Yup, ketika tiba masa pensiun, sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai PNS pasti akan cepat merasa jenuh di rumah jika tidak mampu menyiasati kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Secara biasanya pagi-pagi berangkat kerja, ketemu teman dan lain-lain, sekarang harus di rumah saja.

Jangan sampai hanya bersantai saja di rumah tanpa berbuat apapun. Percayakah bahwa meskipun tidak lagi bekerja kantoran, tidak lagi dinas harian tetap bisa menghasilkan uang?

Barangkali sebagian dari mereka yang sudah dalam masa pensiun akan memiliki sebuah kegiatan yang tentunya juga akan dapat memberikan keuntungan.

Sebuah usaha yang akan dijalankan tersebut pada awalnya memang merupakan sebuah usaha sampingan.

Namun tidak menutup kemungkinan jika setelah mereka pensiun, usaha tersebut akan menjadi sebuah usaha utama dan justru penghasilannya melebihi penghasilan ketika menjadi pegawai negeri.

1Reseller Barang

travelwithiona.blogspot.com

Yup, jadi reseller atau penjual lagi adalah salah satu pilihan bagus.Ini merupakan salah satu ide usaha yang dapat dijalankan ketika saat pensiun adalah menjadi reseller barang-barang untuk dijual lagi. Cara ini cukup mudah. Kamu tinggal mencari penjual barang, misalnya penjual tas atau pakaian, membuat janji dengannya untuk bertemu dan mengambil barang jualan.

Kemudian kita tinggal mencari konsumen baru untuk menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan penjual pertama.

Kamu bisa menjual barang-barang yang tentunya awet dan tahan lama seperti pakaian, alat-alat elektronik, alat-alat olahraga, alat masak dan lain sebagainya, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menjual barang yang tidak tahan lama lho, seperti makanan, kamu tetap bisa menjualnya hanya saja kalau reseller makanan kamu harus punya modal minimal kulkas untuk menyimpan agar awet selama beberapa hari.

Untuk reseller lebih bagusnya memang barang yang tahan lama dan kalau kamu tipe orang yang gak rajin lebih baik hindari menjual barang yang tidak awet.

Usaha ini mempunyai banyak kemudahan yaitu tidak perlu modal besar, hanya modal marketing saja, hampir tidak ada ruginya karena tidak kulakan barang, bisa menawarkan pada siapapun dan dimanapun tanpa harus membawa barang terlebih dahulu.

Keuntungan selanjutnya, tentu ya kamu bisa nyari atau menjalankan usaha lain selagi jadi reseller, so, memang reseller recomended buat siapapun.

2Franchise (Waralaba)

onairnews.gr

Pilihan berikutnya, usaha yang bisa dijalankan saat pensiun adalah usaha warabala. Sebuah usaha yang dijalankan sengan sistem waralaba dapat dikatakan menjadi sebuah pilihan usaha sampingan yang tepat untuk PNS. Apalagi bagi para orang tua yang sudah pensiun, karena sistem kerja ini tidak memakan banyak waktu.

Selain dapat di awali dengan modal yang terlalu besar, jenis usaha tersebut tidak mengharuskan kita menjalankan usaha tersebut setiap saat.

Karena biasanya sistem usaha tersebut sudah menggunakan seorang pegawai yang akan menjalankan usaha tersebut, sedangkan kita hanya tinggal mengontrol dan memanajaemen usaha tersebut.

Usaha ini lebih condong ke arah makanan cepat saji, seperti minuman coklat, burger, pizza, es teh segar dan lain sebagainya, jarang sekali bahkan tidak ada usaha waralaba yang menjual barang-barang awet atau tahan lama.

Di jaman sekarang usaha seperti ini banyak digemari oleh mereka yang mempunyai modal, karena selain menguntungkan, mereka tidak perlu kerja keras serta tidak hanya 1 atau 2 saja, tapi bisa sampai 5 usaha, tergantung kekuatan modal.

Jika semakin mempunyai banyak modal tentu keuntungan juga semakin banyak dan tidak perlu khawatir, karena jika tidak untung alat usaha bisa dijual lagi dengan harga yang tidak terlalu jauh dari pembelian awal.

