Pemimpin nasional sering dikaitkan dengan gaya hidup priyayi atau elitis. Namun beberapa pemimpin justru sangat dekat dengan rakyat.

Hal ini dibuktikan dengan mereka yang mau menyamar sebagai warga biasa dan berbaur dengan masyarakat. Hal ini mereka lakukan untuk memantau langsung bagaimana kondisi masyarakat yang ia pimpin.

Nah berikut ini beberapa tokoh nasional yang pernah menyamar sebagai orang biasa

1Bung Karno

nasional.news.viva.co.id

Presiden Pertama RI diketahui sering menyamar sebagai rakyat biasa. Saat di Yogyakarta, Bung Karno dan Ibu Fatmawati terkadang jalan-jalan keluar masuk desa.

Dari Istana Gedung Agung mereka naik mobil lantas di desa atau sawah, mobil diparkir di pinggir jalan dan ditunggu oleh sopir pribadi.

Bung Karno juga sering berbincang dengan rakyat jelata, di kampung maupun di tengah sawah. Rakyat yang dia ajak ngobrol kelihatan gembira.

Bung Karno juga pernah melakukan penyamaran di Jakarta. Saat itu ia ingin keluar melihat orang-orang Jakarta dalam mencari nafkah. Maka Bung Karno pun pergi ke Senen dan melihat-lihat orang disana tanpa diketahui orang-orang.

2Sri Sultan Hamengku Buwono IX

en.wikipedia.org

Raja Yogyakarta ini memang dikenal suka dekat dengan rakat. Ada kisah menarik soal kedekatannya dengan rakyat.

Suatau ketika di Pasar Kranggan ada kerumunan karena ada pedagang wanita yang pingsan. Ternyata setelah diselidiki peristiwa uniklah yang membuat si wanita itu pingsan.

Kisahnya wanita tersebut memberhentikan jip untuk menumpang ke pasar Kranggan. Setelah sampai di Pasar Kranggan, sang pedagang wanita ini meminta sang sopir untuk menurunkan semua dagangannya. Setelah selesai dan bersiap untuk membayar jasa, dengan halus, sang sopir menolak pemberian itu.

Dengan nada emosi, wanita pedagang ini mengatakan kepada sang sopir, apakah uang yang diberikannya kurang. Tetapi tanpa berkata apapun sang sopir berlalu menuju ke arah selatan.

Seusai kejadian itu, seorang polisi datang menghampiri dan bertanya kepada pedagang wanita itu. “Apakah kamu tahu, siapa sopir tadi?” tanya polisi.

Wanita tersebut menjawab tidak tahu orang cuma sopir biasa. Ternyata sang polisi memberi tahu jika sang supir adalah Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Maka kagetlah pedagang wanita tadi dan pingsan.

3Pak Harto

histeriaid.com

Presiden Suharto juga pernah melakukan penyamaran sembari blusukan. Saat keliling biasanya Suharto hanya ditemani beberapa ajudan saja.

Hal ini seperti dikisahkan oleh ajudannya yang pernah menjadi wakil presiden Try Sutrisno.Saat menyamar, Pak Harto selalu membawa makanan sendiri. Makanan itu dimasak oleh Ibu Tien Soeharto.

4SBY

demokrat.or.id

Presisen SBY juga pernah melakukan penyamaran sebagai warga biasa. Hal ini dikisahkan oleh juru bicara presiden waktu itu, Julian Aldrin Pasha.

Saat itu SBY mengajak cucunya jalan-jalan ke Monas. SBY memakai topi dan kacamata hitam sehingga tidak terlalu dikenali warga

5Jusuf Kalla

www.freemalaysiatoday.com

Jusuf Kalla saat menjadi wakil presiden periode pertama pernah membuat Paspampres kerepotan. Ceritanya ia ingin mengajak jalan-jalan cucunya ke Taman Suropati.

JK pun memilih lewat pintu samping demi menghindari pengawalan Paspamres. Saat di Taman Suropati pun tidak banyak warga yang menyadari kehadiran JK.

Sampai ia duduk dan menegur salah seorang warga yang membaca koran. Setelah itu baru heboh dan grup Paspamres yang kecolongan segera melakukan kawalan.