Indonesia memang negara yang unik, negara besar yang jumlah pendudukanya sangat banyak. Diantara jumlah penduduk yang banyak itu banyak sekali potensi manusianya yang cerdas dan hebat.

Selain mereka berprestasi, mereka juga ahli dalam beberapa bidang yang tidak bisa diremehkan sebelah mata. Hingga pretasi mereka terdengar sampai ke negeri-negeri eropa.

Namun sangat disayangkan, karya dan prestasi terbaik mereka justru negara lain yang menikmatinya, hal ini di karenakan memang Indonesia sendiri belum siap menerima orang cerdas seperti mereka dan akhirnya mereka berkarya dan berkiprah di luar negeri.

Penasaran? Siapa saja dokter hebat ini? Yuuk disimak

1Dr Warsito

jabar.tribunnews.com

Dr. Warsito merupakan dokter yang merancang jaket anti kanker, karya beliau sudah melanglang buana dan banyak digunakan oleh berbagai organisasi dunia. Bahkan sekaliber NASA juga menggunakan jaket tersebut.

Tapi ketika beliau ke Indonesia, beliau harus menerima kekecewaan, karya beliau ditolak oleh Kemenkes.

2Prof. Dr. Irwandi Jaswir

pantaupekanbaru.com

Profesor ini ini tidak jauh beda dengan apa yang dialami dr Warsito , profesor Irwandi  merupakan ahli produk halal dunia. Tapi Beliau juga tidak diterima di negeri sendiri, akhirnya beliau memilih berkiprah di negerti tetangga, Malaysia.

3Prof. Dr. Ken Soetanto

grahafauzi.wordpress.com

Mungkin bagi seorang profesor yang bernama Ken Soetanto ini, berkiprah di Indonesia tidak menarik, dengan birokrasi dan aturan yang super ruwet dan terkesan menyulitkan.

Profesor yang  berasal dari kota Surabaya yang ahli dalam pembangunan ini memilih berkiprah di Jepang dan Amerika.

4Prof. Dr. Nelson Tansu

youtube.com

Profesor Nelson merupakan profesor Ahli dalam bidang nanoteknologi. Beliau  merupakan Profesor termuda di Amerika Serikat dan hingga kini memilih berkiprah di Amerika Serikat

5Dr. Yogi A Erlangga

lebahmaster.com

Dokter ini asli dari Tasikmalaya. Beilau sukses memecahkan Persamaan Helmholtz ini lebih memilih berkiprah di Eropa dan Timur Tengah.

Sebenarnya kalau beliau berkiprah di Indonesia tentu perminyakan di Indonesia menjadi maju, tapi bukan karena beliau tidak mau, justru pemerintahan yang enggan memakai beliau.

6Dr. Josaphat Tetuko

sains.kompas.com

Dokter ini merupakan dokter yang ahli radar dan drone. Beliau pernah  mencoba berkarir di Indonesia setelah setamat dari Jepang.

Karena tidak ada penghargaan dan pengakuan dari pemerintah terhadap karya-karyanya, akhirnya Dr. Josaphat Tetuko memilih kembali ke Jepang.

Dokter diatas adalah beberapa contoh saja, mungkin masih banyak sekali yang karyanya dipakai dunia, tapi tidak diakui di negeri yang dicinta. Memang rasanya memilukan, sepertinya Indonesia sudah diatur sedemikian rupa agar tidak berkembang, hmmmm.