3Budidaya Tanaman

greenrotation.wordpress.com

Jika memiliki hobi berkebun, tidak ada salahnya mengubah hobi menjadi sesuatu yang menguntungkan. Berkebun merupakan usaha yang bisa dilakukan setiap saat, tidak setiap hari, bisa dilakukan saat pagi hari atau sore hari, sesuai waktu yang bisa kita lakukan..

Waktu akhir pekan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk merawat tanaman. Bisa mulai menanam tanaman hias, seperti tanaman bunga atau tanaman obat seperti, untuk kemudian dijual kepada kolektor tanaman hias atau pembuat obat-obatan herbal.

Untuk penjualan tidak hanya pada kolektor saja lho, tapi juga bisa kepada orang umum. Tapi memang usaha ini cukup membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Yang paling utama adalah modal tempat, jika tidak punya tempat tentu harus beli tanah atau menyewa, kalau sudah punya tempat tinggal beli bibit, pot, pupuk dan lain sebagainya.

Tentu kalau punya hobi berkebun akan sangat cocok tapi jika tidak hobi atau murni usaha harus benar-benar serius dalam pengerjaan, jika sudah pensiun memang tidak punya waktu dinas dan itu bisa jadi modal utama dalam berkebun.

Usaha ini memang bisa dikerjakan sendiri tapi sebelum mengerjakan sendiri harus tahu dulu cara budidaya yang baik, karena jika tidak punya ilmunya sama saja akan buang-buang uang, secara budidaya tanaman hias atau tanaman obat itu akan dibeli ketika kualitas benar-benar bagus.

4Usaha Budidaya Ternak (Peternakan)

exsperimenku.blogspot.com

Selain tanaman, ternak juga bisa menjadi alternatif pilihan bisnis sampingan. Bisnis ini bisa dijalankan dengan membeli anak ayam atau bebek beserta induknya lalu kemudian dijual saat sudah dewasa, atau menjual telurnya saja. Selain ayam kamu juga bisa berternak bebek, dimana bebek ini lebih mudah cara peternakannya.

Perawatan ternak bisa dilakukan saat sore hari atau di akhir pekan. Jika terlalu merepotkan, bisa juga menggunakan jasa orang lain untuk merawatnya saat ternak sudah berkembang biak cukup banyak.

Modal untuk usaha ternak ini tidak banyak, cukup membeli kandang atau membuat kandang sendiri di belakang rumah untuk berternak ayam atau bebek yang tidak banyak jumlahnya.

Jika mempunyai modal yang cukup besar dan dirasa cukup untuk ternak lebih banyak, maka usahanya lebih condong pada ayam petelur, yang dimana setiap hari bertelur.

5Usaha Ayam Petelur

jurnalasia.com

Salah satu usaha yang juga cocok bagi para pensiunan adalah usaha ayam petelur. Prinsipnya agak beda dengan ternak ayam, untuk ayam.

Tapi untuk usaha ayam petelur ini modalnya besar, tidak bisa g dilakukan sendiri, paling tidak butuh bantuan orang lain atau juga bisa mencari karyawan minimal 2 orang.

Modal yang jelas harus dikeluarkan adalah untuk kandang yang besar, pakan ayam yang banyak dan tentunya membeli ayam petelur.

Usaha ini cukup menjanjikan keuntungan, karena setiap hari ayam bertelur, setiap hari bisa kirim dan jual telur pastinya mendapatkan uang hasil penjualan.

Banyak orang yang sukses dengan usaha ayam petelur ini, tapi tidak memungkiri bahwa usaha unggas memang rawan dengan penyakit atau virus, seperti di jaman sekarang yang sering kali unggas terkena virus flu burung yang membuat semua unggas mati mendadak.

6Membuka Toko Keperluan Sehari-hari (Kelontong)

setyawangunarto.blogspot.com

Usaha selanjutnya yang cocok bagi para pensiunan adalah membuat toko kelontong. Dimana usaha ini usaha yang tidak berat, mudah dan bisa dijalankan sendiri.

