Pengertian Gambar Ilustrasi dan Langkah-langkah Menggambarnya

Posted on

Pengertian Gambar Ilustrasi adalah hasil dari suatu tulisan dalam bentuk lukisan, drawing, fotografi atau teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan yang dimaksud dibandingkan dengan bentuknya.

Tujuan dari pada ilustrasi yaitu untuk memperjelas, memperkuat, memperindah, memperkaya, mempertegas, menghiasi atau menerangkan sebuah cerita, puisi, tulisan, maupun tertulis lainnya. Harapannya dengan menggunakan media bantu visual, tulisan tersebut lebihh gampang dicerna.

Ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang bisa membantu dan merangsang si pembaca untuk berimajinasi mengenai cerita. Ilustrasi cukup membantu dalam memahami narasi dan mengembangkan imajinasi.

Selain berfungsi dalam menghidupkan sebuah cerita, gambar ilustrasi juga berfungsi memberikan bayangan pada setiap karakter di dalam sebuah cerita. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberikan bayangan langkah-langkah kerja.
  2. Memberikan bayangan bentuk alat yang digunakan dalam tulisan ilmiah.
  3. Menghubungkan tulisan dengan individualitas dan kreativitas manusia.
  4. Mengkomunikasikan cerita.
  5. Dapat menerangkan konsep yang disampaikan.
  6. Memberikan humor-humor untuk menghilanngkan rasa bosan.

bentuk suatu obyek ilustrasi dapat berupa gambar manusia, tumbuhan dan hewan. Gambar-gambar tersebut bisa berdiri sendiri atau bisa gabungan dari berbagai obyek yang berbeda. Obyek sebuah gambar disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat. Gambar ilustrasi dapat menggunakan warna hitam atau putih saja.

Dalam pembuatan ilustrasi dapat menggunakan teknologi digital maupun menggunakan lukisan tangan. Dalam pembuatan ilustrasi dapat juga menggunakan bentuk yang berupa bentuk kartun, karikatur, komik, cerita bergambar maupun karya sastra yang berupa sajak atau puisi.

Langkah-langkah menggambar Ilustrasi

Gagasan

gagasan yaitu bahan yang harus diilustrasikan. Setelah mendapatkan gagasan, maka pilih dan pastikanlah adegan yang akan digambar, ketahuilah tokoh-tokohnya, suasananya, kemudian pastikan dan tentukanlah corak dan media yang akan digunakan.

Sketsa

pengertian mengambar ilustrasi
indrapramartha.wordpress.com

proses awal dalam menggambar adalah membuat rancangan gambar atau yang sering dinamakan sketsa. Mensketsa dapat menggunakan media yang akan digunakan maupun dengan pensil warna. Gagasan yang ada kemudian dituangkan bersamaan dengan proses mensket. Rencanakan gambar dengan sebaik-baiknya.

Buatlah coretan-coretan mengeni tata letak dan gerakan yang terjadi, kemudian padukanlah semua unsur gambar yang telah direncanakan, berilah secara detail sehingga menjadi lebih sempurna. Tidak kalah pentingnya juga memberi corak yang telah ditentukan. Diusahakan setiap unsur bercorak sama, sehingga tidak terkesan kolase.

Pewarnaan

pengertian menggambar ilustrasi
indrapramartha.wordpress.com

Setelah selesai menyeket, langkah selanjutnya yaitu mewarni. Pewarnaan dalam menggambar ekspresi dapat dilakukan dengan dua corak, yakni corak realis dan corak non realis (Impresionisme, Ekspresionisme, Abstrakisme dan lain-lain).

Dalam pewarnaan corak yang realis harus sesuai dengan kenyataan yang ada, sedangkan pewarnaan corak secara non realis dapat dilaksanakan secara bebas dan tidak terikat pada kenyataan yang ada.

Media Gambar Ilustrasi

Media hitam putih

pengertian menggambar ilustrasi
www.tokyopenshop.com

pada masa terdahulu banyak orang yang menggambar ilustrsi dengan menggunakan trekpen sebagai alat yang digunakan, sedangkan pewarnaannya menggunakan bak tinta. Trekpen cukup mudah untuk digunakan sehingga banyak digunakan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka banyak alat pengganti trekpen yang lebih praktis, yakni menggunakan spidol, pena, rapido bahkan komputer atau printing.

Media Pewarna

pengertian ilustrasi
pixabay.com
  • Cat air

Menurut bahasa, cat air berarti bahan atau unsur yang digunakan sebagai pewarna benda dengan menggunakan air. Menurut sifatnya, cat air dibagi menjadi dua macam, yakni transparant water colour dan non transparant/opaque water colour.

  • Pensil warna

Pensil jenis seperti ini banyak mengandung lilin. Biasanya banyak memiliki fariasi warna. Tingkat kesulitan menggunakan pensil warna disesuaikan dengan kwalitas pensil tersebut. semakin kwalitasnya bagus, biasanya akan semakin mudah digunakan, begitu juga sebaliknya.

Ragam Gambar Ilustrasi

Komik

pengertian gambar ilustrasi
asritrisna.blogspot.com

Asal kata komik adalah comic yang artinya jenaka atau lucu. Dalam penyajian komik yaitu menggunakan rangkaian gambar yang mana antara gambar satu dengan yang lain saling melengkapi dan mengandung sebuah cerita atau yang sering disebut comic strip.

Cover

cover buku
www.tumblr.com

Cover adalah sampul atau kulit buku pada bagian majalah maupun buku. Gambar pada cover mewakili atau memuat isi buku maupun majalah. Biasanya di bagian majalah atau surat kabar terdapat gambar (vignette) sebelum maupun sesudah tulisan selesai.

Vignette memiliki fungsi mengisi kolom maupun menghias halaman yang kosong pada majalah maupun surat kabar.

Ilustrasi Karya Sastra

pengertian menggambar ilustrasi
blog.digishelf.co.id

Dengan menggunakan ilustrasi, maka berbagai jenis cerita pendek maupun cerita bergambar akan menjadi menarik. Selain itu, ilustrasi juga membuat orang menjadi lebih tertarik dalam membacanya.

Corak Gambar Ilustrasi

Realis

pengertian gambar ilustrasi
richo-docs.blogspot.com

Realis memiliki arti bahwa gambar dibuat sesuai dengan keadaan yang nyata atau yang sebenarnya, baik anatomi maupun proporsi yang dibuat sama sesuai dengan obyek yang dilukis atau digambar.

Karikatur

pengertian gambar ilustrasi
kaosobong.weebly.com

Karikatur barasal dari bahasa Itali yakni Caricature yang memiliki arti melebih-lebihkan atau merubah bentuk (Deformasi). Gambar pada karikatur menunjukkan obyek seseorang dengan karakter yang lucu dan aneh yang mengandung sindiran dan kritikan.

Baca Juga : Pengertian Seni tari dan Manfaatnya

Kartun

pengertian gambar ilustrasi
gambardankata.com

Kartun yaitu gambar yang memiliki fungsi hiburan, karena mengandung humor. gambar kartun dapat berupa gambar manusia maupun binatang. William Hogart termasuk tokoh yang sering dikenal sebagai Bapak Kartun Modern.

Kartunis yang cukup masyhur di Indonesia ialah Hari Pede, Itos Budi Santoso, Gunawan Raharjo, Itos Budi Santoso dan lain sebagainya.

Gambar Dekoratif

pengertian gambar ilustrasi
cutteristic.com

Gambar dekoratif dapat diwujudkan dengan cara menstiril maupun mengubah bentuk yang ada di alam tanpa menyisakan ciri khasnya. Corak dekoratif yaitu corak yang sering dijumpai, terutama di dalam rumah.

Unsur Utama Gambar Ilustrasi

Gambar Manusia

pengertian gambar ilustrasi
news.indonesiakreatif.net

Untuk dapat menggambar tokoh Manusia yang baik, kita harus menguasai dan mengetahui proporsi dan anatomi pada tubuh Manusia. Proporsi artinya perbandingan bagian per bagian dengan keseluruhan.

Sedangkan Anatomi ialah kedudukan maupun struktur tulang dan otot yang mempengaruhi besar, kecil, cembung dan cekungnya bentuk tubuh Manusia, sehingga dapat ditentukan bentuk tubuh secara keseluruhan.

Gambar Tokoh Binatang

pengertian gambar ilustrasi
www.imagui.com

Dalam menggambar tokoh binatang juga perlu diperhatikan Anatomi dan prosporsinya. Bentuk dan jenis binatang dapat dikelompokkan menjadi binatang air, darat dan udara.

Gambar Tumbuhan

pengertian gambar ilustrasi
mastugino.blogspot.com

Menggambar tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua cara, yakni secara lengkap dan secara sederhana. Misalnya tumbuhan tidak digambar secara detail, akan tetapi hanya berbentuk kesan tumbuhan. Sedangkan menggambar secara lengkap yaitu tumbuhan di gambar secara cermat dan detail bagian-bagiannya.

Berikut vidio langkah dan cara menggambar ilustrasi:

NEXT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *