Walau kamu sudah bisa menyetir mobil sendiri, tetapi tidak jarang juga ada yang belum paham arti dan maksud indikator yang terpampang di dashboard mobil. Padahal fungsi indikator tersebut untuk memberitahu kamu sebagai pengendara perihal yang terjadi pada mobilmu itu.

Karena itu, ketahuilah indikator yang barangkali muncul ketika kamu sedang menjalankan mobil. Berikut ini beberapa indikator pada dashboard mobil yang wajib kamu tahu.

1Indikator Bertuliskan Check

perfectcarbuyer.com

Kalau indikator bertuliskan check menyala berwarna kuning, berarti kamu harus segera memeriksakan kondisi mobilmu ke bengkel terdekat. Karena indikator tersebut memberikan informasi bahwa ada yang tidak beres dengan mobilmu.

2Tanda Low Fuel Menyala

fca.com

Kalau tanda ini menyala, sebagian besar pasti sudah mengerti maksudnya. Bahwa kamu harus segera mencari POM bensin untuk mengisi kembali BBM mobilmu yang segera habis. Pastikan jangan sampai kehabisan di tengah jalan ya.

3Indikator Sistem Pendingin Mobil

carmudi.co.id

jika indikator ini menyala, artinya suhu mesin atau radiator terlalu panas. Cara terbaik, kamu harus segera memberhentikan mobilmu dulu. Cari tempat yang teduh dan istirahatkan mesin mobilmu dulu hingga kembali dingin.

4Indikator Tekanan Oli Mobil Rendah

carglass.nl

Gambarnya memang mirip teko teh ya. Tapi indikator ini memberikan informasi pada kamu bahwa tekanan oli mobil sedang rendah. Sehingga kamu harus segera membawa mobilmu ke bengkel untuk memeriksa kondisi oli.

5Tanda Peringatan Aki Mobil

dealers.gloveboxcms.com

Jika Indikator ini menyala merah, artinya ada kemungkinan masalah terjadi pada aki (accu) mobil atau sistem kelistrikan mobilmu. Sebaiknya segera kamu bawa mobilmu ke bengkel untuk memeriksa kondisi aki mobilmu oleh teknisi di sana.

6Tanda Hand Rem Belum Dilepas

paulstravelpictures.com

Terkadang dalam kondisi tanjakan atau menurun, juga setelah parkir, kamu menggunakan rem tangan untuk membantumu menghentikan laju mobil.

Bisa jadi saat hendak dijalankan, kamu lupa melepas rem tangan. Indikator inilah yang nantinya akan menyala jika rem tangan belum dilepas.

7Tanda ABS

paulstravelpictures.com

ABS merupakan kepanjangan dari antilock brake system. Jika indikator ini menyala, artinya sensor sistem rem anti terkunci pada mobilmu ada masalah.

Jika tanda ini menyala terus setelah mobil dihidupkan, sebaiknya lakukan pemeriksaan kondisi mobilmu segera ke bengkel terdekat.

8Indikator Air untuk Menyemprot Kaca Mobil

atlanticmotorcar.com

Kalau indikator ini menyala, artinya kamu harus segera mengisi kembali tempat air yang dipakai untuk menyemprot kaca mobil.

Itu tadi beberapa indikator yang seringkali muncul pada dashboard mobilmu. Salah satu cara untuk merawat kondisi mobilmu agar tetap prima, selalulah memeriksa indikator pada dashboardmu.

Apakah ada indikator yang menyala sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.