Hanya dengan menunggu di rumah sambil usaha reseller bisa banget dilakukan, apalgi kalau dibantu oleh suami atau istri untuk menjaga, tentu usaha lain bisa dijalankan.

Usaha ini memang butuh modal yang cukup lumayan, selain untuk tempat barang dagangan, juga untuk membeli barang dagangan, tapi bukan berarti harus besar, bisa kok dengan modal pas-pasan, istilahnya dimulai dari kecil-kecilan dulu yang penting jalan dan mampu memanajemen dengan baik.

Kendala usaha ini hanya 1 yaitu jika manejemen uang buruk maka usaha akan cepat selesai, banyak orang yang gulung tikar usaha toko kelontong karena tidak mampu mamenejemen uang, uang yang seharusnya untuk kulakan barang agar toko berkembang justru digunakan untuk kebutuhan sendiri.

Untuk itu usaha ini memang perlu pemisahan catatan keuangan, untuk keuangan kebutuhan sendiri harus berbeda dengan kebutuhan toko, uang untuk kulakan tidak boleh digunakan untuk kebutuhan sendiri, begitu pula uang kebutuhan sendiri juga jangan digunakan untuk toko.

Toko kelontong merupakan usaha yang prospek ke depannya lumayan, dengan menjual kebutuhan sehari-hari, tentu akan cepat laku dan cepat dibeli, karena namanya kebutuhan orang siapa yang tahu, serta dengan menjual kebutuhan yang awet dan tahan lama, membuat orang lebih tertarik untuk datang beli di toko kelontong karena lengkap barangnya sehingga orang mudah mendapatkan barang atau sesuatu yang diinginkan.

7Bertani

gapoktansariarum.wordpress.com

Seorang pensiunan pada umumnya kembali kepada hidup yang sederhana seperti sewaktu masa kecil. Banyak contoh masa pensiunan dijalani di rumah di desa atau kampung halaman.

Nah, jawaban untuk pekerjaan yang cocok dijalankan di kampung adalah bertani. Banyak sekali macam usaha pertanian. Di antaranya adalah mengelola sawah atau lahan padi, bertani buah-buahan, bertani sayuran, dan semacamnya.

Tentunya lahan garapan bisa dijadikan sebuah investasi untuk anak cucu. Selain itu, para pensiunan tidak harus bekerja sendirian. Orang desa bisa diminta bantuan untuk mengurus ladang. Dengan demikian, malah bisa menghidupkan ekonomi masyarakat.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa usia tua sudah usia kehilangan tenaga, jika dirasa usaha ini berat dikerjakan sendiri, bisa cari orang untuk mengerjakannya.

Keuntungan usaha pertanian adalah usaha yang tidak ada matinya, kebutuhan akan pangan tidak bisa dilepaskan bagi manusia umumnya, apalagi ketika pangan sulit, maka harga hasil sawah cukup menggiurkan jika dijual.

8Properti

resellerrumah.com

Usaha selanjutnya yang dapat dilakukan bagi para pensiuanan adalah bisnis properti. Bisnis properti adalah bisnis besar. Salah satu bisnis properti untuk dijalankan di masa pensiunan adalah investasi tanah. Jika memiliki sebidang tanah atau bangunan, bisa dimanfaatkan untuk investasi.

Harga tanah tidak pernah turun, semakin lama semakin naik dan orang yang butuh tanah semakin banyak, dapat dilihat sekarang, bangunan semakin banyak, baik untuk tempat tinggal maupun mereka yang ingin usaha.

Investasi tanah paling berpotensi tinggi adalah tanah yang dekat dengan jalan raya atau jalan besar, dimana tanah disitu makin lama makin tinggi, harganya fantastis.

Jika punya modal banyak segera beli tanah di dekat jalan raya, kalau modalnya besar bisa didirikan bangunan untuk disewakan, kalau tidak dibiarkan saja atau disewakan pada pengusaha besar. Tentu itu akan dapat menambah pemasukan bagi para pensiunan.

9Persewaan

softwarerental.wordpress.com

Bisnis persewaan adalah bisnis yang menguntungkan. Tanpa harus kehilangan benda, kita tetap bisa mendapatkan penghasilan.

Jika memiliki sesuatu yang tidak terpakai secara rutin yang bisa digunakan tidak ada salahnya untuk menyewakannya. Sebagai contoh seperti sepeda motor dan mobil, dan lain sebagainya.

Tapi usaha ini harus benar-benar dipercayakan atau hanya untuk orang-orang yang bisa dipercaya, orang yang kita tahu dimana tinggalnya, keseharian dan bagaimana pekerjaannya, karena jika di sewakan pada orang asing yang tidak kita ketahui sama sekali siapa dan bagaimana akan beresiko tinggi, bisa saja mobil dibawa kabur atau dijual.

Untuk itu usaha ini harus benar-benar hati-hati dan waspada.

10Persewaan Game

playstationlifestyle.net

Usaha berikutnya yang tidak kalah menarik bagi pensiunan adalah usaha sewa game, biasanya di lingkungan kota atau mungkin semi kota banyak anak muda yang suka nge game, nah ini merupakan salah satu peluan usaha dengan sewa game.

Biasanya yang bisa disewakan adalah game play station, game ini cukup banyak digemari oleh para anak muda.

Modal usaha ini tidak besar, cukup membeli 4-5 game play station, sudah bisa jalan.

Memang tidak besar penghasilan dari jasa sewa game ini, tapi peluang cukup besar dan lumayan untuk menambah penghasilan ketika sudah tidak bekerja dinas lagi.

11Usaha Warnet

jefrihilda.my.id

Usaha berikutnya yang prospek bagi para pensiunan adalah usaha warnet, dimana internet sudah menjadi bagian kebutuhan para anak sekolah di jaman sekarang.

Mereka biasanya banyak mencari tugas sekolah lewat internet, mencari hiburan nongkrong di warnet dan lain sebagainya, apalagi mereka yang dirumah tidak punya komputer sendiri, tidak ada koneksi internet dan tidak punya printer, tentu setiap kali ada tugas selalu lari ke warnet.

Tidak hanya anak sekolah saja lho, para mahasiswa dan para orang tua sekarang juga banyak yang membutuhkan internet.

Modal usaha ini cukup besar, yang terutama harus memiliki ruangan yang atau tempat yang strategis, beli komputer, printer, langganan koneksi dan lain sebagainya.

Usaha bisa dijalankan dengan kita mencari karyawan, tapi bisa juga dijalankan sendiri karena mudah yaitu tinggal menunggu saja.

12Counter atau Jualan Pulsa

ayobisnispulsa.com

Usaha yang cocok untuk pensiunan berikutnya adalah counter pulsa, yup counter pulsa atau jualan pulsa ini cukup menjanjikan keuntungan, secara sekarang pulsa juga sudah merupakan kebutuhan primer bagi banyak orang, terutama bagi orang yang berbisnis, mereka selalu butuh pulsa.

Usaha counter atau jualan pulsa ini modalnya sesuai kondisi keuangan, jika belum punya modal, jualan pulsa lewat handphone pribadi saja di rumah dan pasang plakat atau tulisan “jual pulsa” atau mungkin “sedia pulsa”.

Kalau punya modal besar dan rumah berada di dekat jalan raya berani sekali mendirikan bangunan atau counter dan tidak hanya menyediakan pulsa saja, tapi juga dilengkapi dengan acesoris handphone, perdana dan lain sebagainya.

Usaha ini cukup menjanjika keuntungan dan  juga tidak berat bisa dijalankan sendiri atau mencari karyawan jika ingin usaha mendirikan counter.

13Buka Bimbingan Belajar

oceanedu.co.id

Usaha berikutnya yang cocok bagi para pensiunan khusunya yang dulu menjadi guru adalah membuka bimbingan belajar. Bimbingan belajar ini bisa jadi pekerjaan yang mengasyikkan bagi para guru, juga sebagai obat kerinduan mereka ketika mengajar dulu.

Bimbingan belajar ini tidak banyak mengeluarkan modal, hanya beli papan tulis, spidol, alat tulis lain dan tempat . Khusus tempat bisa dilakukan dirumah sendiri, jika serasa perlu ruangan bisa membuat ruangan sendiri khusus bimbingan.

Usaha ini bisa dilakukan atau dibuka di rumah, dengan memasang plakat misal “ bimbingan intensif belajar untuk anak SD” atau juga bisa “ dibuka les-lesan untuk pelajaran matematika” dan lain sebagainya.

Atau juga bisa dengan promosi ke tetangga-tetangga, promosi lewat sekolah-sekolah secara pribadi.

Tentu ini merupakan peluang usaha yang cukup besar prospek ke depannya, karena saingan dalam bimbingan belajar itu sangat sedikit, banyak memang guru di daerah kita, tapi tidak semuanya mereka suka mengajar atau sudah habis waktunya di sekolah.

Bimbingan belajar ini juga lumayan disukai banyak anak sekolah dan para orang tua, kadang anak itu susah mengerti pelajaran ketika belajar di sekolah, mereka tidak bisa konsentrasi karena ramai, diganggu teman dan lain sebagainya.

Tapi berbeda ketika di les-lesan mereka lebih cepat paham, mereka juga tidak terganggu dan bimbingan secara intens mereka dapat, inilah alasan kenapa les-lesan banyak disukai para pelajar sekolah.

14Kos-Kosan

ilmuproperty.com

Usaha berikutnya yang cocok bagi pensiunan adalah usaha kos-kosan, usaha ini tidak berat, bisa dijalankan sendiri, bahkan bisa disambi dengan usaha lain, seperti toko kelontong.

Usaha kos-kosan hanya membutuhkan modal besar untuk membuat kamar-kamar, kalau modalnya besar berani membuat bangunan sendiri di luar rumah, dengan membuat sendiri di luar rumah, orang yang nge kost akan merasa nyaman.

Tapi ketika belum punya modal besar bisa di rumah yang sebagian disekat atau dibatasi.

Usaha ini cukup bagus prospeknya apalagi usaha kos-kosan dekat sekolah SMA dan kampus, tentu akan sangat laris dengan harga yang bersaing. Dimanapun sekolah SMA atau pun kampus, biasanya selalu ada yang ngekos.

Terutama di kota-kota besar yang terkenal dengan kampusnya, sungguh itu sangat prospektif sekali.

15Penggemukan Sapi Pedaging

carajuki.com

Usaha berikutnya yang dapat dilakukan para pensiunan adalah usaha penggemukan sapi pedaging. Usaha ini bukan usaha yang berat, tapi memang tidak bisa dilakukan sendiri. Kalau sapi berjumlah 1atau 2 saja mungkin bisa tapi jika jumlahnya banyak harus mencari karyawan.

Usaha ini cukup prospektif ke depan, walaupun harga sapi naik turun, tapi jarang sekai turun, harga daging sapi stabil baik eceran maupun grosir.

Teknis usaha penggemukan sapi cukup mudah, beli sapi yang anakan, trus di rawat hingga besar, setelah besar dan gemuk dirasa cukup, baru dijual harga per kilo atau jual per harga hewan.

Lebih bagusnya dan jelas untung adalah dijual harga perkilo, jika kita beli anakan dengan berat sekitar 200 kilo, ketika menjadi besar mungkin akan naik 4-5 kali lipat.

Modal untuk usaha penggemukan sapi ini cukup besar, tergantung kita beli berapa anakan. Selain beli anakan sapi, kita juga harus beli pakan yang berkualitas agar pertumbuhan cepat dan baik.

Ditambah lagi dengan modal perawatan dan kandang, perawatan tidak seberapa besar, tapi untuk kandang kalau belum punya harus buat dan itu cukup besar pengeluarannya.

Banyak para pensiunan khususnya di desa, mereka lebih milih usaha penggemukan sapi atau jual beli sapi, karena sapi cukup besar untungnya jika dijual dan semua orang setiap hari butuh daging sapi.

Sapi juga merupakan hewan yang super laku, bagaimanapun kondisinya tetap akan ada orang yang membeli, secara kebutuhan akan sapi juga sangat tinggi, mereka yang jualan bakso,jualan makanan dan lain sebagainya tiap harinya selalu butuh daging sapi.

Jika memang dirasa punya modal besar, usaha penggemukan sapi atau jual beli sapi ini sangat prospek untuk mengisi dan menambah penghasilan para pensiunan.

16Penggemukan Kambing Etawa

jualansapi.com

Peluang usaha berikutnya bagi para pensiunan yang hidupnya di desa maupun semi kota adalah penggemukan kambing. Yup agak berbeda dengan penggemukan sapi seperti di atas.

Penggemukan kambing ini secara teknis usaha memang sama dengan penggemukan sapi, hanya saja untuk kambing ada keuntungan tersendiri, misal kambing yang kita gemukkan adalah kambing etawa, nah kita bisa untung jika kambing itu mengeluarkan susu.

Kambing etawa ini merupakan kambing dari luar negri tapi sudah banyak di Indonesia, sudah banyak yang memiliki kambing ini, baik pribadi ataupun perusahaan.

Kambing ini cukup menjanjikan keuntungannya, harganya yang lumayan bagus, tidak pernah turun, pertumbuhannya lumayan cepat dan jika bagus akan memproduksi susu.

Tentu susu itu bisa kita jual lagi, kalau banyak bisa di pack dengan kemasan lebih bagus dan di edarkan ke pasaran.

Dalam usaha ini memang butuh modal yang cukup besar, secara kambing etawa sendiri juga cukup mahal harganya, berbeda dengan kambing-kambing jawa.

Usaha ini juga tidak bisa dilakukan sendiri, dengan menyewa karyawan atau dibantu keluarga baru bisa berjalan.

Dalam usaha kambing sebenernya banyak pilihan yang bisa kita ambil, dari jenis kambing kita bisa usaha jenis kambing lain atau mungkin juga bisa jadi makelar jual kambing.

17Investasi Tanam Pohon Keras

ichastore.com

Peluang usaha berikutnya yang tepat bagi para pensiunan adalah investasi tanam pohon keras. Dimana tanam pohon keras ini adalah menanam pohon yang ke depannya dapat dipanen hasil kayunya.

Kita bisa menanam pohon jati, pohon sengon, jabon, abasia dan lain sebagainya, Yang recomended adalah abasia dan sengon, kenapa? Karena abasia dan sengon ini cukup cepat panennya, kira-kira 5 tahun sudah bisa di panen.

Usaha ini cukup menjanjikan keuntungan pasalnya, harga kayu semakin lama semakin naik, tidak pernah ada sejarah harga kayu turun, kebutuhan kayu semakin lama semakin banyak, banyak pabrik yang menerima kayu dan banyak juga pembeli kayu untuk di olah lagi.

Modal untuk usaha ini jika tidak punya tanah sendiri memang cukup besar, harus beli atau nyewa tanah, tapi jika sudah punya tanah sendiri tentu akan sangat kecil modalnya.

Cukup beli bibit yang bagus, beli kompos, beli pupuk dan mungkin obat-obatan sudah cukup, ditambah dengan ongkos menanam saja.

Teknisnya cukup mudah setelah menanam, tinggal perawatan dan tunggu sampai besar lalu siap untuk panen.

Usaha ini sudah banyak dilakukan oleh para masyarakat desa, karena selain mudah, waktunya bisa diatur, tidak repot, aman dan juga hasilnya yang menjanjikan, hanya saja harus sabar untuk menikmati hasilnya.

Tapi jika tiap setahun sekali kita bisa menanam pohon sampai tahun kelima, tentu tiap tahunnya kita juga bisa menikmati hasilnya.

Yup, itulah beberapa peluang usaha yang cocok bagi pensiunan, secara pensiunan memang sudah berumur, setidaknya peluang usaha bagi mereka juga usaha yang tidak terlalu berat dan mudah dilakukan.

Bagi kamu yang mempunyai orang tua atau saudara yang sudah pensiun, peluang usaha di atas bisa direkomendasikan, semoga bisa menambah penghasilan guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.