Sebagai orangtua, atau seorang pendidik di sekolah, menghadapi anak atau murid yang mendadak menjadi seorang pemalas memang merupakan hal yang sangat menyulitkan.

Selain membuatmu kesulitan untuk mengajarkan ilmu atau sesuatu padanya, sikap anak pemalas juga sering membuat orangtua atau pendidiknya kesal karena merasa diacuhkan. Hehehe.

Jika dibiarkan, kemalasan pada anak tersebut bisa berakibat sangat buruk sekali! Terutama pada keteraturan hidup, prestasi belajar, dan terlebih masa depannya. Nah lho!

Nah, agar kamu para orangtua atau pendidik tak menemui masalah kemalasan tersebut pada anak atau muridmu, maka kamu perlu mewaspadai 5 penyebab kemalasan pada anak-anak berikut ini.

1Beban Sekolah Sangat Banyak dan Padat

www.smkn2kotabekasi.com

Tahukah kamu, bahwa anak-anak pada masanya lebih banyak membutuhkan masa bahagia dan menyenangkan daripada situasi berat yang membuatnya penat?

Nah, coba bayangkan, anak-anak mulai bersekolah dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang, bahkan ada yang sampai jam 5 sore.

Dengan waktu yang hampir seharian itu, ditambah tugas sekolah yang banyak, dan PR yang menumpuk, akan membuatnya penat.

Dan semakin dia ditekan, maka dia bisa merasa semakin bosan, penat, dan akhirnya malas. Hmm…

2Sistem Pengajaran dan Pendidikan yang Tidak Sesuai

yulisindriyani.wordpress.com

Entah di sekolah, di tempat les, atau bahkan di rumah, pengajaran atau pendidikan kepada anak memang perlu jurus yang sesuai dan tidak memberatkan anak.

Ada beberapa pendidik yang mungkin kurang sesuai dalam mengajarkan mata pelajaran atau pendidikan kepada muridnya, sehingga anak menjadi bosan, atau bahkan takut.

Begitupun dengan para orangtua yang kurang sesuai dalam mendidik anak, sehingga bisa jadi anak malah berubah menjadi pemalas atau bahkan menjadi pembangkang.

3Gangguan Fisik Pada Anak

www.bimbelku.com

Jangan salahkan dulu jika anak atau muridmu mendadak menjadi seorang pemalas. Tanyakan padanya secara hati ke hati, agar kamu tahu sebenarnya dia kenapa.

Bisa jadi, kemalasannya tersebut karena ketidakmampuannya dalam mengejar materi atau pendidikan dari guru maupun orangtuanya.

Dan salah satu alasannya karena gangguan fisik. Entah karena dia merasa semakin sulit mendengar, atau gangguan berpikir yang membuatnya semakin lama dalam mencerna makna.

4Beban Dari Keluarga

bersamadakwah.net

Selain anak atau murid telah terbebani dengan tugas sekolah dan jam pelajaran yang sangat panjang, yang perlu diperhatikan adalah kondisi dalam keluarganya.

Anak yang broken home mendadak bisa menjadi anak yang memberontak, dengan cara malas-malasan atau bahkan tingkah ekstrim lainnya.

5Fasilitas yang Berlebihan

jalantikus.com

Nah ini dia salah satu penyebab utama yang sering mengganggu fokusan belajar dan tumbuh kembang anak atau murid, yaitu adanya berbagai gadget yang mengelilinginya.

Para orangtua yang menyayangi anaknya, harusnya tidak terlalu memanjakan anak dengan menurutinya bermain game atau gadget secara berlebihan.

Karena selain menumbuhkan rasa ketergantungan, kemalasan dan rasa semakin muak belajar akan muncul pada anak.

Jadi dengan 5 alasan tersebut, diharapkan para orangtua dan pendidik waspada, karena rasa malas pada anak atau murid bisa sangat berbahaya sekali lho bagi masa tumbuh kembang dan masa depan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here