Apakah kamu tahu seberapa kuat sebuah paspor? Jika kamu tidak tahu, akan tiba saatnya bagimu untuk menemukan apa maksudnya.

Satu faktor yang menentukan kekuatan suatu paspor adalah seberapa banyak kamu bebas mengunjungi negara negara lain. Untuk melakukan pengukuran kekuatan passport bisa menggunakan refensi dari Visa Restriction Index yang dipublikasikan oleh Henley and Partner.

Banyak negara yang memiliki jumlah bebas visa yang sama. Contohnya Kanada dan Denmark yang memiliki bebas visa di 173 negara. Oleh karena itu, jika terdapat jumlah bebas visa yang sama, faktor lain akan dipertimbangkan.

Contohnya seperti seberapa besar negara yang bebas visa, bisakah tinggal secara permanen di negara tersebut dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah negara-negara yang memiliki paspor bebas visa terbanyak di dunia.

1Finlandia

moviespix.com

Finlandia adalah salah satu negara maju di belahan bumi bagian utara, tepat nya di benua Eropa. Karena letak nya yang dekat dengan kutub utara membuat negara ini, memiliki iklim yang dingin.

Selain itu, penduduk nya juga sangat pekerja keras. Mungkin karena iklim yang dingin membuat mereka bekerja keras mendapatkan uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Dengan paspor Finlandia kamu bebas ke 173 negara.

2Swedia

socs.binus.ac.id

Swedia memiliki populasi hanya sedikit di atas 9 juta orang, dengan sebagian besar penduduk bertempat tinggal di bagian selatan negara ini.

Hal ini disebabkan oleh letak geografisnya yang berada di lintang utara dengan suhu tahunan yang lebih dingin di bagian ujung utara Swedia. Paspor Swedia membuat kamu bebas ke 173 negara

Negara ini membanggakan kualitas hidup yang sangat baik dan sering kali mendapatkan skor tinggi dalam penelitian di seluruh dunia yang mengevaluasi kualitas kehidupan dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Negara ini pada umumnya dipandang sebagai suatu tempat yang aman dan ramah sebagai tempat tinggal dan kamu tidak akan menemukan kesulitan untuk berbaur dengan masyarakat lokal.

3Inggris

t0urdunia.blogspot.com

Inggris merupakan salah satu negara Eropa yang cukup terkenal di dunia. Kepopulerannya karena bahasa Inggris digunakan hampir 85 % negara di dunia.

Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Paspor Ingggris akan siap mengantar kamu bebas ke 173 negara

4Denmark

unipage.net

Denmark adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia.

Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial, adalah negara yang mempunyai pendapatan tertinggi di dunia. Dengan paspor Denmark kamu bebas ke 172 negara lainnya.

5Jerman

id.wikipedia.org

Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia.

Dengan luas 357.021 kilometer persegi dan penduduk sekitar 82 juta jiwa. Negara dengan 16 negara bagian ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa, penghubung transportasi barang dan jasa antarnegara sekawasan.

Jerman juga menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia. Dengan paspor Jerman kamu bebas ke 172 negara lainnya.

6Luxemburg

miriadna.com

Luxemburg adalah salah satu negara terkecil di Eropa. Dia berada pada peringkat ke-167 dalam ukurannya dibandingkan negara-negara lainnya.

Negara ini luasnya sekitar 2.586 km². Luxemburg berbatasan dengan provinsi Luxemburg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya sebesar 4.443 km², hampir dua kali luas negara ini.

Perbatasan: Utara: Belgia dan Jerman; Selatan: Perancis; Barat: Belgia; Timur: Jerman. Dengan paspor Luxemburg kamu bebas ke 172 negara lainnya.

7AS

gezmekbitmez.wordpress.com

Amerika Serikat, disingkat dengan AS, atau secara umum dikenal dengan Amerika saja. Amerika Serikat diapit oleh Samudera Pasifik dan Atlantik di sebelah barat dan timur, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, dan Meksiko di sebelah selatan.

Dua negara bagian lainnya, yaitu Alaska dan Hawaii, terletak terpisah dari dataran utama Amerika Serikat. Dengan paspor Amerika kamu bebas ke 172 negara lainnya.

8Belgia

ecotravel.pl

Belgia adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri Uni Eropa dan menjadi ibukota Uni Eropa, serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO.

Belgia meliputi wilayah seluas 30.528 km² dan memiliki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa.

Terletak di antara dua perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin, Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria dan Perancis. 171 negara bisa kamu masuki dengan mudah dengan paspor Belgia.

9Italia

italiainminiatura.com

Italia adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara.

Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan.

Kawasan pesisir negara ini berhadapan dengan Laut Liguria, Laut Tirenia, Laut Ionia, dan Laut Adriatik yang kesemuanya berhubungan langsung dengan Laut Tengah. 171 negara bisa kamu masuki dengan mudah dengan paspor Italia.

10Belanda

steppingfootid.wordpress.com

Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia dan kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya.

Sifat liberalnya menjadi sebutan masyarakat internasional. Belanda juga menjadi tempat kedudukan Mahkamah Internasional.

Amsterdam merupakan ibu kota Belanda dan Den Haag pusat administrasi dan kediaman Ratu Belanda. 171 negara bisa kamu masuki dengan mudah dengan paspor Belanda.

SHARE