Banggakanlah pasukan kemiliteran yang ada di Indonesia ini. Jangan pernah lagi memandang sebelah mata pada mereka. Indonesia tak kalah dengan Amerika yang militernya selalu diekspos dan dielu-elukan di berbagai negara

Kali ini, dunia sudah melihat kehebatan yang dimiliki Indonesia dari para pasukan elit dengan kualifikasi terbaik. Melewati perekrutan yang sangat berat dan proses panjang, alhasil, jadilah para punggawa pasukan elit Indonesia begitu luar biasa.

Secara perlahan, Indonesia sendiri mulai menyusul para pasukan elit dari belahan dunia lain yang dinilai begitu kuat dan hebat. Dengan terlahirnya pasukan elit yang secara kualifikasi dan kemampuan benar-benar mematikan, Indonesia pasti bisa jaya.

Bahkan, salah satu pasukan elit yang dibanggakan Indonesia, diminta secara langsung untuk mengajar di bidang kemiliteran negara lain. Dan, berikut ini adalah beberapa pasukan elit yang sepak-terjangnya sudah diakui di berbagai belahan dunia.

1Yontaifib

jendralari.blogspot.com

Jika kamu berminat untuk masuk menjadi anggota dari Yontaifib, bersiaplah untuk menerima ujian yang sangat berat. Di awal penerimaan anggota, Yontaifib mengikat tangan dan kaki semua siswanya dan diminta untuk berenang sejauh 3 kilometer.

Bukan hanya latihan itu saja, masih banyak latihan lain yang harus dilalui para siswa Yontaifib untuk bisa bergabung dalam pasukan elit bentukan Korps Marinir ini. Bahkan, para siswa akan mendapat latihan khusus yang mempertaruhkan nyawanya sendiri.

www.hartanews.web.id
www.hartanews.web.id

Yontaifib atau Batalyon Intai Amfibi ini memiliki tugas di bidang kelautan. Mereka akan ditugaskan untuk melakukan operasi selam tempur, sabotase, infiltrasi, dan demolisi bawah air hingga pengintaian.

2Detasemen Jala Mangkara

999-logo.blogspot.com

Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka adalah anggota terbaik hasil dari pengerucutan Yontaifib yang merupakan kesatuan spesial di Korps Marinir. Denjaka memiliki beberapa tugas penting untuk para anggotanya.

Mereka harus melakukan sabotase, anti pembajakan hingga intelijen. Walaupun dibentuk oleh Korps Marinir, Denjaka pun bisa melakukan tugas darat serta udara. Jadi, Denjaka ini memang terdiri dari orang-orang hebat pilihan Indonesia.

blj.co.id
blj.co.id

Bahkan, Denjaka pernah membuat pasukan elit Amerika, yakni US Navy terkagum-kagum saat melakukan latihan gabungan. Pasalnya, Denjaka melakukan latihan “gila” saat bersama korps kelautan Amerika.

3Tontaipur

www.kaskus.co.id

Satu lagi pasukan berkualifikasi khusus yang dimiliki Indonesia., pasukan elit ini bernama Tontaipur atau Peleton Intai Tempur dari Kostrad. Anggota dari Tontaipur ini diperkirakan tidaklah banyak. Pasti seleksi dalam perekrutan anggotanya sangat susah.

Anggota Tontaipur dapat dikatakan memiliki keahlian spesial dan lengkap. Bukan hanya berkemampuan tri marta, anggota Tontaipur pun dibekali dengan cara melakukan aksi intelijen dan sabotase.

Pemrakarasa terbentuknya Tontaipur adalah Letnan Jendral TNI Ryamizard yang berkeinginan untuk membentuk pasukan khusus dengan kemampuan luar biasa walau jumlahnya sedikit.

4Gultor

Gultor, satuan yang dibentuk oleh Kopassus sejak tahun 1982. Awal pembentukannya guna merespon pembajakan pesawat yang sering terjadi di tahun 80-an.

Dua orang perwira TNI AD yang membentuk Gultor dulunya belajar dengan GSG-9 yang merupakan pasukan elit Jerman. Kamu mungkin tak akan pernah tahu siapa anggota yang tergabung dalam Gultor.

www.beritasatu.com
www.beritasatu.com

Karena informasi dari para pasukan elit di Satuan Penanggulangan Teror di Indonesia benar-benar dirahasiakan. Identitasnya saja tak tahu apalagi dengan senjata dan misi yang akan dijalankan.

Pastinya, semua orang yang tergabung dalam Gultor ini merupakan orang-orang berkualifikasi tinggi dan tahan banting. Selain itu, pasukan Gultor sendiri nilai sebagai pasukan elit yang paling berprogres di dunia.

5Denbravo

www.yes24.co.id

Tak ingin tertinggal dari Denjaka, maka TNI AU pun membentuk Denbravo. TNI AU menyeleksi dengan ketat anggota Paskhas hingga akhirnya masuk menjadi punggawa Denbravo. Pasukan khusus ini adalah pasukan elit termuda di Indonesia.

Pasukan yang terfokus di sektor udara ini telah memiliki kemampuan yang tak kalah hebatnya. Misi utama yang harus mereka jalankan diantara lain melakukan sabotase instalasi udara musuh hingga intelijen.

Ketangguhan Denbravo pun didukung dengan semua sarana yang diberikan oleh TNI AU, seperti mobil-mobil taktis sampai pesawat tempur.