Anak adalah anugerah terbesar dalam kehidupan pernikahan. Sebagai orang tua yang dikaruniai anak, pasti selalu memerhatikan perkembangan anak, mulai dari bayi hingga dewasa.

Saat baru dilahirkan, bayi mengalami perkembangan yang luar biasa dari Sang Pencipta. Dan saat memasuki usia 3 bulan, bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bayi mulai belajar banyak hal dari lingkungannya. Termasuk pula, ia belajar mengenali wajah dan suara orang tuanya.

Mereka juga selalu ingin tahu akan benda-benda di sekeliling yang menarik perhatiannya. Berikut ini beberapa ulasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi di usia tiga bulan. Namun demikian, perlu dicermati bahwa perkembangan setiap berbeda-beda ya Mom!

1Menangis Kencang

superbvitamin.blogspot.com

Setelah dilahirkan hingga usia tiga bulan, selain menyusui, bayi kerap menangis. Kalau bayi menangis kencang seolah menjerit, itu menandakan ia kelaparan.

Sedangkan tangisan yang pendek-pendek seperti sedang merengek, merupakan isyarat bahwa popoknya perlu diganti. Perlahan, bayi pun akan mengeluarkan berbagai suara lucu, seperti bergumam dan mendesah.

2Melakukan Gerak Reflek

hack87.blogspot.com

Bayi ingin tahu lingkungan sekitar dengan melakukan gerakan-gerakan lucu. Mulai dari gerakan menggenggam benda, menggerakkan jari, melambaikan tangan dan lain sebagainya

3Fase Oral

solusisehatku.com

Di masa pertumbuhan usia ini mulut bayi adalah indra yang paling dominan. Makanya jangan heran jika bayi sering memasukkan apa saja ke dalam mulutnya.

Di mulai dari memasukkan tangannya sendiri hingga mainan dan benda lainnya ke dalam mulut.

Hal ini sangat wajar dilakukan bayi, bahkan saat usianya menginjak 2 tahun. Namun, tentu saja Mom harus tetap waspada akan kebiasaannya itu.

Jauhi dari benda-benda yang membahayakan dan mengandung banyak kuman. Berikan bayi teether atau rattle untuk digigit dengan aman.

4Suka Mengeluarkan Suara

ketututik.wordpress.com

Di fase ini, ia sangat senang mengeluarkan suara-suara yang tidak jelas seperti menggumam dan berteriak. Bayi seolah mengajak orang di sekitarnya untuk berbicara.

Ia juga senang mendengarkan suara ayah ibunya, juga jenis suara lainnya. Cobalah untuk membeli mainan yang dapat berbunyi namun aman digunakan. Tingkah lakunya pasti akan sangat menggemaskan.

5Mengangkat Kepalanya Sendiri

gigisusu.net

Memasuki usia 3 bulan, pada umumnya bayi bisa mengangkat kepalanya sendiri dengan posisi tegak saat ia tengkurap. Namun, tidak semua bayi mengalami perkembangan serupa, bahkan ada yang baru bisa menegakkan kepalanya di usia 4-5 bulan.

Untuk melatih otot-otot lehernya, letakkan bayi dalam posisi tengkurap dan rangsang dia untuk mengangkat kepalanya.

Berikan bayi mainan kesukaannya atau apapun yang menarik perhatiannya. Lalu, coba  gerakkan mainan tersebut ke kanan dan ke kiri di depan matanya. Hal ini dilakukan agar anak terlatih untuk melihat lingkungannya.

6Memerhatikan Wajah Orang-orang Terdekatnya

perelngkapanbayibarulahir69.blogspot.com

Di fase ini, ia sangat penasaran dengan wajah orang-orang terdekatnya. Maka, ia mulai mengenali wajah dan bau Ibunya.

Maka, kerap kali kita lihat bayi menolak digendong orang lain yang tidak dikenalnya. Selain itu, dekatnya emosional bayi dan ibu menimbulkan rasa aman dan nyaman buat bayi.

Suara ibu sangat menenangkannya. Sementara suara keras dan benda jatuh membuat bayi terkejut dan menangis.

7Menjulurkan Lidah

gigisusu.net

Kebiasaan ini sangat wajar dilakukan bayi di usia 3 bulan. Bahkan, selain menjulurkan lidah dan membuat gelembung dengan air ludahnya, bayi kerap ‘ngeces’.

8Menyukai Warna Terang

bayiku.info

Bayi menyukai warna warna yang menarik matanya. Berikan mainan berwarna-warni dan bergemerincing agar dapat merangsang kepala bayi bergerak mengikuti benda,  dan melatih kemampuan motorik dan  spasialnya.

Reaksi bayi di awal usianya memang masih lambat. Beri bayi waktu sekitar 2 detik untuk merespon.

9Tidur Lebih Lama

macampenyakit.com

Di awal bulan, mungkin ibu baru merasa kesulitan dengan jam tidur bayi yang terbalik. Tidur di siang hari dan melek di malam hari.

Namun, jika sudah usia 3 bulan, bayi akan tidur lebih lama dalam satu wakyu antara 6-7 jam. Hal ini dikarenakan sistem saraf dan lambungnya sudah semakin sempurna.

Bayi sudah bisa menerima banyak susu. Jadwal tidur siang pun agak teratur, mulai dari 1,5 jam hingga 2 jam dalam sehari.

Meski demikian, terkadang bayi akan terjaga beberapa saat dan tertidur kembali. Jika bayi Mom bangun tengah malam, biarkan dulu selama 30 detik sebelum nenanganinya agar ia belajar tidur kembali sendiri. Namun, jika tidak berhenti menangis, bisa jadi ia lapar atau popoknya basah.