Dalam sebuah rumah tangga sudah menjadi sebuah hal yang biasa ketika ada begitu banyak perbedaan yang terjadi antara suami dan istri. Mulai dari masalah latar belakang keluarga, hobi, karakter, dan hal-hal lainnya.

Namun bukan namanya pernikahan jika tidak mengkombinasikan dengan baik sebuah perbedaan menjadi suatu kekayaan cinta yang harus dijaga demi mewujudkan visi misi kehidupan yang akan diraih bersama. Iya bukan?

Untuk itu bagi para istri seharusnya wajib tahu hal-hal yang menjadi perbedaan antara dirinya sebagai seorang wanita dan suaminya yang adalah seorang lelaki. Pun sebaliknya.

Termasuk ketika mendadak ada “suami bisu” dalam kehidupan rumah tangga. Pasti banyak istri yang langsung mengeluh karena merasa tak diperhatikan lagi oleh suami yang mendadak menjadi sangat pendiam.

Eits, tapi kamu jangan berpikir buruk dulu pada pasangan hidupmu tersebut ya, Ladies! Karena bisa saja dalam rumah tangga muncul “suami bisu” karena hal-hal berikut ini:

Sedang Ada Masalah

kiki widyasari duduk
dalauw.tumblr.com

Para istri harus memahami sejak awal bahkan sebelum menikah bahwa karakter laki-laki bagaimanapun sangat berbeda dengan perempuan.

Jika perempuan saat sedang mengalami suatu masalah akan menangis, mengadu, dan minta didengarkan ceritanya agar lega, lelaki tidak demikian.

Mereka ibaratnya akan masuk gua, menyendiri, memikirkan jalan keluarnya sendiri, sehingga terkesan menjadi sangat pendiam seperti bisu dan menghindar dari masalah atau orang lain agar tak menimbulkan masalah baru.

Sebagai istri baiknya tidak segera kamu cerca atau hujani dengan banyak hujatan suami yang demikian, berikan dukungan dan buat dia nyaman sehingga mau ‘keluar dari guanya’ untuk bercerita kepadamu.

Merasa Tidak Nyaman

Himizu1-1600x900-c-default
www.filmlinc.org

Sikap dasar seorang laki-laki yang jantan adalah tidak mau menyakiti hati perempuan, terutama perempuan yang dicintainya, atau siapapun yang menjadi orang berarti baginya.

Sehingga ketika dia sedang tidak nyaman dengan perilaku kita sebagai seorang istri, biasanya para suami lebih baik diam dan memendam perasaan tidak nyaman tersebut daripada harus menyampaikannya.

Mengapa demikian? Dia takut bahwa apa yang disampaikannya akan menyinggung hati istrinya. Hmm, kasihan ya?

Merasa Bosan

901ef95c8c3f98189124bc0018326ab08dd4bb87
artikel.masjidku.id

Jika mendengar kata bosan, jangan buru-buru menuduh suamimu bosan denganmu dan berniat berpaling darimu, lalu mendorongmu untuk menghakiminya. Cari tahu apa yang membuatnya bosan dan berikan dukungan, jangan langsung menduhnya bukan-bukan.

Bisa saja dia bosan dengan pekerjaannya, atau rutinitasnya, atau hal lain kan? Nah, itu berarti suamimu butuh piknik. Hehehe.

Merasa Tidak Mampu Melakukan Kewajibannya

ac_himizu_eb9190eb8d94eca780_st04
mechanicallabor.wordpress.com

Nah, untuk alasan yang satu ini bisa dikatakan adalah penyebab utama seorang laki-laki menjadi depresi. Sifat dasar laki-laki adalah ingin diakui kekuatan dan kejantanannya, serta tidak suka diragukan apalagi oleh orang yang dicintainya.

Sehingga saat suamimu merasa tidak mampu menjadi suami yang baik, ayah yang baik, karyawan yang baik, anak yang baik, dan alasan lainnya, segeralah berikan dorongan dan dukungan yang bisa membuatnya bangkit lagi.

Jadi untuk para istri, sebelum menuduh suami yang mendadak membisu dan seperti menghindar dari kalian, baiknya banyak berintrospeksi diri dulu sambil berusaha mendekat kembali kepada suami, memberikan dukungan dan cinta kalian.

Bagaimana pun sebuah rumah tangga yang harmonis bukan hanya milik suami dan istri saja, namun juga milik anak-anak, keluarga, bahkan orang-orang tercinta di sekitarnya.