Saat ini begitu ramai diperbincangkan mengenai bioteknologi serta beberapa temuan para ahli mengenai bioteknologi. Sebenarnya apa sih bioteknologi itu? Beberapa orang pasti mencari-cari pengertian bioteknologi ini.

Mungkin juga sudah ada yang pernah mendengar tentang bioteknologi, namun belum terlalu memahami makna yang sebenarnya dan apa saja produk yang telah ditemukan.

Berikut ini adalah pengertian dari bioteknologi yang akan membantu dirimu menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan di dalam benakmu.

1Pengertian Bioteknologi

2012.bedreinnovation.dk

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti fungi, virus, bakteri, dan lain-lain atau produk dari makhluk hidup seperti enzim serta alkohol dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Secara sederhana, bioteknologi ini sudah dikenal oleh manusia sejak ratusan bahkan ribuan tahun silam. Misalkan saja dalam pembuatan roti maupun keju yang banyak diproduksi sejak abad ke-19.

Namun, untuk saat ini, perkembangan bioteknologi sudah merambah ke bidang ilmu terapan serta ilmu murni seperti komputer, kimia, biologi molekular, dan lain-lain. Sehingga, bioteknologi merupakan ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu.

Dalam bidang medis, penggunaan ilmu bioteknologi telah menemukan vaksin, antibiotik serta insulin yang saat ini begitu dibutuhkan oleh manusia. Di negara maju, perkembangan bioteknologi sangatlah pesat.

kabutsutrabiru.blogspot.com
kabutsutrabiru.blogspot.com

Beberapa temuan-temuan baru telah dipublikasikan, seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan, perkembangbiakan sel induk, maupun kloning. Temuan ini bisa membantu dalam proses penyembuhan genetik pada manusia nantinya.

2Jenis-jenis Bioteknologi

lembarankehidupan.wordpress.com

Bioteknologi memiliki beberapa jenis atau cabang-cabang ilmu yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Bioteknologi merah merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang aplikasi bioteknologi dalam bidang medis. Penerapannya dari bioteknologi jenis ini untuk pemanfaatan organisme dalam menghasilkan obat maupun vaksin.
  2. Bioteknologi putih/abu-abu adalah cabang ilmu yang digunakan untuk bidang industri. Bisa digunakan dalam pengembangan dan produksi senyawa baru dan pembuatan sumber energi dengan memanipulasi mikroorganisme, seperti bakteri atau ragi.
  3. Bioteknologi hijau lebih banyak diaplikasikan dalam bidang pertanian dan peternakan. Dalam bidang pertanian telah berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama, sedang bidang peternakan, binatang digunakan sebagai bioreaktor.
  4. Bioteknologi biru atau bioteknologi akuatik ini digunakan untuk mengendalikan proses yang terjadi di lingkungan akutik atau perairan.

3Produk Bioteknologi

www.irishexaminer.com

Dalam jangka waktu yang begitu lama, bioteknologi telah menghasilkan banyak sekali produk-produk yang dikenal oleh masyarakat umum. Mau tahu apa saja produk-produk dari bioteknologi itu? Mari kita lihat bersama.

  • Yoghurt, menggunakan susu segar sebagai bahan dasarnya kemudian dicampur dengan agen hayati bakteri asam laktat dari jenis lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophylus.
  • Mentega, berbahan dasar susu segar dengan agen hayati bakteri jenis Streptococcus lactis dan¬†Leuconoctoc cremonis.
rahmannur58.blogspot.com
rahmannur58.blogspot.com
  • Tempe, Jamur Rhizopus stoloniferus akan membantu proses fermentasi dari kedelai yang menjadi bahan dasar dari pembuatan tempe.
  • Kecap, masih menggunakan kedelai, pembuatan kecap dibantu dengan penggunaan jamur Aspergillus wentii.
  • Kloning, ini salah satu produk bioteknologi yang sempat menggemparkan kala itu. Menggunakan domba yang inti sel autosomnya ditransfer ke dalam ovum yang sudah diambil inti telurnya untuk kemudian dilakukan proses pengkloningan.
lieavsme.wordpress.com
lieavsme.wordpress.com
  • Bayi tabung, hasil fertilisasi secara in vitro. Pembuahan akan dilakukan dalam sebuah “wadah” yang mempertemukan antara ovum dan sperma dari sepasang suami-istri.
  • Nata de coco, produk bioteknologi selanjutnya ini menggunakan air kelapa sebagai bahan dasarnya, kemudian ditambahkan agen hayati dari¬†Acetobacter xyllinum.