan si ibu semasa hamil juga banyak. Jadi, kalau minum air es saja tentunya tidak akan berpengaruh, kecuali kalau esnya dicampur sirup atau gula yang memiliki kalori yang tinggi. Gimana? Cukup jelas kan?

Ikan Lele

ideklik.com
ideklik.com

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang banyak dijumpai di pasar maupun di kolam. Tidak sulit mendapatkan berbagai olahan makanan dengan bahan dasar lele ini. Misalnya saja olahan masakan pecel lele. Tidak sulit menemukan makanan dengan jenis ini.

Sayangnya, banyak orangtua yang melarang anaknya yang sedang hamil untuk memakan makanan ini. Alasannya adalah takut jika nanti anak yang akan dilahirkannya seperti lele yang hiperaktif dan susah untuk ditenangkan.

Namun tahukah kamu bahwa hal tersebut hanya mitos semata. Menurut medis ikan lele sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Justru lele rendah kolesterol sehingga jika dikonsumsi sering sekalipun tidak akan membuat kolesterol jahat menjadi naik.

Sebaliknya, dengan memakan ikan lele bisa membuat kolesterol baik meningkat. Kolesterol baik ini sangat bagus untuk sistem saraf di dalam tubuh tidak hanya untuk ibu hamil namun juga bagi janin.

Lele juga mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi ibu hamil dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Lemak baik ini akan diubah menjadi energi yang bisa membuat tubuh ibu hamil berenergi dan jauh dari rasa lesu.

Lele kaya akan protein dan mineral sehingga janin dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Fosfor tinggi sehingga membantu pembentukan tulang pada janin yang dikandung ibu hamil.

Belut

mulaiusaharumahan.blogspot.com
mulaiusaharumahan.blogspot.com

Sama halnya dengan ikan lele, belut juga tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Mitos yang beredar di masyarakat, ibu hamil yang banyak mengkonsumsi belut membuat anak yang dilahirkannya akan licin seperti belut.

Artinya, anak itu tidak akan mudah ditangkap dan bergerak terus menerus. Hal itu hanya mitos saja karena kandungan belut sama seperti dengan ikan lele yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Sayur Krecek

kitabmasakan.com
kitabmasakan.com

Makanan ini dilarang bagi ibu hamil dikarenakan membuat anaknya nanti seperti krecek. Menyusut saat dikeringkan namun membesar ketika terkena panas.

Artinya adalah bayi yang keluarnya besar akan mengecil dalam waktu kurang dari tiga bulan akibat memakan makanan ini. Mitos tersebut tidaklah benar, ibu hamil boleh memakan makanan tersebut asal tidak berlebihan.

Kepiting

tipsmenarik.com
tipsmenarik.com

Banyak orang jawa yang tidak boleh memakan makanan ini, sebab perasaan khawatir kalau anak sudah lahir, akan menjadi anak yang suka menggigit.

Hal itu tidak benar, sebab kepiting dalam kenyataannya bagus untuk ibu hamil karena mengandung protein tinggi. Asal tidak berlebihan, mengkonsumsi kepiting secara berlebihan bisa menyebabkan terkena kolesterol.

Masih banyak lagi mitos yang beredar di masyarakat tentang pantangan makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya percaya pada medis bukan pada mitos.

Kacang Hijau

berrykitchen.com
berrykitchen.com

Mitos beredar di masyarakat bahwa minum rebusan air kacang hijau dan memakan kacang hijaunya bisa membuat bayi memiliki rambut yang lebat.

Hal itu hanyalah mitos belaka. Lebat atau tidaknya rambut bayi tergantung dengan gen yang dimiliki oleh orang tua.

Jika orangtua memiliki rambut yang lebat maka anaknya pun bisa mendapatkan rambut yang lebat, namun jika kedua orangtua memiliki rambut yang tipis maka anaknya pun bisa mendapatkan rambut yang tipis.

Makanan Pedas

saranaberita77.blogspot.com
saranaberita77.blogspot.com

Yang menjadi mitos selanjutnya adalah tentang makanan pedas, bagi ibu hamil penyuka makanan pedas tentu tidak mudah menghindari makanan tersebut. Mayoritas orang Indonesia sangat suka makanan pedas.

Banyak mitos yang beredar di masyarkat bahwa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas.

Orangtua banyak yang melarang anaknya yang sedang hamil untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas sebab bisa membuat rambut bayi menjadi botak. Jika dipikir secara logika, mitos tersebut tidaklah benar.

Selain bisa membuat rambut botak, banyak anggapan yang mengatakan bahwa makanan pedas bisa melancarkan persalinan. Itu juga mitos sama halnya dengan makanan pedas bisa membuat rambut botak.

