Tahukah kamu, bahwa seorang bayi yang mendapatkan cinta dari orang di sekitarnya, khususnya orang tuanya sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih sehat dan pintar.

Bayi memang sangat rentan, baik secara fisik maupun psikologis. Perubahan lingkungan sedikit saja dapat mempenngaruhi psikologisnya dalam jangka panjang. Karena itulah, bagi kedua orang tua dituntut untuk selalu menjaga keharmonisan dalam keluarga.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada bayi saat merasakan emosi kedua orang tuanya? Berikut ulasannya.

1Hormon Stres Si Kecil Bergantung Banyak Pada Bunda

beritagar.id

Otak manusia berkembang begitu pesat pada masa bayinya. Di saat inilah otak bayi membentuk sistem perespon stres yang sehat sehingga dapat mengurangi hormon stres. Namun, faktor lingkungan bayi juga berpengaruh cukup kuat juga.

Seorang bayi akan mempelajari bagaimana orang tuanya merespon stres, terutama ibunya. Apabila sang ibu dapat mengatasi stres dengan baik, maka ia pun merekamnya dan mengatasi stres dengan baik. Demikian pula sebaliknya. Maka persiapan emosional sebelum melahirkan sangat penting.

2Bayi akan Lebih Sehat

tokoclodimurah.com

Seorang bayi yang selalu merasa dicintai, selain memberikan dampak positif bagi psikologis sang anak, juga memberi manfaat yang lebih pada kesehatannya. Dipercaya bahwa sistem kardio/ jantung dan sistem imun sang anak menjadi lebih baik sehingga lebih kebal terhadap penyakit.

3Merangsang Kecerdasan Si Bayi

elhubeyyublog.wordpress.com

Hormon stres bayi yang terkendali karena kondisi lingkungan yang mendukung dan kedua orang tua yang mencintainya membuatnya semakin cerdas. Karena bayi mejadi mudah diajak belajar dan tumbuh menjadi anak yang cerdas, yang menyelesaikan masalah dengan pendekatan komprehensif.

4Dampak Bayi yang Merasakan Konflik Orang Tua

parenting-child.blogspot.com

Walaupun bayi belum mengerti kata-kata yang dilontarkan kedua orang tuanya, namun dia sudah dapat merasakan pertengkaran kedua orang tuanya dari situasi tegang dan ekspresi wajah suram orang tuanya. Selain itu, nada bicara yang tinggi dan keras akan mengejutkan bayi.

Ibu yang stres pada akhirnya juga menyebabkan bayi ikut stres. Karena dia tidak dapat menangani bayi dengan tenang. Bayi akan merasakan tekanan otot yang tegang saat digendong. Bayi pun tidak nyaman. Tekanan darah dan detak jantungnya meningkat, serta hormon stresnya ikut naik.