Ada saja keunikan tingkah pengguna jalan di Indonesia ini. Selain kadang atau malah seringnya membuat kita merasa sangat marah dan sebal, namun kadang juga membuat geli.

Geli karena tak habis pikir, kenapa juga ada orang-orang yang dengan konyol sadar sekali melakukan hal-hal tersebut.

Dan mirisnya, kekonyolan pemandangan tersebut hanya ada di jalanan Indonesia. Mungkin kita tak akan menemukannya di negara berkembang lain, bahkan di negara maju.

Nah, inilah beberapa tingkah konyol para pengguna jalan, yang pemandangan ini sepertinya hanya bisa kamu temui di Indonesia.

1Naik Motor Sambil Main HP

rangkaianabjad.blogspot.com

Hanya di Indonesia, dimana para pengendara kendaraan bermotornya, baik mobil, motor, bahkan sampai bus dan truk, memiliki pekerjaan sambilan saat menyupir, yaitu bermain HP.

Bermain HP di sini bukan bermain game lho, namun asyik berkomunikasi seperti telepon, sms, bahkan medsos tanpa keperluan yang penting.

Sungguh miris sekali, karena hal ini tak hanya membahayakan diri sendiri namun juga mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

2Trotoar Telah Punah

yudhabass.wordpress.com

Di negara lain mungkin trotoar akan benar-benar berfungsi sebagai tempat bagi pejalan kaki, dimana mereka bisa bebas berjalan dengan rasa aman.

Namun beda dengan di negara kita, ya hanya di Indonesia, dimana trotoar telah mulai punah karena beralih fungsi sebagai tempat para pedagang menjajakan barang jualannya.

Hmm, tentu saja hal ini akhirnya ‘memaksa’ para pejalan kaki turun ke jalan raya, dan akhirnya keselamatan mereka menjadi taruhannya.

3Anak-anak Kecil yang Bergaya Ala Pembalap

kompasiana.com

Ya memang hanya di Indonesia sepertinya, ketika pemandangan anak-anak remaja usia di bawah 17 tahun, atau bahkan mirisnya usia SD, banyak memadati jalan raya dengan motor mereka.

Parahnya lagi, selain tak memiliki SIM dan keseimbangan masih kacau saat mengemudi, dengan bergaya ala pembalap pula mereka mengendarai motor sambil ugal-ugalan.

Sungguh keterlaluan!

4Karena Tak Sabar, Trotoar Pun Menjadi Jalan ‘Halal’

hidupku-senang.blogspot.com

Nah, kalau poin di atas tadi membahas tentang punahnya trotoar akibat ‘dijamah’ oleh para pedagang kaki lima, kini yang lebih miris adalah ketika trotoar ‘diambil paksa’ oleh pengendara bermotor.

Hmm, ini akibat kemacetan dan kesemrawutan di banyak jalanan yang ada di Indonesia, sehingga para pengendara kendaraan bermotot yang tak sabaran memilih jalan pintas yaitu mengambil paksa trotoar.

Alhasil, keselamatan pejalan kaki lagi-lagi harus terenggut, bahkan menimbulkan ketidaknyamanan bagi mereka.

Itulah tadi beberapa hal konyol dan sangat kurang pantas yang sering sekali kita temui di jalanan Indonesia.

Jangan sampai budaya yang sangat tidak mendidik tersebut terus dijalankan secara turun temurun tanpa ada tindakan tegas dari pemerintah pusat dan daerah setempat.

Karena jelas saja, selain akan semakin merusakkan mental bangsa juga akan merusak citra Indonesia sendiri di mata dunia.