Padahal, alasan yang benar ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi makanan pedas adalah makanan pedas bisa menimbulkan diare dan juga masalah pencernaan sehingga ibu hamil dilarang mengkonsumsi makanan yang pedas.

Diare bisa membuat ibu hamil rentan terkena dehidrasi dan harus membuat ibu hamil ke kamar mandi terlalu sering.

Susu Kedelai

nutrivebenecol.com
nutrivebenecol.com

Mitos mengatakan bahwa susu kedelai yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa membuat kulit bayi berwarna putih saat masih dalam kandungan. Hal itu adalah mitos, sebab kulit bayi yang putih didapatkan dari kedua orangtuanya.

Tahu, Tempe dan Makanan Olahan Kedelai

bisnisukm.com
bisnisukm.com

Mitos berikutnya mengatakan bahwa memakan tahu, tempe dan berbagai macam olahan kedelai bisa membuat kulit bayi berwarna putih.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kulit bayi yang berwarna putih bisa didapatkan dari pigmen kedua orangtuanya, jika orangtua putih maka bayi pun kulitnya juga putih.

Jeruk

ayorange.wordpress.com
ayorange.wordpress.com

Buah-buahan yang kaya vitamin C pun tidak luput dari mitos lho. Mitos mengatakan bahwa banyak makan jeruk bisa membuat paru-paru di dalam bayi menjadi berlendir dan bayi memiliki kulit yang berwarna kuning.

Mitos itu tidak benar, karena kandungan vitamin C pada jeruk justru sangat bermanfaat bagi ibu hamil khususnya dalam meningkatkan sistem imun dan membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh ibu hamil.

Makan Asin dan Makan Manis

republika.co.id
republika.co.id

Mitos mengatakan selama kehamilan suka mengkonsumsi makanan asin bisa jadi janin yang dikandungnya adalah laki-laki untuk makanan manis akan mendapatkan bayi perempuan.

Hal itu salah sebab tidak ada hubungannya antara makanan-makanan tersebut dengan jenis kelamin yang ada di dalam rahim sang ibu.

Seafood

unisci24.com
unisci24.com

Mengkonsumsi seafood dipercaya bisa merugikan kesehatan, oleh sebab itu ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi kepiting dan berbagai jenis seafood lainnya.

Hal tersebut hanyalah mitos, sebab seafood kaya akan omega-3 yang bagus untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Seafood yang dikonsumsi benar-benar bersih dan terhindar dari kontaminasi zat-zat berbahaya. Hindari mengkonsumsi seafood yang tercemar dengan limbah kimia seperti merkuri dan juga dioksin.

Hindari mengkonsumsi seafood yang air lautnya mengandung pestisida. Hindari mengkonsumsi seafood seperti ikan hiu, mackerel dan todak sebab makanan mereka berasal dari ikan-ikan kecil yang mungkin sudah mengandung pestisida di dalamnya.

Kacang

cicisucimaulina275.wordpress.com
cicisucimaulina275.wordpress.com

Mitos mengatakan ibu hamil yang mengkonsumsi kacang tanah dan jenis kacang-kacangan lainnya bisa membuat anak menjadi terkena alergi. Hal tersebut bisa menjadi mitos dan juga bisa menjadi fakta.

Kacang tanah memiliki protein nabati dan juga berbagai macam nutrisi. Jika ibu hamil mengalami alergi kacang maka alergi itu bisa diturunkan ke anaknya.

Sehingga mengkonsumsi kacang bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan bisa alergi.

Daun Katuk

cicisucimaulina275.wordpress.com
cicisucimaulina275.wordpress.com

Mitos mengatakan bahwa saat hamil mengkonsumsi sayur daun katuk bisa bermanfaat untuk memproduksi ASI ibu hamil tersebut. Mitos tersebut adalah benar, sebab daun katuk bisa merangsang dan meningkatkan produksi ASI saat hamil.

Namun tidak hanya daun katuk saja yang bisa merangsang produksi ASI namun bisa juga dengan jagung dan kacang tanah.

Minyak Kelapa Murni

tribunnews.com
tribunnews.com

Ada sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak kelapa murni saat hamil tua bisa digunakan untuk melancarkan persalinan.

Tak hanya itu saja minyak kelapa murni juga bisa mengurangi rasa sakit saat ibu hamil akan melahirkan.

Hal itu hanyalah mitos belaka sebab persalinan lancar dan mengurangi rasa sakit saat persalinan tidak disebabkan oleh minyak kelapa saja

namun disebabkan oleh berbagai hal misalnya saja panggul ibu dan juga berat janin yang ada di dalam kandungan.

