Kamu tahu pelagi bukan? Tetapi apa kamu pernah tahu bagaimana sebenarnya pelangi terbentuk? Pelangi adalah sebuah fenomena alam yang sangat indah. Lazimnya, ia akan muncul setelah gerimis atau hujan reda.

Pelangi merupakan hasil refleksi, refraksi, dan dispersi cahaya pada banyak sebaran bekas air hujan di langit (water droplets). Hasilnya adalah spektrum warna dari cahaya putih yang memancarkan berbagai warna tampak.

Kamu umumnya telah dikenalkan bahwa warna pelangi adalah merah, jingga (oranye), kuning, hijau, biru, nila (ungu tua / indigo), ungu (ungu muda / violet). Namun, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa pelangi yang langka dan bahkan terekam lewat kamera?

Nah, beberapa ini adalah foto-foto yang sempat merekam berbagai penampakan langka dan indah dari pelangi di beberapa tempat.

1Moonbow

boredpanda.com

Sebuah pemandangan sangat langka yang tampak di malam hari. Kamu akan aneh mendengarnya dengan istilah moonbow dan bukannya rainbow. Tetapi memang begitulah adanya.

Foto ini diambil oleh Vidir Bjornsson di sebuah kota kecil bernama Stykkisholmur, Islandia. Pada hari minggu yang tenang menjelang malam, hujan yang lebat turun dan Vidir bahkan seolah tidak percaya dengan apa yang ia lihat.

Ia segera menghentikan laju mobilnya dan mengambil foto yang sangat indah ini. Pengalaman yang mungkin tidak akan kamu dapatkan bukan? Sebuah pelangi di malam hari, moonbow.

Tercipta dengan cahaya bulan yang lembut, cahaya bulan yang menentramkan.

2Quadruple Rainbow

news.nationalgeographic.com

Seorang wanita yang tinggal di Long Island, New York, bernama Amanda Curtis sangat beruntung dapat menyaksikan pelangi tingkat empat ini dengan mata kepalanya sendiri.

Seorang peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) bernama Paul Neiman mengatakan bahwa peristiwa seperti ini terjadi  karena banyak cahaya matahari yang terdispersi oleh air hujan pada tempat yang berbeda dan berdekatan.

Sungguh sebuah keberuntungan yang tidak akan terulang, dialami oleh Amanda, menyaksikan quadruple rainbow yang menakjubkan dalam sekali pandangan.

3Lightning and Rainbow

boredpanda.com

Tujuh tahun telah dihabiskan oleh Greg McCown untuk memburu foto sambaran petir dan kenampakan pelangi dalam satu gambar yang indah. Dan inilah hasil dari perburuan oleh lelaki berusia 42 tahun tersebut.

Pria yang bekerja sebagai sales ini mengambil gambar ini saat menuju Arizona, Amerika Serikat untuk bekerja. Hany adengan kamera DSLR standar dan dengan alat tambahan yang disebut lightning trigger.

Ia dapat memotret pelangi dan petir dengan sukses. Lightning trigger ini memiliki sensor yang bereaksi dengan petir dan akan otomatis mengambil gambar jika muncul petir di sekitar area yang di tuju lensa kamera.

Bagaimana menurutmu? Kamu tertarik untuk menyempurnakan kameramu dengan lightning trigger?

4Fire Rainbow

boredpanda.com

Para penduduk Isle of Palm, South Carolina, digegerkan oleh kenampakan pelangi dengan bentuk yang sangat menakjubkan. Dengan segera istilah fire rainbow muncul untuk mendeskripsikan pelangi ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Tiga foto yang diambil oleh Jacki Hill, ginknosabe dan sseaburd, menunjukkan dengan jelas bagaimana fire rainbow muncul di langit. Bahkan kemunculannya cukup lama hingga banyak sekali foto dari beberapa tempat berbeda menampakkan pelangi yang sangat langka ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Justin Lock seorang peneliti meteorologi mengatakan bahwa munculnya fenomena ini dapat disebabkan karena cahaya matahari yang masuk pada kristal es di atas awan dengan sudut yang sangat tepat, sudut minimal 58 derajat di atas horizon.

Kamu bisa membayangkannya? Yah, setidaknya beberapa foto yang langka dan indah di atas dapat membuatmu terinspirasi untuk menjadi pemburu, rainbow hunter. Kamu bisa bagikan keindahan foto hasil karyamu ke orang-orang terdekat kamu.

Selamat berburu!

SHARE