arieje.pro

Pemuda Asal Sragen Ini Sukses Jadikan Bukalapak.com sebagai Startup Terbaik Indonesia

Posted on

Bukalapak berhasil menjadi salah satu startup terbaik se-Indonesia. Berawal dari usaha seorang pemuda yang mati-matian mendekati banyak UKM yang ada di masyarakat namun ternyata mendapat respon negatif.

Penolakan ia dapatkan dari mana-mana, mulai dari orangtua, kerabat terdekat hingga partner bisnis. Tapi dengan tekad kuatnya, situs belanja tersebut sudah bisa menjaring lebih dari satu juta pengunjung tiap harinya dengan transaksi ratusan juta rupiah.

Anak Ndeso dari Sragen

techinasia.com
techinasia.com

Achmad Zaky yang kerap disapa Zaky ini menempuh pendidikan sarjana jurusan teknik informatika di ITB 2004.

Pada awal mula datang ke Bandung sebagai mahasiswa baru, ia dikagetkan dengan perbedaan budaya yang sangat mencolok antara Bandung dan daerah asalnya, Sragen, Jawa Tengah.

Perbedaan kultur tersebut terlihat dari cara bersikap dan karakter umum orang-orangnya, seperti kepercayaan diri yang tinggi, ambisius, berani, dan aktif. Berbeda sekali dengan kultur di Jawa yang kalem dan malu-malu. Alon-alon asal kelakon.

Merasa tidak mau kalah dan tertinggal, akhirnya Zaky mencoba akselerasi proses beradaptasi.

Ia berusaha sebisa mungkin cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, dan kondisi mahasiswanya yang beragam.

Inilah yang menjadi semangat terbesarnya, untuk kemudian menjadikan ia sesosok pemuda yang hebat dan menginspirasi jutaan anak muda.

Prestasi Cemerlang

mashable.com
mashable.com

Kerja keras Zaky tidak sia-sia. Pada semester pertamanya sebagai mahasiswa ITB, ia berhasil meraih IPK sempurna 4.00.

Zaky membuktikan dengan gagah bahwa perbedaan budaya tidak menjadi masalah sama sekali, tidak akan menghambat kesuksesan. Justru menjadi batu loncatan.

Zaky memanfaatkan waktu untuk membaca, mengulang materi kuliah, serta mendatangi kakak angkatan setiap ada materi yang dirasa belum dikuasai.

Kisah Berdirinya Bukalapak

infokomputer.com
infokomputer.com

Zaky yang masih berusia 28 tahun ini sebenarnya sudah mulai berkecimpung di dunia start up sejak masih kuliah. Setelah lulus, bersama teman kuliahnya, Nugroho Herucahyono, Zaky kemudian membuat online marketplace yang diberi nama Bukalapak.com.

Bukalapak secara resmi didirikan pada tahun 2011. Laman bisnis tersebut dibuat dengan tujuan memberdayakan usaha kecil dan menengah Indonesia dengan memberikan wadah kepada UKM-UKM tersebut untuk berjualan dan menemukan pembeli produk-produk mereka.

Misinya, yaitu menaikkan kelas UKM di Indonesia sebab UKM lah pemain utama dalam aktivitas ekonomi di dalam negeri. UKM juga lah yang memberikan kesempatan kerja besar bagi penduduk Indonesia.

Awalnya, tim bukalapak hanya terdiri dari dua orang. Lalu bertambah menjadi enam orang, bertambah lagi menjadi 10 orang. Sekarang, tim bukalapak sudah mencapai 90 karyawan.

http://https://www.youtube.com/watch?v=C-LlUDcKsWw

Pengunjungnya juga bertambah. Dari yang tadinya nol, sekarang sudah hampir 1 juta pengunjung setiap harinya. Nilai transaksi per harinya juga bertambah. Berkisar antara 1,5 milyar-2,5 milyar rupiah dengan jumlah pelapak (penjual) mencapai 190.000.

Bukalapak.com adalah situs jual beli online yang aman, mudah, dan 100% terpercaya. Metode pembayaran Bukalapak Payment System menjamin setiap transaksi berjalan aman,

no tipu-tipu karena pembeli tidak mentransfer uang langsung ke pelapak, melainkan lewat Bukalapak. Uang pembeli pun bisa dikembalikan 100% jika barang tidak dikirim.

Saat ini, Bukalapak.com sedang melakukan perluasan wilayah ke daerah-daerah di Indonesia agar semakin banyak UKM yang menjual produk unggulan dari masing-masing daerah ke situs Bukalapak.com, sehingga UKM-UKM di daerah makin meningkat kinerja dan kelasnya.

Mantan Penjual Mie Ayam

biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id
biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id

Saat kuliah, ternyata Zaky pernah membuka usaha kuliner mie ayam. Sayang, usaha kulinernya akhirnya bangkrut.

Zaky mengaku bahwa ia dan teman-temannya sempat keracunan virus entrepreneurship. Ketika berkumpul dengan teman-teman tongkrongannya, tiba-tiba terpikir untuk mendirikan warung mie.

Modalnya diambil dari uang hasil lomba yang selama kuliah dimenangkan Zaky. Ia sempat merasa takut dan trauma, tapi kemudian ia berpikir bahwa proses yang ia lalui ini seperti sekolah. Perlu biaya mahal. Tentu setelahnya, ia akan dapat pelajaran yang sangat berharga.

“Banyak yang Tidak Percaya dengan Ide Saya”

arieje.pro
arieje.pro

Banyak yang mempertanyakan, bahkan yang jelas-jelas bilang kalau tidak percaya dengan keyakinan Zaky untuk memulai usaha di bidang e-commerce. Tak sedikit juga yang menertawakannya, menganggap bahwa bisnis internet itu tidak nyata.

Zaky berpikir mengenai Bukalapak yang akan dibentuk sebagai sebuah ecommerce jual beli yang aman untuk siapapun.

Percaya atau tidak, pada saat itu ia hanya bermodalkan keyakinan yang penuh, bulat. Yakin bahwa bisnisnya akan meroket di masa depan.

Dan keyakinan itu ditangkap oleh satu orang kawannya, kemudian didukung penuh hingga kawan Zaky tersebut setia membersamainya sampai saat ini, dengan menjadi co-founder dan CTO Bukalapak.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *