Setiap orang pasti punya mimpi. Sekecil apapun mimpi itu pasti akan ada sebuah tahapan yang harus dilalui. Proses meraihnya pun terbilang panjand dan terjal. Bagi kamu yang masih mahasiswa, tidak ada salahnya mulai merintis satu demi satu sejak kuliah.

Namun, tidak semua mahasiswa bisa menjalani dua profesi yang berbeda. Biasanya hanya mahasiswa multitasking yang mampu menjadi mahasiswa sekaligus pekerja. Baik pendidikan maupun pekerjaan, merupakan dua hal penting yang harus kamu utamakan.

Di sanalah letak tantangannya. Satu sisi dari kamu adalah mahasiswa yang dikejar deadline tugas seabrek. Tapi, di sisi lain, kamu juga butuh merintis karier sejak dini. Tuntutannya, kamu harus bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kuliah.

Tenang saja guys, pekerjaan yang kamu lakoni tidak harus pekerjaan full time. Banyak kok pekerjaan freelance di luar sana. Bahkan mereka dengan senang hati menerima mahasiswa, asalkan kamu bisa professional dan membagi waktu.

Inilah 6 pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu jalani selama kuliah. Dijamin tidak akan mengganggu kuliah kamu, apabila kamu dapat membagi waktu dengan baik dan bersikap profesional.

1Menjadi Pramuniaga

ericmnaris.wordpress.com

Dekat kawasan kampus pasti ada toko, swalayan atau mal. Nah, kamu bisa mencoba melamar sebagai pramuniaga di sana. Biasanya, kalau masih mahasiswa, kamu akan diberikan jadwal paruh waktu.

Kamu bebas menentukan kapan waktunya kamu bisa berangkat kerja. Mereka (pemilik toko) pasti sudah menyiapkan jadwal khusus untuk yang masih mahasiswa.

2Bekerja di Restoran Atau Rumah Makan

panduanwisata.id

Rumah makan merupakan salah satu tempat yang menjamur di kawasan kampus. Bekerja di sana sebagai waiter atau waitress adalah pilihan tepat. Selain jadwal bekerja yang diberikan fleksibel, kamu juga tetap mendapatkan selembar rupiah.

3Menjadi Staf Freelance di Kampus

upnjatim.ac.id

Pihak kampus biasanya menyaring pekerja paruh waktu menjelang penerimaan mahasiswa baru. Mereka membutuhkan banyak tenaga untuk administrasi dan menangani mahasiswa. Kamu sebagai mahasiswa senior, bisa mendaftarkan diri.

Lumayan lho, karena mereka juga pasti memberikan bayaran yang pas untuk kamu. Yah, hitung-hitung untuk membayar uang semesteran kamu.

4Jadi Penulis Lepas

salmanoreen.com

Kamu yang punya bakat menulis sangat beruntung. Pasalnya, pekerjaan menulis ini tidak ada matinya. Butuh kreativitas yang lebih, lebih dan lebih lagi.

Manfaatkan kemampuanmu ini untuk menghasilkan sekantung rupiah. Cobalah mendaftar ke media massa atau media online kekinian. Sekarang sudah zaman canggih. Kebanyakan media massa memilih jalur online untuk mempublikasikan karyanya.

Cara mendapatkan pekerjaan paruh waktu menjadi penulis gampang sekali. Misalnya, bergabung dengan kaskus, sribulancer, freelancer dan masih banyak lagi. Setiap harinya, pasti ada perusahaan yang membutuhkan penulis lepas.

5Bekerja Sebagai Guru Privat

juara-kelas.com

Inilah pekerjaan yang paling sering digeluti mahasiswa, terutama yang hidup di kota besar. Tidak ada salahnya jika kamu mengasah kemampuan akademikmu dengan menjadi guru privat SD, SMP atau SMA.

Kalau mampu mencari murid sendiri, cobalah cari sendiri. Namun, apabila tidak sanggup mencari sendiri, bergabunglah dengan lembaga bimbingan belajar. Selain kamu bisa menebarkan ilmu, kamu juga bisa mendapatkan uang saku tambahan.

6Jadi Proofreader

communitytableparade.com

Pekerjaan sebagai Proofreader biasa dilakoni mahasiswa jurusan sastra Indonesia, jurnalistik atau pendidikan Bahasa Indonesia. Mengapa? Karena tugas Proofreader yakni mengoreksi EYD, kesesuaian kalimat, kata dan lain-lain.

Tapi, kamu yang dari jurusan lain pun bisa kok mengerjakan tugas Proofreader, asalkan punya kecerdasan linguistik di atas rata-rata. Misalnya, kamu adalah penulis artikel yang sudah malang melintang, bisa juga menjajal profesi Proofreader.

Soal deadline atau waktu pengerjaan, tenang saja. Pihak pemberi job pasti memaklumi jadwal kuliah kamu asalkan kamu tetap bertanggung jawab pada tugas.