Paper cut, karya seni baru yang saat ini dijadikan sebagai profesi menjanjikan bagi sebagian orang. Paper cut menjadikan kertas sebagai media utamanya. Salah seorang seniman asal India yang bernama Parth Kothekar adalah salah satu pengrajinnya.

Ia memutuskan untuk menjadi pengrajin seni paper cut ini setelah melewati berbagai macam pengalaman. Hingga akhirnya, ia dipertemukan dengan paper cut. Parth pun merasa “hidup” saat melakoni pekerjaan ini.

Sebelum memutuskan untuk jadi profesional, ia hanya menganggap seni paper cut ini sebagai sebuah hobi. Akan tetapi, atas dorongan dan inspirasi dari temannya, akhirnya ia memutuskan untuk menjadikan seni paper cut ini sebagai profesi barunya.

Parth membuat karya yang diilhami dari berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Ia akan menemukan motivasi jika dalam pekerjaannya terdapat sebuah tantangan.

Parth membuatnya dengan kesungguhan yang diasumsikan dari apa yang akan terlihat oleh dirinya. Sehingga karya nyata dan orisinil pun telah banyak dihasilkannya. Inilah beberapa karya mengagumkan dari seniman paper cut asal India ini.

1Capung

boredpanda.com

Sepertinya paper cut ini hanya dibuat dari secarik kertas saja. Salah satu karya yang sungguh luar biasa dan begitu detail dari Parth adalah seekor capung dengan sayap-sayapnya yang nyata.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bukan hanya sebagai hiasan belaka, capung ini pun bisa dimainkan secara langsung. Kamu bisa mengepakkan-kepakkan sayapnya seolah-olah ia sedang terbang tinggi di udara. Bagaimana kamu melihat karya seni yang indah ini?

2Harimau

boredpanda.com

Karya selanjutnya adalah seekor harimau, kali ini hanya kepala harimau saja rupanya. Jika kamu melihatnya secara sekilas saja tidak akan terbayang jika ini terbuat dari kertas yang dibentuk dengan pola sedemikian detailnya.

3Ular Kobra

boredpanda.com

Wah, benar-benar karya yang patut diberi dua acungan jempol sekaligus. Butuh waktu tidak hanya sehari maupun dua hari untuk mempelajari sebuah seni yang butuh kreativitas dan skill yang tinggi ini.

4Ukiran “I Love U Mom”

boredpanda.com

Karya indah yang satu ini bisa kamu berikan kepada ibumu sebagai simbol kasih dan cintamu kepada beliau. Mungkin kamu bisa memberikannya dengan ukuran yang lebih besar lalu diletakkan dalam sebuah bingkai yang cantik.

Sehingga ibumu bisa memajangnya di dalam kamar maupun ruang favoritnya dan memandangi hadiah dari anaknya sepanjang waktu.

5Wanita

boredpanda.com

Wanita yang memiliki rambut panjang ini bagaikan seorang model shampoo yang sedang melakukan adegan di tengah waktu shooting-nya. Sehingga terciptalah karya indah dari Parth menggunakan secarik kertas ini.

6Dream Catcher

boredpanda.com

Dream catcher yang terbuat dari tali maupun benang-benang sudah mainstream, iya kan? Ini nih, dream catcher unik dan cantik berbahan dasar kertas karya Parth, benda ini akan menjadi pajangan cantik dan mampu menghiasi ruanganmu dengan keindahannya.

7Hewan

boredpanda.com

Tidak hanya satu hewan saja, bisa kamu tebak ada berapa jenis hewan dalam satu karya paper cut ini? Coba jawab jika kamu sudah menemukannya.

8Gadis 1

boredpanda.com

Karya selanjutnya merupakan bentuk dari seorang anak kecil yang nampak tengah berlari. Parth membuatnya dengan begitu rapi dan cantik.

9Gadis 2

boredpanda.com

Keanggunan gadis ini memang menunjukkan tingkat kreativitas dan kemampuan dari seorang Parth. Karya-karyanya yang sudah melalui berbagai macam latihan pun benar-benar amazing.

10Burung Merak

boredpanda.com

Siapa yang akan menyangkal keindahan dari seekor burung merak? Begitu juga dengan karya dari Parth ini? Keindahan dan keanggunan burung merak karya dari Parth sungguh memukau semua mata yang memandangnya.

11Uang Rupee

boredpanda.com

Karena berasal dari India, Parth membuat sebuah karya yang mirip dengan salah satu nominal uang rupee dari India. Mirip sekali ya?

12Sepeda

boredpanda.com

Kelihatannya Parth bisa membuat segala jenis bentuk menggunakan selembar kertas untuk dijadikan paper cut, mulai dari manusia, uang, hewan hingga benda mati pun ia buat dengan begitu cantik dan detail.

13Bulu

boredpanda.com

Adakah temanmu yang tahu bahwa ini merupakan karya dari sebuah kertas jika kalian tidak memberitahukannya di awal? Karena sama sekali tidak nampak bahwa ini merupakan bulu-bulu yang sengaja dibuat dari kertas. Sangat mirip dengan aslinya.