boombastis.com

Parah! 6 Pesawat Penumpang Ini Pernah di Tembak Jatuh

Posted on

Mungkin kamu pernah mendengar tragedi menyedihkan dari dunia penerbangan. Wah, tragedi apa tuh? Itu lho, tragedi penembakan beberapa pesawat di berbagai negara di dunia.

Kok bisa di tembak ya? Ya, ini menyangkut masalah politik antar negara, bahkan juga terkait persengketaan antara negara-negara yang berselisih. Yang bikin miris adalah penumpang yang pada akhirnya menjadi korban penembakan ini.

Kejadian beberapa kali penembakan pesawat ini merupakan tragedi kemanusiaan yang merupakan pekerjaan rumah bagi keamanan dunia. Kejadiannya seperti apa? Yuk kita lihat sejarah penembakannya dari masa ke masa.

Penerbangan El Al 402

wikipedia.org
wikipedia.org

El Al 402 merupakan pesawat penerbangan dari negara Wina dengan tujuan Tel Aviv yang kesasar ke Bulgaria. Nah, saat kesasar itulah pesawat ini ditembak oleh pejuang Bulgaria, hingga pesawat itu jatuh.

Setelah terjadinya penembakan dan setelah pesawatnya jatuh, maka seluruh penumpang yang berjumlah 58 orang pun tewas. Sungguh menyedihkan ya!

Libyan Arab Airlines 114

i-hls.com
i-hls.com

Libyan Arab Airlines 114 jatuh setelah diserang oleh rudal Israel pada tahun 1973. Awalnya pesawat ini bertolak dari Tripoli menuju ke Kairo, Mesir.

Kenapa Israel mengirimkan rudal-rudalnya? Ini dikarenakan mereka mengira pesawat ini adalah pesawat MIG Mesir. Wah, kacau ya, karena salah sangka jadi banyak menjatuhkan korban.

Dari kejadian ini, kita bisa mengambil pelajaran, bahwa sebelum kita memastikan untuk mengambil suatu tindakan, maka kita perlu mencari tau kebenarannya dulu.

Itavia Airlines 780

wikipedia.org
wikipedia.org

Pesawat ini merupakan pesawat penumpang yang ditemukan puing-puingnya di lautan lepas, setelah sebelumnya menghilang tanpa kabar ketika bertolak dari Bologna menuju Palermo di Sisilia.

Tidak ada satupun penumpang dan awak pesawat yang selamat dari kejadian ini.
Jumlah penumpang di pesawat ini berjumlah 81 orang.

Penyebab hilangnya pesawat sampai saat ini masih simpang siur. Kesimpulan sementara dari pakar penerbangan, pesawat ini mengalami ledakan bom yang dilakukan oleh teroris di pesawat.

Korean Airlines 007

wikipedia.org
wikipedia.org

Pada tahun 1983, tepatnya tanggal 1 september. Pesawat Korean Airlines 007 yang menuju Seoul terbang dari arah biasanya dan berbelok ke arah Uni Soviet.

Dua jet tempur Uni Soviet menghalau pesawat tersebut dan memintanya untuk berbalik arah. Namun menurut ceritanya, peringatan itu diabaikan. Sehingga setelah peringatan itu satu rudal ditembakkan ke pesawat tersebut.

Sejak kejadian itu, maka hubungan antara Amerika dan Uni Soviet makin memanas. Padahal sebelumnya memang sudah memanas. Tapi yang menyedihkan adalah korban-korban dari jatuhnya pesawat itu.

Iran Airlines 655

wikipedia.org
wikipedia.org

Sungguh menyedihkan nasib pesawat Iran dengan nomor penerbangan 655 ini. Karena disangka pesawat tempur oleh Amerika, maka pesawat ini ditembak menggunakan rudal.

Akibat kejadian ini, maka seluruh penumpang yang berada dalam pesawat dinyatakan tewas. Jumlah korban tewas seluruhnya adalah 290 orang.

Kenapa pesawat ini dianggap sebagai pesawat tempur? Ini dikarenakan pesawat ini bergerak melambat saat melakukan penerbangan. Setelah kejadian ini banyak warga dunia yang mengecam tindakan Amerika yang sangat gegabah ini.

Untuk kesekian kalinya nih, pesawat tertembak karena prasangka yang tidak berdasar. Karena hal ini akibatnya kan jadi fatal. Apalagi jika mengakibatkan banyak orang celaka. Kejam kan jadinya.

Malaysian Airlines MH17

politicsmadepublic.com
politicsmadepublic.com

Nah, inilah pesawat yang ditembak baru-baru ini. Pesawat ini jatuh ketika ditembak dan mengakibatkan seluruh penumpangnya tewas.

Sampai detik ini belum jelas siapa yang telah menembak pesawat ini, semua masih sebatas dugaan belaka. Tapi kejadian ini menjadi kekhawatiran kita semua akan keselamatan ketika naik pesawat. Takut jika kejadian ini terjadi pada pesawat yang kita tumpangi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *