Setiap manusia yang dilahirkan pasti memiliki potensi dan kemampuan masing-masing. Tidak peduli bagaimana keadaan fisik kita, pasti sudah dibekali kemampuan untuk berkarya dan cara dalam mengarungi kehidupan.

Maka bagi kamu atau keluargamu yang mengalami disabilitas fisik, haruslah tetap semangat dan berusaha sekuat tenaga untuk menghasilkan karya kehidupan yang berharga.

Seorang orang pemuda asal Polandia bernama Mariusz Kedzierski menjadi bukti nyata bahwa keterbatasan fisik bukanlah alasan untuk sama sekali tidak berkarya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Walaupun Mariusz dilahirkan tanpa lengan yang sempurna, namun berkat kegigihan dan jiwa seninya yang kuat, membuatnya kini dikenal sebagai pelukis yang sangat produktif yang telah mendapatkan sejumlah penghargaan.

Mairusz tidak ingin terus menjadi beban bagi keluarga, maka itu dia serius belajar sebagai pelukis semenjak umur 7 tahun. Sampai dengan saat ini Mairusz telah melukis sekitar 900 gambar dan menghabiskan waktu selama 15.000 jam bersama kuas lukisnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Mariusz adalah pelukis yang sangat cakap membuat lukisan yang realitis, seperti wajah manusia.

Walaupun lukisannya sangat bagus, namun ia masih merendah dan menganggap karya seninya itu tidak ada yang istimewa kecuali fakta bahwa ia tidak memiliki lengan seperti pelukis normal lainnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Mairusz Kedzierski menuturkan “bagi saya, cacat bukanlah halangan untuk bisa hidup sendiri, hidup saya ini besar, saya bisa melakukan apa saja. Walaupun saya mempunyai kekurangan dalam fisik saya, bukan berarti saya harus melupakan impian saya.”

Begitulah Mairusz Kedzierski mengapresiasi dirinya sendiri, menganggap bahwa kehidupannya adalah sesuatu yang besar. Walau tidak memiliki lengan sempurna dia berusaha untuk menggapai mimpinya itu.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bukan sekedar pelukis jalanan dan lukisan asal-asalan, lukisan karya Mairusz Kedzierski telah diakui kualitasnya dengan raihan berbagai penghargaan.

“Seni telah menjadi jalan hidup saya selama 7 tahun. Membuat 700 gambar dalam waktu 15.000 jam. Sementara itu, saya juga mendapatkan 2 penghargaan “Best Global Artist” di Wina pada tahun 2013.”

“Saya juga berpartisipasi dalam pameran di Cracow, Wina, Oxford, Wroclaw dan banyak lagi,” tambah Mariusz.”

boredpanda.com
boredpanda.com

Mairusz bukan hanya mengambil inspirasi gambarnya dari kota-kota di Polandia juga, tapi dari kota-kota besar Eropa lainnya yang pernah ia kunjungi.

Dengan perjalanan saya melalui Eropa, saya telah mendapatkan berbagai gambar terbaru yang lebih baik dan bagus. Membuat lukisan dimana saja, dan saya sering membuat gambar di jalanan, Berlin, Amsterdam, London, Paris, Barcelona, Marseille, Venice, Roma, dan Athena,” Ucap Mairusz menceritakan kisahnya.

 

boredpanda.com
boredpanda.com

Tujuan utama Mairusz bukan hanya untuk memperoleh pujian atau penghargaan semata. Jauh lebih penting dari itu, dia punya tujuan mulia untuk menginspirasi orang-orang yang senasib dengannya, agar bisa terus berkarya dan menjalani kehidupan dengan normal.

“Dengan cara ini, saya dapat menginspirasi banyak orang, menunjukan pada mereka bahwa sesuatu kekurangan yang terdapat di diri kita bukanlah halangan untuk tetap terus menempuh kehidupan.”
boredpanda.com
boredpanda.com

Hampir semua orang dibuat kagum dengan hasil lukisan Mairusz, apalagi jika mengetahui banyak cerita di dalam gambar tersebut, membuat orang lain jadi lebih kagum lagi dengan sosoknya.

Lihatlah betapa detail hasil lukisan Mairusz ini. Dia melukis seorang wanita tua yang terlihat kerutan wajahnya, juga lengkap dengan background yang detail.

boredpanda.com
boredpanda.com

Inilah salah satu lukisan Mairusz Kedzierski diantara 900 lukisan realistis lainnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Beginilah keseharian Mairusz menjadi seniman jalanan. Tentu saja keadaan fisiknya menjadi daya tarik bagi banyak warga yang lewat. Dia mengharapkan bisa menginspirasi banyak orang.

boredpanda.com
boredpanda.com

Terlahir tanpa lengan mungkin menjadi berkah bagi Mairusz, karena belum tentu ketika ia berlengan normal akan memiliki kemampuan melukis seperti ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Mairusz yang butuh konsentrasi tinggi untuk dapat menghasilkan lukisan berkualitas.

boredphttp://www.boredpanda.com/drawing-realistic-paintings-without-arms-mariusz-kedzierski/anda.com
boredpanda.com

Mairusz menggambar wajah gadis kecil.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bukan hanya gambar orang lain, Mairusz juga bisa menggambar wajahnya sendiri. Pensil lukis di bibirnya menunjukkan bahwa dirinya tidak pernah bisa lepas dari dunia seni dan lukisan.