Sering kali anak jaman sekarang melakukan blunder soal ibadah, mereka banyak sekali update status unggah foto pas ibadah di media sosial. Entah karena tidak tahu atau tidak mau tahu, yang jelas ini sangat rawan dengan namanya riya’ atau pamer.

Atau juga karena minimnya pemahaman anak muda jaman sekarang tentang agama, tentang ibadah yang seharusnya menjadi rahasia, urusan ibadah memang urusan hamba dengan ALLAH saja, bukan dengan manusia dengan manusia.

Pemahaman memang jadi kunci dari apapun juga, percuma kalu ibadahnya banyak tapi masih saja gak tau ibadah yang diterima itu gimana atau hanya ikut-ikutan saja, so emang kudu tahu ibadah yang diterima itu bagaimana. Yuuk kita bahas bersama

1Niat yang Bener

mtf-online.com

Yup, yang pertama dinilai dari suatu ibadah adalah niat, jika niatnya saj udah salah, tidak mungkin diterima ibadahnya. Niat kudu ikhlas karena perintah ALLAH, karena kebutuhan kita sendiri, bukan karena yang lain.

Niat bukan karena terpaksa disuruh oleh orang lain, bukan karena sungkan karena ada pimpinan atau dilakukan karena aturan di sebuah pekerjaan.

Banyak sekali para manusia jaman sekarang, sholat hanya karena pimpinan sholat, sholat hanya karena ingin dilihat, dipuji banyak orang, ini niat yang salah guys, sholat ya sholat, ada tidaknya orang tetep aja sholat.

2Ada Contoh Dari Rasulullah

drise-online.com

Ibadah yang diterima harus ada contohnya guys, jangan buat ajaran dan tata aturan sendiri. Rasulullah sudah jelas mencontohkan kalau sholat begini, puasa begini, haji begini dan lain sebagainya.

Kalau kamu sholat seenaknya sendiri, ya gak bakal diterima sholat kamu, malaikat mana mau mencatat orang yang ibadahnya membuat aturan dan ajaran sendiri.

3Tidak Pamer Kesiapapun, Dimanapun dan Saat Apapun

crusader-12.blogspot.com

Salah satu syarat diterimanya ibadah adalah tidak pamer guys, tidak pamer ke siapapun, dimanapun juga saat apapun. Kalau pamer pasti tidak akan diterima atau hangus, ini sangat merugikan.

Biasanya para kaum muda terjebak dalam media sosial, mereka update status misal “otw Sholat Jumat”, otw memberi sedekah, sedang umroh dan lain sebagainya.

Memang sich niatnya tidak pamer, tapi sangat rawan dengan pamer lho, gimana jika di komen orang begini, “subhanallah ya”, “wah hebat ya” dll, pasti akan menimbulkan kesombongan dan kebanggan dalam hati kita.

Kalau udah sombong, hangus tuh pahala ibadah, sayang kan.

Jadi sekali lagi namanya ibadah itu sensitif dan rahasia guys, cukup kamu dan ALLAH saja yang tahu, kalau sudah diketahu orang mending segera banyak dzikir, biar syetan tidak membisikkan agar kita bangga.

4Merasa Sudah Banyak dan Paling Bener

palembang.tribunnews.com

Berikutnya agar ibadah kamu diterima, jangan merasa paling bener ya, jangan merasa paling banyak juga. Biasanya banyak kalau sudah merasa paling banyak ibadah,merasa dirinya sudah banyak pahal dan paling bener dari yang lain.

Padahal belum tentu ibadah kamu itu diterima lho, kamu juga tidak bisa lihat kan di buku catatan malaikat, mau lihat dimana juga?

So jangan merasa sudah banyak pahala kamu, jangan merasa paling bener apa yang kamu lakukan, tugas kita hanya berlomba dalam kebaikan.

Semoga bermanfaat ya