Sering kita mendengar kata budaya maupun kebudayaan, dimana masih banyak di antara kita yang menyamaratakan kedua kata tersebut.

Padahal jelas sekali berbeda lho, kata budaya dan kebudayaan itu!

Nah, sebenarnya apa sih makna dari kata budaya ini? Kata budaya sendiri bermakna suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan ke generasi berikutnya.

Dalam budaya itu, ada berbagai makna yang terkandung yang bisa semakin dikerucutkan menjadi makna per bagiannya.

Unsur-unsur tersebut bisa dikategorikan cukup rumit, seperti bukan hanya sekedar sebuah makna melainkan masuk lingkup sebuah sistem.

Macam-macam sistem tersebut adalah sistem agama, sistem politik, sistem adat istiadat, sistem bahasa, sistem perkakas, sistem pakaian, sistem bangunan, dan sistem karya seni.

Ada satu unsur yang sangat identik dan lekat sekali dengan budaya, yaitu bahasa. Diamana bahasa telah menjadi suatu hal yang tak dapat dipisahkan dari budaya.

Bahkan, bahasa sangat lekat dengan kehidupan manusia, tak bisa dipisahkan dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hmm, bisa kita bayangkan pastinya jika kita hidup tanpa bahasa. Maka komunikasi antar manusia akan berantakan dan tak memiliki arti atau makna.

Sehingga intinya, budaya itu dapat diartikan juga adalah hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu.

Nah, kalau kata kebudayaan itu berarti apa ya?

Kebudayaan itu menurut Prof. Dr. Koentjoroningrat adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Sedangkan menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan adalah buah budi manusia yang maksudnya hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman.

Sehingga dapatlah ditarik sebuah kesimpulan besar bahwa perbedaan budaya dan kebudayaan adalah terletak pada hasil.

Dimana budaya adalah cipta, rasa, dan karsa itu sendiri, sedangkan kebudayaan adalah hasil dari unsur-unsur tersebut.