Sepakbola sudah menjadi bisnis yang manggiurkan. Berbondong-bondong para pengusaha tajir dunia mengakuisisi klub sepakbola karena potensi bisnis yang luar biasa.

Para pengusaha ini juga memiliki klub karena prestise. Beberapa ada yang membeli klub medioker lalu dengan gelontoran pundi-pundi uangnya, klub tersebut menjadi sosok klub raksasa.

Nah berikut ini akan disajikan beberapa pemilik klub sepakbola yang memiliki kekayaan yang luar biasa.

1Amancio Ortega (Deportivo La Coruna)

www.blanquiazul.org

Pria berumur 76 tahun ini merupakan salah satu pria pemilik klub sepak bola terkaya di dunia. Diperkirakan kekayaan pria asal Spanyol ini yaitu sekitar $37,5 miliar atau Rp. 360 triliun.

Ternyata selain memiliki klub liga Spanyol, Amancio juga merupakan pemiliki label busana ternama yang berasal dari Spanyol juga yaitu Zara.

2Malcolm Glazer (Manchester United)

www.footyheadlines.com

Siapa yang tidak tahu klub yang berasal dari Inggris dengan nama Manchester United. Klub dengan beragam pemain bintang di dalamnya serta banyak meraih prestasi gemilang di kancah nasional dan internasional.

Pemilik klub dengan julukan The Red Devils ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai $3,6 miliar atau Rp. 34 triliun. Selain memiliki Manchester United pebisnis asal New York ini juga memiliki sebuah klub American Footbal bernama Tampa Bay Buccaneers.

Sosok Glazer sangat tidak populer di kalangan fans MU. Mereka menilai pengusaha keturunan Yahudi itu hanya mementingkan bisnis. Pasalnya, harga tiket partai kandang MU dinaikkan oleh Glazer.

Fans MU beberapa kali menggelar demo menolak Glazer. Pria 85 tahun itu memiliki total kekayaan sebesar 4,1 miliar dolar (Rp 46,7 triliun).

3Roman Abramovich (Chelsea)

avillafan.com

Roman Abramovic adalah salah satu pemilik klub sepak bola yang paling fenomenal, dirinya menjadikan Chelsea seperti mainan pribadinya.

Businessman pemilik industri minyak sekaligus politikus yang berkewarganegaraan Rusia ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai $12,1 miliar atau Rp. 116 triliun.

4Kroenke (Arsenal)

www.independent.co.uk

Kroenke memiliki kekayaan 5,6 miliar dolar(Rp 63,7 triliun). Konglomerat Amerika Serikat ini meraup kekayaannya pada periode 1980-an dan 1990-an melalui perusahaan real estate dan warisan dari saham di Wal-Mart.

Setelah bisnisnya semakin sukses, pria 66 tahun itu melebarkan sayap ke dunia olahraga. Sejumlah klub olahraga di Amerika dimiliki oleh Kroenke seperti St Louis Rams, Denver Nuggets dan Colorado Rapids.

Terakhir Kroenke membeli saham Arsenal di tahun 2007. Kroenke kemudian menjadi pemilik saham mayoritas The Gunners pada April 2011.

5Silvio Berlusconi (AC Milan)

sport.gentside.com

Silvio Berlusconi adalah pemilik AC Milan yang paling sukses. Silvio Berlusconi berhasil menjadikan Milan sebagai klub elit dan salah satu tolak ukur pembinaan sepak bola di kawasan Eropa.

Raja media dan sekaligus mantan Perdana Menteri Italia itu diperkirakan memiliki kekayaan sebesar $5,9 miliar atau Rp. 56 triliun.

6Suleiman Kerimov (Anzhi Makhachkala)

football.wikia.com

Pada Januari 2011, pengusaha kaya Rusia Suleiman Kerimov membuat kejutan dengan membeli klub sepakbola kampung halamannya, Anzhi Makhachkala. Kerimov berambisi membuat Anzhi menjadi salah satu klub terbesar di dunia.

Untuk mewujudkan ambisinya itu, Kerimov tidak segan menggelontorkan dana besar guna merekrut pemain bintang. Beberapa pemain top yang berhasil didatangkan antara lain Willian, Lacine Traore dan Samuel Eto’o Bahkan Anzhi mampu menjadikan Eto’o sebagai pemain terkaya di dunia.

Namun Kerimov nampaknya mulai kehilangan minat pada proyek menjadikan Anzhi klub terhebat di dunia. Tahun lalu dia memotong anggaran sehingga Anzhi terpaksa melego pemain-pemain bintangnya termasuk Eto’o dan Willian.

Sosok kontroversial yang terlibat dalam berbagai skandal dan tuntutan hukum ini punya kekayaan sebesar 6,9 miliar dolar (Rp 78,6 triliun)

7Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Manchester City)

arysports.tv

Siapa yang tidak tahu dengan Manchester City yang memiliki nama panggilannya The Citizen ini dipenuhi berbagai pemain bintang yang memiliki nilai tidak kecil.

Pemiliknya merupakan anggota keluarga kerajaan Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan. Pria 39 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan pribadi sekitar $4,9 miliar