Anemia adalah sebuah penyakit dengan kondisi darah merah yang lebih rendah kadarnya atau tidak stabil. Kebanyakan orang lebih tertarik mengkonsumsi obat-obatan dari pada buah atau makanan alami sebagai alternatif penambah darah.

Nah untuk kamu yang menderita anemia dan ingin beralih ke makanan atau buah-buahan yang segar, artikel ini akan membantumu menemukan makanan apa saja sih yang berfungsi menambah darah?

1Susu

nisrina.co.id

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat mengkonsumsi susu, susu adalah makanan super yang yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu kamu untuk memperkecil resiko terkena anemia atau kekurangan darah.

2Strawberry

www.fanpop.com

Buah seperti strawberry mengandung zat besi yang sangat baik, walaupun mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan dengan cepat menambah darah, akan tetapi buah dan sayur dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk membantu kamu mendapatkan vitamin dan juga antioksidan.

Buah selain dapat menambah darah juga lebih rendah lemak dan tinggi serat yang tentunya kombinsi tersebut menjadikan buah-buahan memliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan daging dalam perannya menjadi makanan penambah darah.

3Kismis

reps-id.com

Kismis merupakan buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi 1/2 gelas  kismis mengandung sekitar  1,6 miligram zat besi ( 9 % DV ). Mengkonsumsi kismis secara rutin akan membantumu mengatasi masalah kurang darah.

4Ikan Salmon

www.ibu-hamil.web.id

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah darah adalah vitamin B12, Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita.

Vitamin B12 berfungsi untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, serta menjaga sistem saraf dan sel-sel sehat tubuh yang sehat. Vitamin B12 juga sangat diperlukan dalam proses pembentukan DNA.

5Gandum

id.openrice.com

Gandum kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaanmu, gandum mengandung tinggi zat besi yang berfungsi untuk mengatasi anemia karena akan menambah darah dengan cepat.

Selain itu gandum juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

So, jika kamu kekurangan darah bukan berarti harus minum darah ya guys. Kamu kan bukan vampire. Hihi.