Terlena dengan gaji bulanan mungkin akan membuat kamu merasa nyaman, karena kamu sudah tidak perlu khawatir akan pemasukan yang selalu siap mengisi dompetmu di awal bulan. Namun ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Kamu harus berangkat pagi hari dan mungkin sering pulang sore hari. Berangkat dalam kondisi mengantuk dan pulang dalam kondisi lelah. Hal ini membuat kamu tidak tertarik dengan pekerjaan sampingan, padahal potensi keuangannya lebih menggiurkan.

Diusia muda saja kamu sudah harus menghabiskan 8 jam setiap harinya didalam ruangan. Bisa dibilang kantor, tetapi tetap saja kamu terjebak dalam sebuah ruang. Hehe.

Jangan jadikan profesi karyawan dan gaji bulanan membuatmu merasa cukup. Ini 8 pekerjaan sampingan yang bisa dicoba demi menambah pundi-pundi tabungan.

1Freelance Writer atau Menggarap Desain Online

www.linkedin.com

Pekerjaan ini memang ngga membutuhkan banyak modal, asal kamu memiliki alat alias laptop dan kemampuan dalam menulis ataupun desain kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Di jaman yang serba online sekarang ini, berbagai media online pun juga makin menjamur keberadaannya. Mereka berlomba-lomba mencetak banyak artikel demi bisa mendapatkan keuntungan dari Google.

Nah! Jadikan kemajuan zaman sebagai peluang untuk menghasilkan uang. Karena pekerjaan ini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak menuntut banyak hal juga lho.

2Membangun Blog Pribadi

humjesa.com

Selain menjadi ghost writer atau penulis lepas, sebenarnya kamu juga bisa menjadi penulis untuk blog pribadimu. Memang jenis usaha yang satu ini memiliki ketekunan dan berjangka panjang. Namun, apabila berhasil keuntungan yang kamu dapatkan juga cukup fantastis.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu rutin menulis di blog pribadimu. Dan akan lebih asyik lagi jika blog mu memiliki sasaran pembaca yang jelas.

Apabila blogmu makin memiliki banyak pengunjung kamu bisa mengubahnya menjadi website. Cukup membeli domain dan hosting dengan harga kisaran di bawah 1 juta untuk tiap tahunnya.

Jika pengunjung websitemu makin banyak, bukan tak mungkin Google justru akan beriklan di tempatmu dan kamu akan mendapatkan pemasukan tambahan yang justru lebih besar dari gajimu tiap bulan. Menarik kan?

3Berjualan Secara Online

www.flumotion.com

Berdagang secara online tentu berbeda dengan berdagang secara langsung. Kamu ngga perlu banyak mengeluarkan suara demi menawarkan barang daganganmu. Cukup dengan memposting gambar barang dagangan serta memberikan sedikit info terkait harga ataupun kualitas dagangan saja.

Kamu bisa menjadi reseller maupun dropshipper tanpa perlu keluar uang sepeserpun.Jangan takut kamu tak memiliki waktu tambahan untuk mengelola bisnis sampingan ini.Apabila berdisiplin pada diri sendiri, kamu pasti bisa kok mengelola online shop milikmu.

4Berjualan Camilan Sehat di Kantor Sendiri

dekeik.wordpress.com

Biasanya pekerja kantoran cenderung malas untuk keluar kantor sekedar membeli camilan atau makanan sejenis.

Tak perlu malu untuk mulai merintis bisnis kuliner sehat milikmu sendiri. Kamu bisa mulai dari camilan ringan dan jus buah yang bisa dijajakan di kantor. Misalnya saja kudapan sehat berupa salad buah, salad sayur, hingga jus buah sehat yang berasal dari buah-buahan segar.

Nah, untuk mempersiapkan camilan yang akan kamu jual, kamu bisa mempersiapkannya dipagi hari setelah sholat tahajud. Hehehe.

Jadi kesegaran makanan yang akan kamu jual tetap terjaga dan tidak basi.

5Menjadikan Hobi Sebagai Sarana Penunjang Ekonomi

crochet-amigurumi.blogspot.com

Tidak sedikit lho orang yang berawal dari hobi ternyata mampu menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Cari tahu hobi serta bakat terpendam yang kamu miliki dan jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan uang tambahan. Mulai dari hobi memasak, menggambar, menjahit, hingga membuat ketrampilan tertentu.

Nah hasil dari keterampilanmu tadi bisa kamu pasarkan di kantor ataupun di komplek perumahan. So, jangan malu untuk mencoba ya guys. Siapa tahu setelah pekerjaan sampingan ini membuat kamu nyaman dan untung besar, kamu akan dengan suka rela meninggalkan kantor. Hehe.