Banyak orang di masyarakat menyebut-nyebut kata alergi, yang diidentikan dengan ketidakcocokan salah satu anggota tubuh karena pengaruh suatu hal.

Ada yang alergi makanan, minuman, udara, air, ataupun debu, dan beberapa penyebab alergi lainnya.

Biasanya anggota tubuh yang terkena alergi akan mengalami gatal-gatal, atau bisa juga menjadi kemerahan panas, dan paling parah ada yang sampai muntah bahkan meninggal dunia.

Sebenarnya apa sih alergi itu?

Alergi adalah sebuah respon tidak wajar atau abnormal dari sistem kekebalan tubuh manusia. Respon abnormal tersebut terjadi karena datangnya zat asing yang tidak dikenali oleh sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan cepat berusaha mencegah zat asing itu masuk ke dalam tubuh untuk merusak tubuh, namun yang justru terjadi adalah respon yang disebut tidak normal itu.

Akibatnya, akan muncul gatal-gatal pada kulit, memar panas yang memerah, sesak napas, muntah dan mual, pingsan, pusing, dan bahkan sampai meninggal dunia.

Penyebab alergi di antaranya adalah beberapa zat yang ada dalam makanan atau minuman yang tertolak oleh sistem kekebalan tubuh manusia.

Selain itu juga respon terlalu berlebihan pada cuaca yang sebenarnya biasa saja, namun saat itu kondisi tubuh juga sedang tidak fit.

Atau juga memang system kekebalan tubuh menolak adanya gangguan dari debu yang berusaha masuk ke saluran napas manusia, sehingga membuat bersin sampai batuk-batuk atau pilek sekaligus.

Pada wanita, kondisi sedang dalam masa menstruasi atau haid, juga bisa memicu tingginya reaksi alergi pada tubuh, karena adanya peningkatan hormon esterogen.

Akibatnya, pada wanita yang sedang haid akan mudah mengalami alergi pada hal-hal yang pada umunya tidak membuatnya alergi.

Dengan pengertian dan penyebab alergi tersebut, sebisa mungkin kita kenali kondisi diri kita sendiri pada apa dan saat apa kita mengalami alergi tersebut.

Jika kita alergi pada makanan tertentu misalnya, maka sebisa mungkin kita hindari mengkonsumsinya. Begitupun dengan hal-hal penyebab alergi lainnya.