Semua kejadian dalam hidup selalu bisa diambil pelajarannya, dan ini berlaku jika kejadiannya sudah berlalu. Baik itu kejadian yang menyenangkan atau kejadian yang menguras air mata sekalipun.

Semuanya kejadian patut dikenang, termasuk semua kejadian di masa jadi mahasiswa, yang konon katanya tidak pernah luput dari penderitaan.

www.unma.com
www.unma.com

Wow, ada gitu mahasiswa yang menderita? Ya, tentunya ada saja, walaupun dengan derajat dan level penderitaan yang berbeda-beda tentunya. Langsung aja yuk! Ini dia penderitaan-penderitaan di bangku kuliah, yang suka tidak suka pasti akan dikenang.

1Homesick

alliofthemark.com

Bagi kamu yang dulunya kuliah jauh dari orangtua, tentu pernah merasakan yang namanya homesick. Dimana bawaannya kangen mulu sama ortu, dan tidak jarang menangis kalau ingat rumah.

Perasaan seperti ini wajar sekali sih. Kamu yang biasanya apa-apa selalu bareng orangtua, lalu tiba-tiba mau nggak mau harus mandiri, rasanya pasti perih tak terperi.

2Dompet Kosong Melompong

boombastis.com

Percaya nggak percaya, dompet kosong adalah permasalahan klasik mahasiswa. Jadi jangan heran jika hampir semua orang yang pernah menjadi mahasiswa mengalami hal ini.

Pastinya pusing dan sedih banget dong, apalagi kalau orangtua kita baru bisa ngirim uangnya seminggu atau dua minggu lagi. Ya, paling solusinya kamu bisa pinjam uang dulu sama teman.

3Tugas Kuliah yang Numpuk

litalittut.blogspot.com

Pada dasarnya sih tidak ada tugas kuliah yang numpuk. Biasanya kamu sendiri kan yang numpuk-numpukin alias nunda-nunda ngerjain. Alhasil kalau mau ujian, mendadak semua tugas-tugas itu harus dikumpulin bersamaan.

Saat deadline tugas-tugas inilah, banyak dari para mahasiswa bertaubat dan berjanji dalam hati untuk rajin nyicil ngerjain tugas. Tapi, janji hanyalah janji. Semester depannya, kejadian ini tetap berulang.

4Dicap Kudet Itu Nggak Enak

loop.co.id

Jika diingat-ingat lagi, terkadang nggak habis pikir waktu jaman kuliah dulu. Kita selalu takut dan selalu merasa menderita jika dianggap nggak gaul atau nggak update akan sesuatu.

Supaya dianggap gaul, banyak cara dilakukan oleh kita di jaman mahasiswa. Mulai dari ikut organisasi, hingga rela dkerjain senior, supaya mendapat pengakuan.

5Teman Kostan yang Selalu Kepo

inspirably.com

Nggak enak banget deh, kalau punya teman kostan yang selalu mau tahu apa yang kita lakukan. Mulai dari sks yang kita ambil, teman jalan kita, sampai berapa indeks prestasi yang kita dapat. Nyebelin, kan?

6Lonely

www.emaze.com

Saat jadi mahasiswa, saat jauh dari orangtua, maka saat itulah seringkali kita merasa sendiri. Walaupun banyak teman di sekitar, namun tetap saja tidak mampu mengusir rasa sepi.

Jika rasa sendiri ini sudah menerpa di hati, maka kita serasa jadi orang yang paling menderita di dunia ini. Tapi, efek dari rasa sendiri bagi tiap orang tetap berbeda-beda lho ya.

7Skripsi

arifatih.wordpress.com

Skripsi adalah bagian terakhir dari seluruh penderitaan yang dialami selama di bangku kuliah. Bagian terakhir yang sangat menguras tenaga, bahkan seringkali menguras air mata.

Proses dan pengalaman menulis skripsi bagi tiap orang pastinya berbeda-beda, tapi yang terpenting dari pembuatan skripsi adalah bagaimana kita bisa bersabar dengan proses, dan bertahan sampai titik, dan menghadap dosen dalam suasana persidangan.

Untuk kamu-kamu yang sekarang masih jadi mahasiswa, dan masih galau campur dilema dengan skripsi kamu, maka dua pesan buat kamu, nikmatilah dan kerjakanlah. Insya Allah dengan cara itu lambat atau cepat skripsi kamu pasti akan kelar.

Pada akhirnya walaupun menjalani serentetan penderitaan, semua mahasiswa pasti akan bahagia saat diwisuda. Bukankah demikian? dan setelah semua hal itu tinggal kenangan, tentunya tidak pernah ada yang menyesal pernah jadi anak kuliahan.

 

SHARE