Hai guys, apa kabar dengan kondisi keuangan kalian di tahun baru ini? Apakah sebagian uang sudah digunakan untuk suatu keperluan? Mungkin juga sudah semua tabungan yang kamu miliki habis tak tersisa untuk merayakan akhir tahun kemarin?

Wah, ada apa dengan kalian guys? Mungkin saja di tahun sebelumnya pengaturan uangmu sungguh buruk. Bisa jadi hutang yang kamu miliki bertebaran di mana-mana, nominalnya pun tidak bisa dibilang sedikit.

whereintheworldisghv.blogspot.com
whereintheworldisghv.blogspot.com

Lalu, bagaimana dengan tabungan? Barangkali beberapa tabungan yang kamu miliki tak bertambah justru berkurang. Duh, tak bisa terbayang jika gaji yang kalian dapatkan setiap bulan habis tanpa ada sisa sama sekali guys.

Jangan sampai pengaturan uang kalian yang kurang baik ini terbawa di tahun yang baru guys. Alangkah lebih baik kalian mengatur uang dengan bijak.

batangamedia.com
batangamedia.com

Kalian bisa kok mengikuti empat langkah mengatur keuangan berikut ini, supaya di masa depan, kalian memiliki tabungan yang bisa dipergunakan untuk berbagai hal.

1Bayarkan Tagihan Tepat Pada Waktunya

www.gravitatefinancial.com

Jangan menunda-nunda untuk hal yang satu ini. Begitu kalian mendapatkan gaji di setiap bulan, langsung pisahkan untuk membayar semua tagihan rumah tangga. Jadi, begitu tagihan rumah tangga tiba, kalian bisa langsung membayarnya saat itu juga.

Kalian pun tidak akan lupa dan kehabisan uang untuk keperluan yang satu ini. Dengan catatan ya guys, kalian tidak akan mengutak-atik uang simpanan yang dipergunakan untuk membayar tagihan ini.

Intinya adalah harus konsisten dan menjaga niat. Jangan sampai kamu tergoda untuk mengambil uang tagihan ini sebagai tambahan uang jajan.

2Lunasi Hutang

www.kabarmuslimah.com

Di mana saja kamu memiliki hutang, sebisa mungkin kamu cicil atau bayar dengan lunas. Kan kalian akan hidup dengan lebih baik dan nyaman tanpa beban jika hutang telah lunas. Pikirkan saja jika kalian memiliki hutang guys.

Mungkin uang gajian kalian bisa langsung habis untuk membayar hutang yang menumpuk itu. Selain terlepas dari beban, melunasi hutang pun bisa membuat kalian memulai melakukan suatu investasi untuk masa depan.

Coba pikirkan lagi nih untuk berinvestasi guys. Pokonya yang terpenting, jangan sekali-kali kalian terlibat dengan hutang-piutang lagi jika sudah melunasinya.

3Membuat Tabungan Otomatis

www.teropongbisnis.com

Bukan hanya satu maupun dua orang kok yang tidak bisa melakukan cara ini. Menabung bukanlah hal yang mudah, akan tetapi manfaat dari menabung juga tidak berbohong kok guys.

Bukannya “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” ya? Siapa yang melupakan pepatah itu? Tidak ada salahnya untuk memaksa diri berbuat sesuatu yang lebih baik. Nantinya kan uang tabungan ini juga akan kamu gunakan di masa depan.

Jika kamu seorang yang pelupa dan hal ini menjadi penghambat terbesarmu untuk menabung, gunakan saja tabungan otomatis.

Fitur ini bisa menarik sejumlah uang milikmu yang tersimpan di dalam bank pada tanggal yang telah ditentukan setiap bulannya secara otomatis. Jadi, tanpa perlu kamu lakukan, kamu sudah menabung dengan sendirinya. Hebat ya?

4Meningkatkan Jumlah Tabungan

fjb.kaskus.co.id

Usahakan untuk menambah jumlah tabungan yang telah kalian tetapkan setiap bulannya guys. Jika sebelumnya uang yang kamu tabung sebesar Rp 200.000, cobalah untuk menambah jumlah nominal di bulan berikutnya.

Sehingga kamu pun akan mengumpulkan uang lebih banyak lagi dari sebelumnya. Lebih baik bukan?

Nah, cara-cara ini bisa kamu coba untuk membuat pengaturan yang lebih baik untuk masa depan cerah di matamu.