Daun Pepaya

royco.co.id
royco.co.id

Mitos mengatakan bahwa memakan daun papaya bisa membuat janin lembek dan terasa empuk jika dipegang.

Hal itu hanyalah mitos belaka, daun papaya pahit memang tidak boleh dikonsumsi namun alasannya bukanlah hal itu. Makanan pahit bisa membuat plasenta dan air ketuban bayi menjadi buruk.

Mitos Kegiatan Selama Kehamilan

dinifauziah.com
dinifauziah.com

Tidak hanya mitos dalam hal makanan saja, namun ada mitos yang berhubungan dengan kegiatan atau aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

Makan Banyak. Banyak mitos mengatakan jika ibu yang sedang hamil harus banyak makan, sebab makanan yang masuk ke dalam tubuhnya akan dibagi menjadi dua orang sehingga jika bisa ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dalam dua porsi sekaligus.

Mitos itu adalah mitos yang menjebak, ibu hamil memang perlu menjaga pola makannya namun tidak harus berlebihan.

Alasannya adalah berat badan bayi dan ibu hamil harus dikontrol. Makan yang berlebihan bisa membuat berat janin yang ada di dalam kandungan bisa terlalu besar begitu pula dengan berat badan ibu yang mengandungnya.

Obesitas pada bayi dan ibu hamil sagatlah tidak bagus untuk kesehatan.

Hubungan Intim. Banyak ibu hamil yang masih menanyakan tentang keamanana hubungan intim tersebut.

Mitos mengatakan hubungan intim pada saat hamil muda bisa menyebabkan wanita yang sedang hamil itu mengalami keguguran.

Hal tersebut hanyalah mitos belaka sebab selama ini belum ada penelitian yang menunjukkan fakta tersebut. Yang harus diingat adalah hubungan intim yang dilakukan saat hamil muda harus disertai dengan kehati-hatian yang ekstra.

Merugikan janin. Mitos yang kedua tentang hubungan intim adalah bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan mengalami gangguan kehamilan seperti perkembangan mental dan juga otak.

Hal itu hanyalah mitos belaka sebab yang bisa menganggu perkembangan janin adalah kondisi ibu hamil dan juga kondisi kehamilan tersebut.

Persalinan lancar. Melakukan hubungan intim saat hamil tua dipercaya bisa melebarkan jalan lahir, hal tersebut hanyalah mitos belaka. Lancar atau tidaknya persalinan dipengaruhi oleh berbagai macam hal tergantung dengan kondisi kehamilan tersebut.

Bayi cerdas. Mitos mengatakan bahwa bayi yang terkena semburan sperma bisa lebih cerdas dibandingkan dengan bayi yang tidak pernah terkena semburan sperma.

Hal tersebut hanyalah mitos belaka, sebab sperma tidak ada zat penyuburnya sehingga sperma yang terkena janin tidak bisa menyuburkan dan mencerdaskan janin.

Pijat Perut. Mitos yang beredar di masyarakat mengatakan selama kehamilan melakukan pijat perut dipercaya bisa membuat letak janin bagus dan melancarkan persalinan kelak.

Hal ini hanyalah mitos belaka sebab pijat perut dan mengurut perut bisa menyebabkan janin di dalam ibu hamil menglami keguguran sebab janin di dalam rahim mengalami tekanan dan stress.

Tidur ke Kiri Lebih Nyaman. Mitos mengatakan untuk membuat tidur nyaman bisa dilakukan dengan tidur ke kiri. Hal itu tidaklah benar, ibu hamil juga bisa miring ke kanan untuk bisa membuat tidurnya nyaman.

Memang tidur ke kiri bisa melancarkan oksigen bagi janin yang ada di dalam kandungan.

Dilarang Tidur Telentang. Mitos yang melarang ibu hamil tidur telentang adalah hal benar, aktivitas ini adalah larangan ibu hamil terutama ibu hamil yang usia kandungannya sudah besar.

Tidur telentang bisa membuat ibu hamil mengalami sesak nafas sebab ada penekanan pembuluh darah.

Memotong Rambut. Ada mitos yang beredar di masyarakat jika ibu hamil dilarang memotong rambut, hal itu dikarenakan jalan lahirnya akan kepotong sama halnya saat melakukan potong rambut sehingga lahirannya akan susah.

Hal itu hanyalah mitos belaka sebab lancar atau tidaknya persalinan disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Makan Di Depan Pintu. Orangtua melarang anaknya yang sedang hamil untuk tidak makan di depan pintu, alasannya adalah bisa menghalangi jalan lahir sebab pintu merupakan tempat untuk berlalu lalang.

Dengan makan di depan pintu menghalangi jalan lahir untuk lewat bayi juga akan terhalangi dengan plasenta.

Hal itu adalah mitos belaka, namun jika dilihat dari segi moral. Makan di depan pintu tidak etis sebab menghalangi jalan.

Merendam Baju Kotor dan Piring Kotor. Terlalu lama merendam baju kotor dan piring kotor menggunakan air yang menggenang bisa menyebabkan anak di dalam kandungan terkena kudisan.

Hal tersebut hanyalah mitos belaka, sebab penyakit kudisan tidak disebabkan rendaman baju kotor dan juga piring kotor.

Mengguyur Kaki dengan Bekas Cucian. Mitos ada yang mengatakan jika ibu hamil mengguyur kaki dengan bekas cucian baju bisa menyebabkan kaki ibu hamil mengalami bengkak.

Hal itu hanyalah mitos sebab kaki bengkak disebabkan oleh perubahan hormon dan juga preeklamsia.

Mengepel Lantai. Untuk membuat janin masuk panggul dengan segera ibu hamil bisa melakukan gerakan mengepel lantai.

Hal tersebut bukan hanya mitos, namun fakta. Agar posisi bayi bagus dan segera masuk panggul ibu hamil sebaiknya mengepel dengan kondisi jongkok bersandar pada lutut.

Mandi Air Panas. Masyarakat mengatakan bahwa saat hamil dilarang untuk mandi dengan air panas. Hal itu bukan hanya mitos belaka namun merupakan fakta.

Air panas bisa membuat suhu tubuh ibu hamil menjadi meningkat, peningkatan suhu ibu hamil tidak bersahabat dengan janin yang ada di dalam kandungan.

Memelihara Kucing. Memelihara kucing bisa membahayakan kesehatan ibu hamil. Hal tersebut memang benar, sebab kotoran kucing dan bulu kucing yang masuk ke dalam saluran pernafasan bisa menimbulkan penyakit bagi ibu hamil.

Misalnya saja adalah tokso dan juga gangguan pernafasan.

Menjauhi Telepon Genggam. Hal tersebut adalah mitos saja, yang harus dijauhi oleh ibu hamil adalah paparan radiasinya sebab bisa menganggu kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

Ibu Hamil Naik Pesawat. Ada mitos yang mengatakan jika naik pesawat bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

Hal itu hanyalah mitos, sebab wanita hamil boleh naik pesawat selama maskapai di penerbangan tersebut memperhatikan usia kehamilan wanita hamil tersebut.

Wanita yang boleh naik pesawat adalah wanita hamil dengan usia kandungan di atas 28 minggu.

Morning Sickness. Morning sickness merupakan kegiatan yang akan dialami oleh ibu yang hamil muda. Banyak mitos yang berhubungan dengan morning sickness tersebut, berikut ini adalah mitos yang berhubungan dengan morning sickness :

IQ bayi. Morning sickness berhubungan dengan IQ bayi. Hal tersebut adalah fakta. IQ pada janin yang selama kehamilan diiringi dengan morning sickness bisa menandakan tingginya IQ bayi tersebut.

Hormon yang berhubungan dengan morning sickness bisa mempengaruhi otak dan bayi di dalam Rahim.

Bayi laki-laki. Mitos itu adalah salah sebab morning sickness tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin janin.

Mengecat Rambut. Mitos mengatakan bahwa saat hamil dilarang mengecat rambut. Hal tersebut adalah benar, sebab cat rambut bisa masuk ke dalam pori-pori kulit kelapa dan masuk ke dalam plasenta janin serta mempengaruhi tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan.

Hindari berbagai macam zat kimia secara langsung di dalam tubuh.

Membunuh Binatang. Mitos yang dipercaya masyarakat adalah membunuh binatang saat hamil bisa menyebabkan anaknya mirip dengan binatang yang dibunuh tersebut.

Tidak ada faktor medis yang menjelaskan antara membunuh binatang dengan kemiripan bayi, sehingga hal itu hanyalah mitos saja.

Aktivitas berbahaya untuk ibu hamil ini tidak lah benar, bahkan ada yang menyatakan bahwa membunuh binatang apa, maka wajah dan bentuk bayi nanti akan mirip binatang tersebut.

Potong Bulu Mata Bayi. Jika orang tua memotong bulu mata bayi, maka nanti bulu matanya akan menjadi panjang.

Ini jelas mitos yang salah sebab panjang atau pendek dan bagaimanapun bentuk bulu mata seseorang dipengaruhi oleh gen orang tuanya.

Justrum dalam Islam sangat dilarang memotong bulu mata, mencabut alis, dan mengubah bentuk tubuh yang sudah Allah ciptakan dengan sebaik-baiknya.

Sunnah Bagi Ibu Hamil

daralakhbar.com
daralakhbar.com

Sebenarnya tidak ada petunjuk khusus dan rinci dalam Al Quran dan As Sunnah untuk ibu-ibu hamil.

Namun, kehamilan adalah salah satu nikmat Allah Ta’ala kepada hamba-Nya dan tanda-tanda kekuasaan-Nya di hadapan mereka. Oleh karena itu, mensyukuri nikmat “kehamilan” adalah bagian dari ajaran Islam.

Bergembira atas berita kehamilan. Ini yang mesti diingat oleh seorang muslimah yang sedang hamil (tentu dari suami yang sah).

Sebab, Allah Ta’ala mempercayakan dirinya dan suami untuk melahirkan, merawat, membesarkan, dan mendidik salah satu hamba-Nya. Baik itu kehamilan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya, tetaplah bergembira.

Cukup banyak wanita hanya mensyukuri kehamilan pertama atau kedua –karena ini yang dinanti-nanti- tetapi mereka nampak shock dengan kehamilan selanjutnya, apalagi kehamilan itu di luar rencana mereka.

Seharusnya mereka bersyukur dimudahkan oleh Allah Ta’ala untuk hamil, sementara masih banyak wanita yang berjuang bertahun-tahun, belasan, bahkan sampai mereka tua belum dikaruniai anak.

Lebih dari itu, ada yang sampai menghabiskan biaya besar untuk hamil, bahkan menggadaikan aqidah dengan datang ke dukun.

Bergembira atas datangnya jabang bayi telah Allah Ta’ala ajarkan dalam beberapa ayat berikut ini, ketika menceritakan lahirnya Ismail dan Ishaq untuk Nabi Ibrahim as.,

Maka Kami beri dia (Ibrahim) kabar gembira dengan seorang anak yang Amat sabar (Yakni Ismail). (QS. Ash Shafat: 101)

“Sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki (yang akan menjadi) orang yang alim (yakni Ishaq)” (QS. Al Hijr: 53)

Melindungi diri dan kandungan dari gangguan setan. Hendaknya seorang ibu hamil, tidak melupakan dzikir-dzikir ma’tsur yang memang Nabi Saw ajarkan.

Membaca Al Mu’awwidzaat (Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas), Al Fatihah, lima ayat awal Al Baqarah dan tiga ayat terakhirnya, juga ayat Kursi.

Begitu pula doa-doa perlindungan dari nabi, seperti a’udzu bikalimaatillahi taammati min syarr maa khalaq, yang dibaca pagi dan petang.

Jangan lupa membaca Al-Quran minimal mendengarkannya. Tidak ayat surat dan ayat khusus untuk ibu-ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

Bacalah Al Quran pada surat apa pun dan biasakanlah hal itu sebagai pendengaran yang baik bagi jabang bayi, dan hindarilah lagu dan musik jahiliyah.

Semoga hal itu menjadi budaya baik yang melekat di telinga jabang bayi yang membekas sampai dia lahir dan besar nanti.

Hindari kepercayaan terhadap mitos-mitos yang menodai aqidah. Biasanya, cukup banyak tahayul dan khurafat yang menyertai ibu-ibu hamil.

Mereka ditakut-takuti dengan berbagai larangan dan perintah yang tidak ada dasarnya dari agama Islam, melainkan berdasarkan keyakinan tidak jelas dari mana sumbernya.

Seperti larangan memasukkan bantal ke sarungnya, karena takut susah melahirkan; atau jika melihat yang jelek-jelek maka ucapkanlah “amit-amit jabang bayi” sambil mengusap perut dengan harapan agar  bayi nanti lahir tidak jelek seperti yang dilihatnya.

Memeriksakan kesehatan ibu dan bayi secara teratur kepada ahlinya. Ini merupakan upaya logis dan sunnatullah yang mesti dilakukan.

Tidak sekadar mengandalkan tawakal setelah dzikir dan doa, tetapi sebab-sebab kauniyah yang natural juga mesti disediakan.

Larangan-larangan yang sifatnya medis, begitu pula anjurannya, hendaknya diperhatikan. Jangan sampai ibu hamil lebih percaya dengan tahayul dan khurafat, tetapi dengan hal-hal yang ilmiah justru tidak dipercaya.

https://www.youtube.com/watch?v=ISCxFbhHLaI

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *