Ilmu pengetahuan memang selalu menjadi pedang dengan dua mata tajam. Apapun ilmu tersebut, baik itu ilmu sains atau ilmu sosial tetap saja memiliki berbagai dampak massal untuk kehidupan manusia.

Jika kamu punya cita-cita menjadi seorang ilmuan, jangan pernah memberi celah pada ciptaanmu untuk menjadi sesuatu yang berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.

Berikut beberapa catatan mengenai penemuan paling berbahaya bagi umat manusia. Penemuan yang mencancam nyawa umat manusia.

1Asbestos

newstatesman.com

Senyawa ini adalah salah sat jenis mineral silikat dengan rumus kimia Mg2Si2O5(OH)4. Senyawa ini mempunyai beberapa keunggunalan seperti dapat menyerap suara, kuat tarik yang tinggi, tahan api, panas, dan tahan kerusakan kimia.

Namun, jika kamu menghirup senyawa ini dalam jangka waktu tertentu kamu bisa terkenal kanker paru-paru, kanker mesothelioma, dan asbestosis atau kerusakan parah pada paru-paru.

2Zyklon B

ww2today.com

Senyawa yang juga dikenal dengan istilah Cyclone B ini awalnya merupakan pestisida yang ditemukan di Jerman pada kisaran tahun 1920-an. Bahan utamanya adalah sianida.

Kamu akan kaget bahwa Zyklon B ini digunakan dalam pembunuhan massal oleh Nazi. Genosida yang sangat keji di ruang tertutup yang dialiri gas Zkylon B ini. Peristiwa yang sekarang ini kita kenal sebagai the Holocaust.

3TNT

turbosquid.com

Trinitrotoluene atau TNT pertama kali ditemukan oleh Joseph Wilbrand pada tahun 1863. Senyawa dengan daya ledak tinggi ini ternyata baru diketahui kekuatannya sebagai peledak pada tahun 1902 digunakan oleh tentara Jerman.

Hingga sekarang, tidak terhitung berapa banyak perang yang menggunakan TNT sebagai senjata perang. Jika kulit kamu terpapar TNT, kulitmu akan segera berubah menjadi berwarna oranye menyala, TNT adalah racun.

4DDT

publichealthwatch.wordpress.com

Pertama kali diciptakan pada 1874, kegunaan dichlorodiphenyltrichloroethae sebagai pestisida baru diketahui tahun 1939. Namun, ternyata diketahui bahwa DDT sangat berbahaya.

DDT merusak lingkungan, membahayakan kehidupan satwa liar dan menyebabkan kanker pada manusia. Penggunaan senyawa ini dilarang di Amerika Serikat pada tahun 1972.

5Agent Orange

bcachemistry.wordpress.com

Ini adalah pupuk pennyubur tanaman kacang kedelai yang diciptakan oleh Arthur Galston, cara penggunaannya adalah dengan menyemprotkannya dari udara. Cara yang sama yang digunakan tentara Amerika Serikat dalam perang Vietnam.

Sebanyak 400.000 orang mati dan cedera karena terkena Agent Orange, bahkan 500.000 bayi lahir dalam keadaan cacat karena senjata perang yang sangat keji ini. Agent Orange digunakan Amerika Serikat pada tahun 1970.

6Mercury

liquidmercury.net

Kamu tahu termometer air raksa? Jangan pernah mematahkannya hingga air raksanya keluar. Jika kamu terpapar cairan berwarna perak tersebut kamu bisa mengalami keracunan syaraf yang sangat parah.

Beberapa makanan lain juga mengandung air raksa. Anak-anak dan ibu hamil yang terpapar senyawa ini bisa terkenal kerusakan ginjal hingga yang paling parah adalah kematian.

7Sarin

huffingtonpost.com

Gas sarin ditemukan pertama kali oleh Dr. Gerhard Schrader, seorang ahli kimia asal Jerman. Saat ini gas ini dikategorkan sebagai senjata pemusnah massal oleh pemerintah Amerika Serikat.

Gas sarin menyerang sistem syaraf. Setelah menghirup gas ini, ingus akan keluar dari hidungmu, pupil akan menyempit, mual, dan air liur akan keluar dalam jumlah banyak.

Kemudian kamu akan mulai kejang ringan hingga berat, diakhiri dengan keadaan koma. Kematian akan segera dialami jika tidak diberikan antidot dengan segera. Mengerikan bukan?

8Bom Atom – Bom Nuklir

blog.nuclearsecrecy.com

Pertama kali diuji di Los Alamos, New Mexico, satu bulan kemudian digunakan untuk meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki. Dampaknya bahkan mencapai 190 km lebih jauhnya.

Proyek senjata pemusnah massal yang dipimpin oleh Robert Oppenheimer ini dinamakan Manhattan Project. Dampaknya? Kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana sebuah bom nuklir berakibat pada kelangsungan hidup manusia.

SHARE