Sepakbola sudah menjadi industri. Para pemain bola kini memiliki pundi pundi kekayaan yang tidak sedikit.

Mereka selain menjadi superstar juga menjadi jutawan. Gaji para pesepakbola sudah selangit. Per pekan mereka bisa mendapat milyaran rupiah dari gaji saja.

Itu belum termasuk nilai sponsor karena mereka dibayar sebagai bintang iklan. Semakin lengkaplah seluruh pundi-pundi kekayaan para pesepakbola.

Berikut ini rangkuman para pesepakbola dengan gaji yang paling tinggi sedunia.

1Cristiano Ronaldo

www.theguardian.com

Bagi pencinta bola pastinya sudah bisa menebak sosok pemain yang menyandang sebagai Pemain Sepak Bola dengan Gaji Termahal di Dunia kali ini, siapa lagi kalau bukan sosok mega bintang Real Madrid asal Portugal yaitu Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo tercatat memiliki gaji sebesar 52,6 juta dollar per tahun yang didapatkannya dari Real Madrid.

Selain itu kontrak sponsor dengan beberapa perusahan besar seperti maskapai penerbangan Emirates dan Nike mampu menambah pundi-pundi pendapatan tahunan CR7 yang hampir menyentuh angka 80 juta dollar.

2Lionel Messi

www.worldfootball.ne

Lionel Andres Messi aka Leo Messi adalah pemain Barcelona asal Argentina. Ia jadi pemain bola satu-satunya yang memenangkan gelar prestisius Ballon d’Or selama 5 kali.

Berdasarkan statistik pendapatan terbaru, pemain bernomor punggung 10 ini menyerap dana sebesar 70,5 juta dollar atau setara dengan 916,5 milyar rupiah pertahunnya.

Dari klub asal Spanyolnya, Messi digaji sebesar 48,5 juta dollar (630,5 milyar rupiah), dan 22 juta dollar (286 milyar rupiah) dari sponsor pribadinya per tahunnya. Produk yang bekerja sama dengannya meliputi Samsung, Adidas, Herbalife dan Turkish Airlines.

Salah-satu pengguna jasanya, Adidas, bahkan sempat merilis sepatu edisi tanda tangan Messi. Karena tinggal di Spanyol, ia pun mesti patuh pada aturan di sana. Pada tahun 2014 kemarin, ketentuan di sana mengharuskan Messi membayar pajak sebesar 6,5 juta dollar atau sekitar 84,5 milyar rupiah.

3Zlatan Ibrahimovic

sport.gentside.com

Klub kaya asal kota Paris berhasil mengangkut salah satu pemain paling berbakat asal Swedia yang bernama Zlatan Ibrahimovic.

Penyebab pemain terbaik seperti Ibrahimovic mau menerima pinangan Paris Saint Germain adalah karena Gaji yang ditawarkannya yang begitu besar.

Bayangkan saja dengan gaji sebesar 33 juta dollar per musimnya dan dengan kontrak sponsor Nike, Volvo dan Xbox yang bernilai 6 juta dollar, seorang Ibra mampu sejajar dengan pemain terbaik lain soal gaji.

4Gareth Bale

metro.co.uk

Gareth Frank Bale alias Bale adalah pemain Real Madrid asal Wales. Nilai transfernya dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid menyentuh angka 118 juta dollar, atau 1,5 Trilyun rupiah.

Berdasarkan statistik pendapatan terbaru, pemain liga BBVA ini memiliki total gaji 34,9 juta dollar atau setara dengan 453,7 milyar rupiah pertahunnya.

El real menggajinya sebesar 25,4 juta dollar (330,2 milyar rupiah) per tahun. Sementara penghasilan lain, yang sebesar 6,5 juta dollar (84,5 milyar rupiah), ia peroleh dari Adidas, EA Sports dan Lucozade.

5Neymar

www.redbull.com

Nama selanjutnya dari pesepakbola dengan gaji tertinggi adalah Neymar yang bermain untuk tim catalan, Barcelona. Sebenarnya gaji yang diterima Neymar masih kalah dari 4 nama terakhir sebagai pemain bola dengan Gaji Termahal di Dunia.

Namun Neymar unggul dalam hal pendapatan sponsor yang ternyata lebih besar dari gaji yang diterimanya dari Barcelona yang hanya sebesar 14 juta dollar.

Sementara itu kontrak dengan brand terkenal Dunia seperti VW, Unilever, Konami, Red Bull, Panasonic dan juga tentunya Nike mampu menghasilkan uang bagi seorang Neymar Jr sebesar 17 juta dollar.

6James Rodriguez

ftw.usatoday.com

Lagi salah satu pemain bintang dari Los Galaticos yang memiliki gaji dan pendapatan tertinggi di Dunia. James Rodriguez ditransfer Real Madrid dari AS Monaco salah satu klub sepakbola asal Prancis setelah dia tampil memikat bersama timnas Kolombia dalam gelaran FIFA World Cup 2014 kemarin.

Gaji sebesar 24,5 juta dollar ditambah dengan penghasilan sebagai bintang iklan Pepsi, Huawei, Hugo Boss dan Adidas yang ditaksir bernilai 4,5 juta dollar membuat pria Kolombia ini total meraup pendapatan 29 juta dollar per tahunnya.

7Wayne Rooney

www.betadvisor.com

Wayne Mark Rooney atau Rooney adalah pemain timnas Inggris yang mengabdi pada Manchester United. Berdasarkan statistik pendapatan terbaru, ia memeroleh gaji tahunan sebesar 25,8 juta dollar atau setara dengan 335,4 milyar rupiah.

MU menggajinya dengan nominal 19 juta dollar (247 milyar rupiah), dan ditambah 6,8 juta dollar (88,4 milyar rupiah) dari endorsement. Produknya meliputi Samsung, Nike dan Harper Collins. Di kalangan fans, jerseynya begitu difavoritkan.